Kunci nada

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Dalam teori musik, kunci sebuah karya adalah kelompok tala, atau tangga nada, yang menjadi dasar komposisi musik dalam musik klasik Barat, musik seni, dan musik pop .

Tonality (from "Tonic") or key: Music which uses the notes of a particular scale is said to be "in the key of" that scale or in the tonality of that scale.[1]

Kunci tertentu memiliki nada tonik dan akord yang sesuai, juga disebut akord tonik atau tonik, yang memberikan rasa subjektif kedatangan dan istirahat, dan juga memiliki hubungan unik dengan nada lain dari kunci yang sama, akord yang sesuai, dan nada dan akord di luar kunci.[2] Nada dan akord selain tonik dalam sebuah lagu menciptakan tingkat ketegangan yang berbeda-beda, diselesaikan ketika nada tonik atau akord kembali.

Kuncinya mungkin dalam mode mayor atau minor, meskipun musisi berasumsi mayor jika hal ini tidak ditentukan; misalnya "Bagian ini dalam C" menyiratkan bahwa kunci dari lagu tersebut adalah C mayor. Lagu-lagu populer dan musik klasik dari masa latihan umum biasanya dalam satu kunci. Potongan yang lebih panjang dalam repertoar klasik mungkin memiliki bagian dengan kunci yang kontras . Perubahan penting dalam suatu bagian atau gerakan dikenal sebagai modulasi .

Kunci dan nada suara[sunting | sunting sumber]

Irama autentik sempurna (VI [di sini dalam bentuk V <sup id="mwSw">7</sup> -I] dengan akar pada bass dan tonik pada suara tertinggi akord terakhir): progresi ii-V <sup id="mwTQ">7</sup> -I dalam C

Kuncinya biasanya mengidentifikasi nada tonik dan/atau akord: nada dan/atau triad mayor atau minor yang mewakili titik perhentian akhir sebuah karya, atau titik fokus suatu bagian. Meskipun kunci suatu karya dapat disebutkan dalam judulnya (misalnya, Simfoni dalam C mayor), atau disimpulkan dari tanda kuncinya, pembentukan kunci dihasilkan melalui harmoni fungsional, rangkaian akord yang mengarah ke satu atau lebih irama . dan/atau gerak melodi (seperti pergerakan dari nada utama ke tonik). Misalnya, kunci G mencakup nada-nada berikut: G, A, B, C, D, E, dan F  ; dan akord tonik yang sesuai adalah G—B—D. Paling sering di awal dan akhir lagu tradisional selama periode latihan umum, tonik, terkadang dengan akord tonik yang sesuai, memulai dan mengakhiri lagu dengan kunci yang ditentukan. Kuncinya mungkin besar atau kecil. Musik dapat digambarkan dalam mode Dorian, atau Frigia, dll., dan dengan demikian biasanya dianggap sebagai mode tertentu dan bukan sebagai kunci. Bahasa selain bahasa Inggris mungkin menggunakan sistem penamaan kunci lainnya.

Instrumen dalam kunci[sunting | sunting sumber]

Alat musik tertentu dimainkan dengan kunci tertentu, atau musiknya ditulis dengan kunci tertentu. Instrumen yang tidak memainkan kunci C disebut instrumen transpose . Jenis klarinet yang paling umum, misalnya, dikatakan dimainkan dengan kunci B . Ini berarti bahwa tangga nada yang ditulis dalam C mayor pada lembaran musik sebenarnya berbunyi seperti tangga nada B mayor ketika dimainkan pada klarinet B-flat—artinya, nada-nadanya berbunyi keseluruhan nadanya lebih rendah daripada nada tertulisnya. Demikian pula, klakson, biasanya pada kunci F, membunyikan nada seperlima lebih rendah daripada nada tertulis.

Demikian pula, beberapa instrumen "dibuat" dengan kunci tertentu. Misalnya, instrumen kuningan yang dibuat di B memainkan nada dasar B , dan dapat memainkan nada-nada dalam rangkaian harmonik yang dimulai dari B tanpa menggunakan katup, lubang jari, atau slide untuk mengubah panjang kolom udara yang bergetar. Instrumen yang dibuat dengan kunci tertentu sering kali, tetapi tidak selalu, menggunakan musik yang ditulis dengan kunci yang sama (lihat trombone sebagai pengecualian). Namun, beberapa instrumen, seperti harmonika diatonis dan harpa, sebenarnya dirancang untuk dimainkan hanya dengan satu kunci pada satu waktu: aksidental sulit atau tidak mungkin dimainkan.

Bagpipe dataran tinggi dibuat dalam B mayor, meskipun musiknya ditulis dalam D mayor dengan ketidaksengajaan yang tersirat.

