Taman lingkungan

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Veale Gardens di Adelaide, Australia

Taman lingkungan adalah sebuah kawasan ruang alami, semi-alami atau ditanami untuk kenikmatan dan rekreasi manusia atau perlindungan kehidupan liar atau habitat alam. Taman kota adalah ruang hijau yang dipakai untuk rekreasi di dalam sebuah kota. Taman nasional dan taman desa adalah ruang hijau yang dipakai untuk rekreasi di daerah pinggiran. Taman negara dan taman provinsi diurus oleh badan dan pemerintahan negara. Taman terdiri dari wilayah berrumput, berbatu, tanah dan pohon, meskipun juga terdiri dari bangunan dan artefak lain seperti struktur monumen, air mancur atau taman bermain. Beberapa taman memiliki lapangan untuk permainan olahraga seperti sepak bola, bisbol dan futsal, dan kawasan tertutup untuk permainan seperti basket. Beberapa taman lingkungan memiliki jalan untuk pealan kaki, sepeda dan kegiatan lain. Beberapa taman dibangun dekat wilayah perairan atau di tengah-tengah perairan dan terdiri dari sebuah pantai atau kawasan dek kapal. Taman kota sering kali memiliki bangku untuk duduk dan berisi meja piknik dan alat pemanggangan barbeku.

Taman yang dimiliki atau dikelola oleh pemerintah[sunting | sunting sumber]

Taman nasional[sunting | sunting sumber]

Taman nasional adalah kawasan pelestarian alam yang mempunyai ekosistem asli, dikelola dengan sistem zonasi yang dimanfaatkan untuk tujuan penelitian, ilmu pengetahuan, pendidikan, menunjang budidaya, pariwisata, dan rekreasi.[1] Taman nasional merupakan salah satu jenis kawasan konservasi karena dilindungi, biasanya oleh pemerintah pusat, dari perkembangan manusia dan polusi. Taman nasional merupakan kawasan yang dilindungi (protected area) oleh World Conservation Union Kategori II.[2]

Taman Nasional Greenland Timur Laut merupakan taman nasional yang terluas dan terletak paling utara di dunia.[3] Didirikan pada tahun 1974 dan diperluas hingga mencapai luas yang sekarang ada. Taman nasional tersebut melindungi area seluas 972.001 km2 (375.000 sq mi)[4] dari kawasan tengah dan pantai timur laut Greenland.

Taman sub-nasional[sunting | sunting sumber]

Di beberapa negara federal, banyak taman yang dikelola oleh pemerintah tingkat sub-nasional. Misalnya di negara Brazil, Amerika Serikat, Negara Bagian Victoria, dan beberapa negara bagian di Meksiko, taman-taman yang dikelola oleh pemerintah sub-nasional lebih dikenal sebagai taman negara bagian.[5] Sedangkan di beberapa negara seperti Argentina, Kanada, dan Korea Selatan lebih dikenal sebagai taman provinsi atau taman teritorial.[6] Sementara di negara seperti Amerika Serikat, secara umum lebih dikenal dengan taman desa (country park).  

Taman kota[sunting | sunting sumber]

Taman Yoyogi adalah taman terbesar di Tokyo.

Taman kota adalah taman di dalam kota sebagai tempat umum yang menyediakan berbagai fasilitas seperti taman bermain, rekreasi, lapangan olah raga, toilet umum dan ruang hijau kepada penduduk kota dan pengunjung.[7] Desain, operasi dan pemeliharaan, umumnya dilakukan oleh lembaga pemerintah, biasanya di tingkat pemerintah daerah, tetapi kadang-kadang dapat dikontrakkan ke pihak swasta.

Taman liniear[sunting | sunting sumber]

Taman liniear adalah jenis taman yang umumnya memiliki ukuran lebih panjang dibandingkan dengan ukuran lebarnya. Pada umumnya taman linear merupakan taman yang membentang di sepanjang kanal ,sungai, tembok pertahanan, transmisi tenaga listrik, jalan bebas hambatan,[8] ataupun di sepanjang bibir pantai.[9]

Taman pedesaan[sunting | sunting sumber]

Taman desa atau taman pedesaan merupakan kawasan alami yang dapat dikunjungi oleh masyarakat sebagai tempat untuk rekreasi. Pengunjung dapat menikmati ruang terbuka publik yang berbeda dengan taman yang terdapat di perkotaan. Taman pedesaan biasanya memiliki beberapa fasilitas seperti tempat parkir mobil, toilet, jalan setapak, kios, dan beberapa informasi untuk pengunjung. Bahkan di beberapa tempat terdapat fasilitas pendidikan, bangunan bersejarah, peternakan, fasilitas berperahu,  memancing, dan lain sebagainya.[10]

Perlengkapan[sunting | sunting sumber]

Bangku[sunting | sunting sumber]

Taman lingkungan terletak pada lingkungan luar ruangan. Jenis bangku yang sesuai untuk taman lingkungan adalah yang terbuat dari beton dan tahan karat. Bangku kemudian diberikan dudukan yang terbuat dari kayu komposit.[11]

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Atlas Nasional Indonesia. Penerbit Bakosurtanal (Badan Koordinasi Survey dan Pemetaan Nasional). Cibinong, Bogor 2008. ISBN 978-979-26-6938-1. Hal 158.
  2. ^ Guidelines for Applying Protected Area Management Categories (PDF). Gland: IUCN. hlm. 17. 
  3. ^ "The National Park". Greenland.com. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2013-12-15. Diakses tanggal 2013-06-18. 
  4. ^ Statistics Greenland, Greenland in Figures, 2009
  5. ^ "State Parks | Encyclopedia.com". www.encyclopedia.com. Diakses tanggal 2022-10-04. 
  6. ^ "Provincial Parks | The Canadian Encyclopedia". www.thecanadianencyclopedia.ca. Diakses tanggal 2022-10-04. 
  7. ^ "Pengertian Taman Kota | Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman dan Pertanahan". disperkimta.bulelengkab.go.id. Diakses tanggal 2022-10-04. 
  8. ^ "Parks and Recreation Programming Master Plan" (PDF). Hurst, Tx City Council. Diarsipkan dari versi asli (PDF) tanggal 2007-10-07. Diakses tanggal 2009-04-06. 
  9. ^ "Study Trail profiles". U.S. Department of Transport Federal Highway Administration. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2009-05-10. Diakses tanggal 2009-04-06. 
  10. ^ "Herrington Country Park". Destination Sunderland. Diakses tanggal 17 March 2021. 
  11. ^ Hasibuan, M. S. R., dan Syahadat, R. M. (2020). Yunia, Olin Aulia, ed. Buku Panduan Praktis Elemen Hardscape pada Taman Lingkungan (PDF). Bogor: Inspira Pustaka Aksara. hlm. 2. ISBN 978-623-7178-16-3. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]