Tambang Emas Tujuh Bukit

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Tambang Emas Tujuh Bukit
Lokasi
LokasiGunung Tumpang Pitu, Desa Sumberagung, Pesanggaran, Banyuwangi
ProvinsiJawa Timur
Negara Indonesia
Produksi
Hasil tambangEmas dan Perak
Sejarah
Dibuka27 April 2016 (27 April 2016)
Pemilik
PerusahaanPT Merdeka Copper Gold
Situs webmerdekacoppergold.com

Tambang Emas Tujuh Bukit atau juga dikenal dengan nama Tambang Tumpang Pitu adalah merupakan salah satu tambang emas terbesar di Indonesia yang terletak di di Desa Sumberagung, Pesanggaran, Banyuwangi, Jawa Timur. Tambang ini dikelola oleh PT Bumi Suksesindo, anak perusahaan dari PT Merdeka Copper Gold Tbk.[1]

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Tambang Emas Tumpang Pitu pertama kali ditemukan pada tahun 1997 oleh PT Aneka Tambang (Antam) dan kemudian diambil alih oleh PT Merdeka Copper Gold Tbk pada tahun 2012. Setelah melakukan eksplorasi dan penambangan, tambang ini resmi memulai produksi pada tahun 2016.

Lokasi[sunting | sunting sumber]

Tambang Emas Tumpang Pitu terletak di Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur, Indonesia. Lokasinya berada di kawasan hutan lindung yang berada di ketinggian sekitar 1.300 meter di atas permukaan laut. Kawasan sekitar tambang ini juga terdapat beberapa desa, seperti Desa Tumpang Pitu, Desa Pancer, dan Desa Sumberagung.

Produksi[sunting | sunting sumber]

Tambang Emas Tumpang Pitu memiliki cadangan emas sebesar 8,5 juta ons dan diperkirakan dapat memproduksi sekitar 350.000 ons emas per tahunnya. Metode penambangan yang digunakan adalah penambangan terbuka dengan menggunakan alat berat seperti ekskavator dan dump truck.

Dampak[sunting | sunting sumber]

Tambang Emas Tumpang Pitu memiliki dampak yang signifikan bagi lingkungan sekitar. Penambangan emas yang dilakukan dapat menyebabkan kerusakan lingkungan seperti erosi tanah, pencemaran air, dan hilangnya habitat satwa liar. Namun, PT Merdeka Copper Gold Tbk telah melakukan upaya penghijauan dan perbaikan lingkungan untuk mengurangi dampak yang ditimbulkan.

Selain itu, tambang ini juga memberikan dampak ekonomi bagi masyarakat sekitar. PT Merdeka Copper Gold Tbk memberikan kesempatan kerja bagi masyarakat sekitar dan juga melakukan program CSR untuk membantu meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Melihat Tumpang Pitu dari Dekat, Gunung Emas di Selatan Banyuwangi". jawapos.com. 2 Feb 2020. Diakses tanggal 27/12/2022/.