Dalam komposisi musik Barat, kunci sebuah karya memiliki konsekuensi penting pada komposisinya:

  • Seperti disebutkan sebelumnya, instrumen tertentu dirancang untuk kunci tertentu, karena memainkan kunci tersebut secara fisik bisa lebih mudah atau lebih sulit. Oleh karena itu, pemilihan kunci dapat menjadi hal yang penting ketika membuat komposisi untuk sebuah orkestra, karena elemen-elemen ini harus dipertimbangkan.
  • Dalam kehidupan pemain klarinet profesional, misalnya, adalah hal biasa untuk membawa dua instrumen yang disetel secara terpisah satu seminada (B dan A) untuk memenuhi kebutuhan komposer: Konserto klarinet Mozart yang terkenal ada di A mayor. Memainkannya pada instrumen B sulit, dan menulis ulang semua bagian orkestra ke B mayor akan membutuhkan usaha yang sangat besar. Meski begitu, tidak jarang sebuah karya yang diterbitkan dalam B menyertakan nada seminada (atau lebih) di bawah rentang klarinet B yang umum. Karya tersebut kemudian harus dimainkan dengan instrumen yang lebih eksotis, atau dialihkan dengan tangan (atau dengan pandangan) untuk klarinet A yang sedikit lebih besar. Ada klarinet dengan jangkauan yang lebih jauh, dengan lubang yang lebih panjang dan kunci tambahan.
  • Selain itu, timbre pada hampir semua instrumen tidak persis sama untuk semua nada yang dimainkan pada instrumen tersebut. Oleh karena itu, sebuah lagu yang mungkin menggunakan kunci C mungkin terdengar atau "terasa" agak berbeda (selain berada dalam nada yang berbeda) bagi pendengar jika dialihkan ke kunci A.
  • Selain itu, karena banyak komposer yang sering menggunakan piano saat membuat lagu, kunci yang dipilih mungkin dapat berpengaruh pada komposisinya. Hal ini karena penjarian fisik berbeda untuk setiap tuts, yang mungkin memungkinkan Anda memilih untuk memainkannya dan pada akhirnya menulis not atau progresi akord tertentu dibandingkan dengan yang lain, atau ini mungkin dilakukan dengan sengaja untuk membuat penjarian lebih efisien jika bagian akhir ditujukan untuk piano.
  • Dalam musik yang tidak menggunakan temperamen yang sama, akord yang dimainkan dengan kunci berbeda memiliki kualitas yang berbeda.

Pewarnaan kunci[sunting | sunting sumber]

Pewarnaan tuts adalah perbedaan antara interval tuts yang berbeda dalam satu penyetelan tempered yang tidak sama, dan keseluruhan bunyi serta "rasa" tuts yang dihasilkan oleh penyetelan intervalnya.

Temperamen musik sejarah yang tidak beraturan biasanya memiliki seperlima tersempit di antara nada-nada diatonis ("alami") yang menghasilkan sepertiga lebih murni, dan seperlima lebih lebar di antara nada-nada kromatik ("tajam dan datar"). Setiap tuts memiliki intonasi yang sedikit berbeda, sehingga tuts yang berbeda memiliki karakter yang berbeda. "Pewarnaan kunci" seperti itu merupakan bagian penting dari sebagian besar musik abad kedelapan belas dan kesembilan belas dan dijelaskan dalam risalah pada periode tersebut.

Misalnya, dalam penyeteman dengan serigala kelima, kunci pada nada terendah dari nada kelima terdengar sangat berbeda dari kunci lainnya (dan sering kali dihindari). Dalam penyetelan Pythagoras pada C (C, E+, G: 4, 5, 6), triad mayor pada C tepat sedangkan triad mayor pada E +++ (F ) terlihat tidak selaras (E ++ +, SEBUAH+, C:4 ⅛, 5, 6) karena E +++ (521,44 sen) menjadi koma Pythagoras (23,46 sen) tajam lebih besar dibandingkan dengan F .

Musik yang menggunakan temperamen yang sama tidak memiliki warna kunci karena semua kunci memiliki pola intonasi yang sama, hanya berbeda pada nada.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Berlin, Boris; Sclater, Molly; and Sinclair, Kathryn (2006). Keys to Music Rudiments, p.21. Gordon V. Thompson. ISBN 9781457496509. "The key signature, meaning 'a sign which shows the key'..."
  2. ^ Pouska, Andrew. "Keys in Music | Harmony". StudyBass. 

Bacaan lebih lanjut[sunting | sunting sumber]

  • Innig, Renate (1970). System der Funktionsbezeichnung in den Harmonielehren seit Hugo Riemann . Düsseldorf: Gesellschaft zur Förderung der systematischen Musikwissenschaft.
  • Rahn, John (1980). Teori Atonal Dasar . New York: Manusia Panjang; London dan Toronto: Prentice Hall Internasional.ISBN 0-02-873160-3ISBN 0-02-873160-3 . Dicetak ulang tahun 1987, New York: Schirmer Books; London: Collier Macmillan.
  • Steblin, Rita (1983). Sejarah Karakteristik Utama pada Abad ke-18 dan Awal Abad ke-19 . Pers Riset UMI, Ann Arbor.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]