Taman Wisata Batu Gede Sayar

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Taman Wisata Batu Gede Sayar merupakan objek wisata bukit yang terletak di Kampung Batu Gede, Kelurahan Sayar, Kecamatan Taktakan, Kota Serang. Taman ini berada di ketinggian sekitar 150 mdpl dan berjarak lebih kurang 7 km dari pusat kota. Bukit batu yang berada di sana dijadikan objek wisata oleh masyarakat sekitar karena memiliki daya tarik berupa singkapan batuan alami dan panorama perbukitan hijau.

Bentang alam Taman Wisata Batu Gede Sayar.

Bentang Alam[sunting | sunting sumber]

Pada sisi bukit, terdapat tebing dengan singkapan yang menjadi asal nama "Batu Gede". Batuan yang tersingkap berupa basal piroksen terbentuk akibat aktivitas vulkanisme Kuarter gunung berapi Payung dan Gedor yang berada di barat daya pada kala Pleistosen.[1] Tebingnya memiliki ketinggian sekitar 10 meter dan menghadap ke arah lembah di timur. Dari puncak bukit, terlihat pemandangan area persawahan pada lembah dan rangkaian perbukitan.

Fasilitas[sunting | sunting sumber]

Tersedia lahan sempit tempat memarkir sepeda motor pondok dan warung kecil tempat beristirahat di sekitar bukit serta. Tersedia pula jalur panjat tebing yang dapat dimanfaatkan dengan peralatan khusus.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Rusmana, E., Suwitodirdjo, K., dan Suharsono. (1991). Peta Geologi Lembar Serang, Jawa [peta]. 1:100.000. Peta Geologi Bersistem, Jawa, SERANG/1109-6 dan 1110-3. Bandung: Pusat Penelitian dan Pengembangan Geologi.