Tanda kunci

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Tanda kunci menunjukkan B dan E (kunci Bes mayor atau G minor )
Tanda kunci menunjukkan F dan C (kunci D mayor atau B minor )

Dalam notasi musik Barat, tanda kunci adalah sekumpulan simbol kres ( ), mol ( ), atau jarang, pugar ( ) yang ditempatkan pada paranada di awal suatu bagian musik. Tanda kunci awal pada sebuah karya ditempatkan tepat setelah tanda kunci pada awal baris pertama. Jika bagian tersebut berisi bagian dalam key yang berbeda, tanda kunci baru ditempatkan di awal bagian tersebut.

Dalam tanda kunci, simbol tajam atau datar pada garis atau spasi paranada menunjukkan bahwa nada yang diwakili oleh garis atau spasi tersebut harus dimainkan dengan seminada lebih tinggi (tajam) atau lebih rendah (datar) daripada yang seharusnya dimainkan. Hal ini berlaku sampai akhir bagian atau sampai tanda tangan kunci lainnya ditunjukkan. Setiap simbol berlaku untuk semua nada dalam kelas nada yang sama — misalnya, sebuah flat pada baris ketiga tongkat trebel (seperti pada diagram) menunjukkan bahwa semua nada yang muncul sebagai B dimainkan sebagai B-flat. Konvensi ini tidak bersifat universal sampai akhir periode Barok dan awal periode Klasik — musik yang diterbitkan pada tahun 1720-an dan 1730-an mungkin memiliki tanda kunci yang menunjukkan nada tajam atau datar di kedua oktaf untuk nada-nada yang termasuk dalam paranada.

Sebagian besar artikel ini membahas tanda kunci yang mewakili kunci diatonis musik Barat. Ini berisi flat atau sharp, tetapi tidak keduanya, dan tanda kunci yang berbeda menambahkan flat atau sharp sesuai dengan urutan yang ditunjukkan dalam lingkaran perlima .

Setiap kunci mayor dan minor memiliki tanda kunci terkait, yang menampilkan hingga tujuh nada datar atau tujuh nada tajam, yang menunjukkan nada yang digunakan dalam tangga nadanya. Musik terkadang dinotasikan dengan tanda kunci yang tidak cocok dengan kuncinya dengan cara ini—hal ini dapat dilihat pada beberapa karya Barok, [1] atau transkripsi lagu-lagu rakyat modal tradisional.[2]

Konvensi[sunting | sunting sumber]

1. Tangga nada B mayor : tidak ada tanda kunci; kecelakaan diperlukan di seluruh
2. Tangga nada B mayor : tanda tangan kunci; kebetulan tidak diperlukan

Dengan nada apa pun sebagai titik awal, rangkaian interval tertentu menghasilkan tangga nada mayor: langkah utuh, utuh, setengah, utuh, utuh, utuh, setengah. Dimulai dari C, ini menghasilkan CDEFGABC (skala C mayor). Tidak ada nada tajam atau datar dalam skala ini, jadi tanda kunci untuk C tidak memiliki nada tajam atau datar di dalamnya. Memulai nada lain mengharuskan setidaknya salah satu nada ini diubah (dinaikkan atau diturunkan) untuk mempertahankan pola tangga nada mayor. Nada-nada yang dinaikkan atau diturunkan ini membentuk tanda kunci. Memulai pola pada D, misalnya, menghasilkan DEF -GABC -D, sehingga tanda kunci untuk D mayor memiliki dua kres—F dan C . Tanda kunci menunjukkan bahwa ini berlaku untuk bagian musik berikutnya, menunjukkan kepada pembaca di kunci mana musik tersebut berada, dan membuatnya tidak perlu menerapkan aksidental pada masing-masing not.

Dalam notasi musik standar, urutan munculnya nada tajam atau datar pada tanda kunci adalah seragam, mengikuti lingkaran perlima : F , C , G , D , A , E , B , dan B , E , A , D , G , C , F . Musisi dapat mengidentifikasi kunci berdasarkan jumlah nada tajam atau datar yang ditampilkan, karena selalu muncul dalam urutan yang sama. Tanda kunci dengan satu tajam harus menunjukkan F-tajam, [3] yang menunjukkan G mayor atau E minor .

