Tapak uji

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Tapak uji (test bed ) adalah bentuk sarana untuk melakukan pengujian teori ilmiah, alat komputasi, dan teknologi baru yang ketat, transparan, dan dapat ditiru.

Istilah ini digunakan di banyak disiplin ilmu untuk menggambarkan penelitian eksperimental serta ajang dan lingkungan pengembangan produk baru . Hal tersebut dapat bervariasi mulai dari pengembangan prototipe langsung dalam industri manufaktur seperti mobil (dikenal sebagai " bagal "), mesin atau sistem pesawat terbang, hingga penyempurnaan kekayaan intelektual di bidang seperti pengembangan perangkat lunak komputer yang terlindung dari bahaya pengujian langsung.

Pengembangan perangkat lunak[sunting | sunting sumber]

Dalam pengembangan perangkat lunak, penapakujian adalah metode pengujian modul tertentu (fungsi, kelas, atau perpustakaan) secara terisolasi. Ini dapat digunakan sebagai bukti konsep atau ketika modul baru diuji terpisah dari program atau sistem, modul tersebut nantinya akan ditambahkan. Kerangka kerangka diimplementasikan di sekitar modul sehingga modul berperilaku seolah-olah sudah menjadi bagian dari program yang lebih besar.

Tapak uji tipikal dapat mencakup komponen perangkat lunak, perangkat keras, dan jaringan. Dalam pengembangan perangkat lunak, lingkungan perangkat keras dan perangkat lunak tertentu dapat diatur sebagai tempat pengujian untuk aplikasi yang sedang diuji[diragukan]</link> . Dalam konteks ini, tapak uji juga dikenal sebagai lingkungan pengujian yang terbuat dari:

  • Peralatan pengujian perangkat keras (bangku pengujian, meja optik, rig pengujian khusus, peralatan tiruan yang mensimulasikan produk sebenarnya atau produk sejenisnya, sarana lingkungan eksternal, seperti pancuran, pemanas, kipas angin, ruang vakum, ruang anechoic).
  • Peralatan komputasi (unit pemrosesan, pusat data, FPGA in-line, peralatan simulasi lingkungan).
  • Perangkat lunak pengujian ( DAQ / osiloskop, perangkat lunak visualisasi dan pengujian, perangkat lunak lingkungan untuk memberi makan peralatan boneka dengan data).

Tapak uji juga merupakan halaman di Internet dimana masyarakat diberikan kesempatan untuk menguji CSS atau HTML yang telah mereka buat dan ingin melihat hasilnya, misalnya:

Pengembangan pesawat terbang[sunting | sunting sumber]

Dalam pengembangan pesawat terbang juga terdapat contoh penggunaan tapak uji seperti dalam pengembangan mesin pesawat baru yang dipasang pada pesawat tapak uji untuk pengujian penerbangan.[2] [3] Penggunaan tapak uji seperti itu pada awalnya dirintis oleh Rolls Royce dalam pengembangan mesin jet mereka.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ QingLong, Lu. "The Arena Web Browser". Yggdrasil Computing. Diarsipkan dari versi asli tanggal February 5, 2003. Diakses tanggal 6 June 2010. 
  2. ^ Norris, Guy (7 June 2013). "GE's new 747 flying testbed colors". Aviation Week. Diakses tanggal 26 April 2016. 
  3. ^ "Lancaster Test Bed Images". Avro Lancaster. Diakses tanggal 26 April 2016.