Tempat Ziarah Las Lajas

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Tempat Ziarah Las Lajas
Basilika Bunda Rosario Suci dari Las Lajas
Tempat Ziarah Las Lajas
LokasiIpiales, Nariño
NegaraKolombia
DenominasiGereja Katolik Roma
Arsitektur
StatusBasilika minor, tempat ziarah nasional
Status fungsionalAktif

Tempat Ziarah Las Lajas (secara lengkap Gereja Basilika Minor Tempat Ziarah Bunda Maria dari Rosario Suci di Las Lajas) adalah sebuah gereja basilika minor Katolik yang terletak di dalam ngarai Sungai Guáitara, di Ipiales, Departemen Nariño, Kolombia. Gua Maria didedikasikan kepada Perawan Maria yang Terberkati sebagai Bunda Maria dari Rosario.

Orang-orang Katolik beriman yang saleh menyatakan bahwa gambar Madonna dan Kanak-kanak Yesus yang ditampilkan dengan warna-warni pada formasi batuan di dinding adalah 100% alami dari asal usul ilahi, dan bahwa gambar tersebut terbentuk secara supernatural tanpa campur tangan manusia. Gereja saat ini dibangun dengan gaya arsitektur neo-gotik antara tahun 1916 dan 1949. Nama Laja adalah bahasa Spanyol untuk batu ubin, dan berasal dari nama sebuah tipe datar batuan sedimen.

Paus Pius XII memberikan Dekrit Kepausan penobatan patung sebagai Sancta Virgo de Rupe (Bahasa Inggris: Perawan Suci Batu) pada tanggal 31 Mei 1951. Ia juga mengangkat tempat suci Maria berstatus Basilika minor melalui dekritnya Templum per Decorum pada tanggal 30 Agustus 1954. Paus Paulus VI menganugerahkan gelar Maria sebagai Perawan Rosario Suci sebagai Pelindung Ipiales melalui dekritnya Tutela Cælestis Virtutis pada tanggal 26 April 1965.

Ini adalah situs ziarah yang populer bagi umat Katolik dari Kolombia dan negara tetangga Ekuador, karena penampakan Maria yang terjadi di sini pada abad ke-18.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Ikhtisar[sunting | sunting sumber]

Inspirasi pendirian gereja ini konon merupakan peristiwa ajaib yang terjadi pada tahun 1576 (mungkin), ketika amerindian Maria Meneses de Quiñones dan putrinya bisu-tuli, Rosa, terjebak dalam badai yang sangat dahsyat. Keduanya mencari perlindungan di antara Lajas (lempengan batu) kecil, ketika, yang mengejutkan Meneses, putrinya Rosa berseru "Mestiza memanggil saya" dan menunjuk ke petir- siluet yang menyala di atas laja. Penampakan Perawan Maria ini memicu ziarah populer ke situs tersebut dan sesekali melaporkan kasus penyembuhan ajaib. Sebuah gambar muncul di batu yang berada beberapa kaki di dalamnya. Gambar di batu itu masih terlihat sampai sekarang.[1]

Keberadaan gereja di lokasi ini tercatat dalam catatan perjalanan biarawan Juan de Santa Gertrudis melalui wilayah selatan Kerajaan Baru Granada antara tahun 1756 dan 1764. Gereja pertama dibangun di sini pada pertengahan abad ke-18 dari jerami dan kayu. Ia diganti dengan kapel bata sepanjang 7 meter pada tahun 1795/96. Sejak tahun 1802, sebuah tempat ziarah baru yang lebih besar dibangun, yang kemudian diperluas dan dihubungkan ke sisi seberang ngarai dengan sebuah jembatan pada paruh kedua abad ke-19.

Gereja saat ini dibangun antara 1 Januari 1916 hingga 20 Agustus 1949, dengan sumbangan dari pengunjung gereja setempat. Ketinggiannya mencapai 100 m (330 ft) dari dasar ngarai dan dihubungkan ke sisi seberang ngarai melalui jembatan setinggi 50 m (160 ft).[2]

Dedikasi[sunting | sunting sumber]

Tempat ziarah ini terletak di Kolombia selatan dan telah menjadi tujuan wisata dan ziarah sejak abad kedelapan belas. Fransiskan Spanyol Juan de Santa Gertrudis (1724–1799) menyebutkan tempat suci tersebut dalam Buku III, Bagian 2, dari empat jilid kronik perjalanannya pada tahun 1756–62 di bagian selatan Kerajaan Granada Baru (berjudul "Keajaiban Alam "). Ini mungkin merupakan referensi tertua mengenai keberadaannya.