Ada pengecualian untuk hal ini, terutama dalam musik abad ke-20, jika sebuah karya menggunakan tangga nada yang tidak lazim atau sintetis dan tanda kunci yang diciptakan untuk mencerminkan hal tersebut. Ini mungkin terdiri dari benda tajam atau datar yang tidak dalam urutan biasa, atau benda tajam yang digabungkan dengan benda datar (misalnya, F dan B ). Tanda kunci semacam ini dapat ditemukan dalam musik Béla Bartók, misalnya.

Dalam sebuah partitur, instrumen transposisi akan menunjukkan tanda kunci yang berbeda untuk mencerminkan transposisinya tetapi musiknya berada dalam kunci konser yang sama dengan instrumen lainnya. Instrumen perkusi dengan nada tak tentu tidak akan menunjukkan tanda kunci, dan bagian timpani kadang-kadang ditulis tanpa tanda kunci (bagian timpani awal kadang-kadang dinotasikan dengan drum tinggi sebagai "C" dan drum rendah keempat lebih rendah sebagai "G", dengan nada sebenarnya yang ditunjukkan di awal musik, misalnya, "timpani di D–A"). Dalam musik politonal, di mana bagian-bagian berbeda sebenarnya dibunyikan dengan kunci berbeda, instrumen dapat dinotasikan dengan kunci berbeda.

Lingkaran kelima menunjukkan kunci mayor dan minor serta tanda tangannya

Struktur tangga nada mayor[sunting | sunting sumber]

Skala dengan tanda kunci kres[sunting | sunting sumber]

Terdapat hingga tujuh tanda tajam dalam tanda kunci, muncul dalam urutan ini: F C G D A E B . [4] Nada kunci atau tonik suatu lagu dalam kunci mayor adalah seminada di atas nada terakhir pada tanda tangan. [5] Misalnya, kunci D mayor memiliki tanda kunci F dan C , dan tonik (D) adalah seminada di atas C . Setiap skala yang dimulai pada derajat skala kelima dari skala sebelumnya mempunyai satu ketajaman baru, yang ditambahkan sesuai urutan yang ditunjukkan. [4]

Kunci mayor Jumlah kres Nada kres Kunci minor Enharmonik
setara
C mayor 0 A minor Tidak ada
G mayor 1 F E minor Tidak ada
D mayor 2 F , C B minor Tidak ada
A mayor 3 F , C , G Fis minor Tidak ada
E mayor 4 F , C , G , D Cis minor Tidak ada
B mayor 5 F , C , G , D , A Gis minor Ces mayor atau As minor
Fis mayor 6 F , C , G , D , A , E Dis minor Ges mayor atau Es minor
Cis mayor 7 F , C , G , D , A , E , B Ais minor Des mayor atau Bes minor

Skala dengan tanda kunci mol[sunting | sunting sumber]

Ada hingga tujuh flat dalam tanda kunci, diterapkan sebagai: B E A D G C F [4] Tangga nada mayor dengan satu flat adalah F mayor. Di semua tangga nada mayor dengan tanda kunci datar, tonik pada kunci mayor berada tepat keempat di bawah nada datar terakhir. Jika terdapat lebih dari satu flat, toniknya adalah nota flat kedua hingga terakhir pada tanda tangan. [5] Pada kunci mayor dengan empat nada datar (B E A D ), misalnya, nada datar kedua hingga terakhir adalah A , yang menunjukkan kunci A mayor. Setiap skala baru dimulai seperlima di bawah (atau seperempat di atas) skala sebelumnya.

Kunci mayor Jumlah mol Nada mol Kunci minor Enharmonik
setara
C mayor 0 A minor Tidak ada
F mayor 1 B D minor Tidak ada
Bes mayor 2 B , E G minor Tidak ada
Es mayor 3 B , E , A C minor Tidak ada
As mayor 4 B , E , A , D F minor Tidak ada
Des mayor 5 B , E , A , D , G Bes minor Cis mayor atau Ais minor
Ges mayor 6 B , E , A , D , G , C Es minor Fis mayor atau Dis minor
Ces mayor 7 B , E , A , D , G , C , F As minor B mayor atau Gis minor

Hubungan antara tanda kunci dan kunci[sunting | sunting sumber]

Tanda tangan kunci adalah perangkat notasi dalam musik diatonis atau nada yang menentukan kunci dan tangga nada diatonisnya tanpa memerlukan aksidental. Musik dapat dinotasikan dengan cara lain, dan kunci suatu musik mungkin tidak selalu sesuai dengan tanda kunci yang dinotasikan. Hal ini terutama berlaku pada musik pra-Barok, ketika konsep kunci belum berkembang hingga saat ini.

