Tegak tumpu tangan

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Tarian Acro berhenti dalam kedudukan tegak tumpu tangan yang tepat sebelum berjalan dengan tangan melintasi panggung.

Tegak tumpu tangan atau dirian tangan (Inggris: handstand) adalah gerakan menopang tubuh dengan stabil dalam kedudukan berdiri tegak, tetapi dengan menyeimbangkan tangan secara terbalik. Dalam tegak tumpu tangan dasar, tubuh dalam kedudukan lurus dengan lengan dan kaki terentang penuh, serta jarak tangan kira-kira selebar bahu dan kedua kaki dirapatkan. Ada banyak variasi tegak tumpu tangan, yang kesemuanya mengharuskan pemain memiliki keseimbangan yang memadai dan kekuatan tubuh bagian atas.

Tegak tumpu tangan dilakukan dalam banyak kegiatan atletik, termasuk acro dance, pemandu sorak, sirkus, yoga, kalistenik, dan senam. Beberapa variasi tegak tumpu tangan dilakukan pada setiap peralatan senam, dan banyak keterampilan menjatuhkan tubuh melewati kedudukan tegak tumpu tangan selama pelaksanaannya. Pemain Breakdance menggabungkan tegak tumpu tangan dalam keadaan kaku (freeze) dan mengayun kaki (kick). Junam tegak tumpu lengan (armstand diving), kategori yang ditemui dalam pertandingan pelantar lompat indah adalah lompat yang diawali dengan tegak tumpu tangan. Perenang tampil dengan tegak tumpu tangan bawah air sebagai permainan, dengan kepala, lengan, dan tubuh di bawah air dengan tungkai dan kaki terentang di atas permukaan. Pemenang dalam pertandingan ini sering kali merupakan orang yang dapat bertahan dalam tegak tumpu tangan bawah air.

Tegak tumpu tangan dikenal dengan berbagai nama lain. Dalam yoga sebagai olahraga modern, tegak tumpu tangan disebut Adho Mukha Vrksasana. Dalam capoeira, ini disebut bananeira.[butuh rujukan]

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Rujukan[sunting | sunting sumber]

Templat:Asana Templat:Yoga sebagai olahraga Templat:Hatha yoga