Legenda Orang Saleh[sunting | sunting sumber]

Tempat Ziarah Las Lajas
Tampak depan

Tempat Ziarah Las Lajas terkenal dengan arsitekturnya, serangkaian legenda yang melibatkan penampakan Perawan Suci Maria, dan mural misterius yang tidak diketahui asal usulnya. Terletak di negara bagian Nariño, Kolombia barat daya, Tempat Suci ini terletak di jembatan setinggi 50 meter (130 kaki) yang dibangun di atas sungai Guaitara, kurang dari 11 km (tujuh mil) dari perbatasan Ekuador. Gereja neo-Gotik ini didirikan oleh para peziarah antara tahun 1916 dan 1953, untuk menggantikan tempat suci yang pertama kali dibangun pada pertengahan abad ke-18.

Cascada, air terjun kecil yang turun secara bertahap.
Hiasan langit-langit bagian tengah, atau bagian tengah gedung gereja.

Menurut kepercayaan populer, Perawan Maria menampakkan diri kepada seorang wanita dan putrinya yang bisu-tuli pada tahun 1754 di tempat yang sama di mana gereja sekarang berdiri. Wanita tersebut, Maria Meneses de Quiñones, dan putrinya Rosa sedang melewati sungai Guaitara ketika mereka mencari perlindungan dari badai. Saat itu, Rosa berteriak, "Bu, Perawan memanggilku!" dan menunjuk pada penampakan Perawan Maria. Wanita itu tetap diam tentang penampakan itu sampai sesuatu yang lebih tidak diharapkan terjadi: setelah Rosa meninggal, Mueces, bertekad untuk berdoa bagi jiwa putrinya, kembali ke tempat di mana dia dan putrinya melihat Perawan Maria; Sang Perawan kemudian secara ajaib menghidupkan kembali Rosa, dan ibu serta putrinya tidak dapat lagi merahasiakan keajaiban itu. Kuil pertama untuk menghormati ibu Yesus Kristus dibangun beberapa tahun setelah dugaan penampakannya, menurut jurnal seorang biarawan yang melakukan perjalanan melalui wilayah tersebut antara tahun 1756 dan 1764. Setengah abad kemudian, pada tahun 1802 , kuil yang lebih besar dibangun dan umat mendirikan jembatan versi pertama yang sekarang memungkinkan akses ke gereja.[2][3]

Penampakan Perawan Maria hanyalah yang pertama dari sejumlah legenda dan misteri yang terkait dengan Suaka Las Lajas. Misalnya, tidak ada yang tahu siapa yang membuat gambar Bunda Maria yang ada di belakang gereja, di belakang altar. Menurut beberapa orang, gambar tersebut pertama kali terlihat ketika Mueces ingin menunjukkan kepada pastor dan masyarakat setempat di mana putrinya dihidupkan kembali. Setibanya di sana, para umat melihat gambar Perawan Maria dan Yesus terpampang di dinding batu. Gambar tersebut diduga memanjang beberapa meter ke dalam batu, tetapi hal ini belum diverifikasi. Ini menarik ribuan peziarah setiap tahun.

Paus Pius XII menganugerahkan penobatan kanonik kepada gambar Maria yang dihormati di gereja tersebut pada tanggal 16 September 1952 melalui dekrit tanggal 31 Mei 1951. Tempat ziarah tersebut kemudian diangkat menjadi basilika kecil pada tahun 1954. Gambar tersebut juga diumumkan Pelindung Utama Keuskupan Ipiales pada tahun 1965.[4]

Berdasarkan beberapa hal, ini adalah situs ziarah terpopuler kedua di Kolombia, setelah Bunda Rosario Chiquinquirá. Lokasinya yang dekat dengan perbatasan Ekuador menjadikannya tujuan populer bagi peziarah dari kedua negara.[2][3]

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Woods, Sarah; McColl, Richard. Kolombia. Chalfont St Peter, Inggris dan Guilford, CT: Bradt Travel Guides. hlm. 320–321. ISBN 978-1-84162-921-6. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2022-04-09. 
  2. ^ a b c Davidson, Linda Kay; Gitlitz, David Martin. Ziarah: Dari Sungai Gangga ke Graceland : sebuah Ensiklopedia. hlm. 331. ISBN 978-1-57607-004-8. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2022-04-09. 
  3. ^ a b Pereyra, David. "Tempat Istimewa Kesalehan Maria di Amerika Selatan". Dalam Brunn, Stanley D. Peta Agama Dunia yang Berubah: Tempat Suci, Identitas, Praktik dan Politik. Dordrecht, Jerman. hlm. 589. ISBN 978-94-017-9376-6. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2022-04-09. Diakses tanggal 22-01-2022. 
  4. ^ Penobatan dan peninggian sebagai basilika dideklarasikan ulang dan disebutkan dalam banteng dari Paus Paulus VI yang mendeklarasikan ikon tersebut sebagai Pelindung Utama Keuskupan Ipiales Keuskupan Ipiales. — "Tutela caelestis, Litterae Apostolicae, Beata Maria Virgo, «Nuestra Señora del Rosario de las Lajas» Vulgo Appeallata, Principalis Patrona Dioecesis Ipialensis Eligitur". www.vatican.va. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]