Gunakan di luar periode praktik umum Barat[sunting | sunting sumber]

Tangga nad D Freygish Play

Tanda tangan kunci juga digunakan dalam musik yang tidak berasal dari periode praktik umum Barat. Ini termasuk musik rakyat, musik non-Barat, dan musik Barat sebelum atau sesudah periode latihan umum.

Musik Klezmer menggunakan tangga nada selain diatonis mayor atau minor, seperti Freygish (Phrygian) . Karena keterbatasan tangga nada bagpipe dataran tinggi tradisional, tanda kunci sering kali dihilangkan dari musik pipa tertulis, yang jika tidak maka akan ditulis dengan dua nada tajam, F dan C .[6] (Pipa tidak mampu memainkan F dan C sehingga nada tajamnya tidak dinotasikan.) Komposer abad ke-20 seperti Bartók dan Rzewski (lihat di bawah) bereksperimen dengan tanda kunci non-diatonis.

Gaya notasi sebelumnya[sunting | sunting sumber]

Tanda tangan kunci varian di motet Victoria . Pada bagian superius (soprano), E muncul pertama kali, dan di dua bagian lainnya muncul nada datar dalam dua oktaf.

Dalam musik dari periode Barok, adalah umum untuk melihat tanda kunci yang not-notnya diberi anotasi dalam urutan yang berbeda dari praktik modern, atau dengan huruf not yang sama diberi anotasi untuk setiap oktaf.

Tanda tangan yang tidak biasa[sunting | sunting sumber]

15 tanda kunci yang membentuk tangga nada diatonis terkadang disebut tanda kunci standar . Skala lain ditulis dengan tanda kunci standar dan menggunakan aksidental sesuai kebutuhan, atau dengan tanda kunci nonstandar. Contoh yang terakhir termasuk E (tangan kanan), dan F dan G (tangan kiri) yang digunakan untuk skala С diperkecil (С oktatonik ) dalam Bartók's Crossed Hands (no. 99, vol. 4, Mikrokosmos ); B , E dan F digunakan untuk tangga nada dominan D Frigia dalam God to a Hungry Child karya Frederic Rzewski ; dan E dan D (tangan kanan) dan B , A , G (tangan kiri) dalam Galamb Borong karya György Ligeti (no. 7 dari buku kedua Études pour piano ), dan B , E , D ,G (kedua tangan) di Pour Irina (no. 16 dari buku ketiga karya yang sama).

Terdapat juga contoh tanda tangan standar yang bertentangan, seperti pada no. 3 Sarkasme Sergei Prokofiev, op. 17 (tiga sharp di tangan kanan, dan lima flat di tangan kiri), dan empat nomor Études pour piano Ligeti : no. 1 dari buku pertama (tidak ada di tangan kanan, dan lima benda tajam di tangan kiri), no. 10 dari buku kedua ( Der Zauberlehrling ; tidak ada di tangan kanan, dan lima flat di tangan kiri di bar 67–87); TIDAK. 11 dari buku kedua ( En Suspens ; lima flat di tangan kanan dan tidak ada di tangan kiri, dengan yang sebaliknya di kemudian hari); dan tidak. 12 dari buku kedua ( Entrelacs ; tidak ada di tangan kanan dan lima flat di tangan kiri, dengan yang sebaliknya nanti)

Tidak ada nada tajam atau datar pada tanda kunci yang dapat menunjukkan bahwa musik tersebut ada dalam kunci C mayor / A Minor atau karya tersebut modal atau atonal, dan tidak memiliki tanda tangan kunci. Contohnya adalah Piano Sonata karya Bartók, yang tidak memiliki kunci tetap dan sangat berwarna.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Penggunaan tanda tangan satu datar berkembang pada periode Abad Pertengahan, tetapi tanda tangan dengan lebih dari satu tanda tangan datar baru muncul pada abad ke-16, dan tanda tangan dengan benda tajam baru muncul pada pertengahan abad ke-17.[7]

Ketika tanda tangan dengan beberapa flat pertama kali muncul, urutan flat tersebut tidak distandarisasi, dan seringkali sebuah flat muncul dalam dua oktaf yang berbeda, seperti yang ditunjukkan di sebelah kanan. Pada akhir abad ke-15 dan awal abad ke-16, bagian suara yang berbeda dalam komposisi yang sama biasanya memiliki tanda tangan yang berbeda, situasi ini disebut tanda tangan parsial atau tanda tangan yang bertentangan . Ini sebenarnya lebih umum daripada tanda tangan lengkap pada abad ke-15.[8] Motet abad ke-16 Absolon fili mi oleh Pierre de La Rue (sebelumnya dikaitkan dengan Josquin des Prez ) menampilkan dua bagian suara dengan dua flat, satu bagian dengan tiga flat, dan satu bagian dengan empat flat.

Musik Barok yang ditulis dengan kunci minor sering kali ditulis dengan tanda kunci dengan lebih sedikit flat daripada yang sekarang kita kaitkan dengan kuncinya; misalnya, gerakan dalam C minor seringkali hanya memiliki dua flat (karena A sering kali harus dipertajam menjadi A dalam tangga nada melodic minor menaik, seperti halnya B ).

Tabel[sunting | sunting sumber]

Key signature Major key Minor key
C Major key signature

no sharps or flats

C major A minor
Key signature Added Major key Minor key Key signature Added Major key Minor key
G Major key signature

1 sharp

F G major E minor F Major key signature

1 flat

B F major D minor
D Major key signature

2 sharps

C D major B minor B-flat Major key signature

2 flats

E B major G minor
A Major key signature

3 sharps

G A major F minor E-flat Major key signature

3 flats

A E major C minor
E Major key signature

4 sharps

D E major C minor A-flat Major key signature

4 flats

D A major F minor
B Major key signature

5 sharps

A B major G minor D-flat Major key signature

5 flats

G D major B minor
F-sharp Major key signature

6 sharps

E F major D minor G-flat Major key signature

6 flats

C G major E minor
C-sharp Major key signature

7 sharps

B C major A minor C-flat Major key signature

7 flats

F C major A minor

Lihat Juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Schulenberg, David. Music of the Baroque. New York: Oxford University Press, 2001. p. 72.. "(…) to determine the key of a Baroque work one must always analyze its tonal structure rather than rely on the key signature."
  2. ^ Cooper, David. The Petrie Collection of the Ancient Music of Ireland. Cork: Cork University Press, 2005. p. 22. "In a few cases Petrie has given what is clearly a modal melody a key signature which suggests that it is actually in a minor key. For example, Banish Misfortune is presented in D minor, although it is clearly in the Dorian mode."
  3. ^ "How to Read Key Signatures". 
  4. ^ a b c Jones, George Thaddeus. 1974. Music Theory: The Fundamental Concepts of Tonal Music Including Notation, Terminology, and Harmony, p.35. Barnes & Noble Outline Series 137. New York City, Hagerstown, San Francisco, London: Barnes & Noble. ISBN 978-0-06-460137-5.
  5. ^ a b Kennedy, Michael. 1994. "Key-Signature". Oxford Dictionary of Music, second edition, associate editor, Joyce Bourne. Oxford and New York: Oxford University Press. ISBN 0-19-869162-9.
  6. ^ Nienhuys, Han-Wen; Nieuwenhuizen, Jan (2009). "GNU LilyPond — Notation Reference". 2.6.2 Bagpipes. Diakses tanggal 2010-03-28. Bagpipe music nominally uses the key of D Major (even though that isn’t really true). However, since that is the only key that can be used, the key signature is normally not written out. 
  7. ^ "Key Signature", Harvard Dictionary of Music, 2nd ed.
  8. ^ "Partial Signature", Harvard Dictionary of Music, 2nd ed.

Templat:Musical keyTemplat:Musical notation