Taman Olimpiade Kanada

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Taman Olimpiade Kanada
Canada Olympic Park
Taman Olimpiade Kanada pada Musim Panas 2005
Taman Olimpiade Kanada pada Musim Panas 2005
LokasiCalgary, Alberta, Kanada
Koordinat51°04′47″N 114°12′57″W / 51.07972°N 114.21583°W / 51.07972; -114.21583
Ketinggian puncak1.250 m (4.100 ft)
Ketinggian dasar1.130 m (3.710 ft)
Kawasan ski04 km2 (1,5 sq mi)
Jalur3
25% - Mudah
55% - Menengah
20% - Taman Medan
Bentang terpanjang639 m (2.096 ft)
Sistem lift4 chairlifts, 4 magic carpet
Hujan salju114 m (374 ft) /year
Situs webWinSport

Taman Olimpiade Kanada (Inggris: Canada Olympic Park) (COP), sebelumnya dikenal sebagai Bukit Ski Paskapoo, adalah bukit ski dan fasilitas pelatihan dan kompetisi serbaguna yang terletak di Calgary, Alberta, Kanada, dimiliki dan dioperasikan oleh WinSport. Saat ini digunakan baik untuk pelatihan atletik kinerja tinggi dan untuk tujuan rekreasi oleh masyarakat umum. Taman Olimpiade Kanada adalah salah satu tempat untuk Olimpiade Musim Dingin 1988, menjadi tempat utama untuk lompat ski, bobsleigh, dan luge.

Taman ini terletak di Calgary barat, selatan Trans-Canada Highway, utara komunitas Cougar Ridge dan barat Bowness.

Olimpiade Musim Dingin 1988[sunting | sunting sumber]

resor ski adalah salah satu warisan paling terkenal dari Olimpiade Musim Dingin XV yang diadakan di Calgary pada tahun 1988. Itu adalah tempat utama untuk bobsleigh, luge (keduanya di sekarang bobsleigh, luge, dan skeleton track), nordic gabungan, ski jumping, freestyle skiing ( antena dan balet).[1]

Aktivitas dan fasilitas[sunting | sunting sumber]

Di musim dingin, taman ini juga digunakan untuk kegiatan musim dingin termasuk ski lereng bukit, snowboarding, ski lintas alam, ski jumping, [[bobsleigh] ] dan luge. Di musim panas, taman ini digunakan untuk kegiatan cuaca hangat termasuk bersepeda gunung, festival musim panas, pelatihan lompat ski, zip-lining, dan perkemahan musim panas. Taman ini juga memiliki sejumlah fasilitas dalam ruangan yang dioperasikan sepanjang tahun, termasuk arena, pusat kebugaran, dan jalur es dalam ruangan.

Ski dan Snowboarding[sunting | sunting sumber]

Taman Olimpiade Kanada

Taman Olimpiade Kanada adalah tempat yang populer bagi orang-orang yang ingin pergi ski atau snowboarding tanpa berkendara ke pegunungan. Bukit ini dibagi menjadi tiga bagian, bagian balap menurun, bagian santai dan taman medan.

Taman medan memiliki kualitas luar biasa, dan pada tahun 2006, halfpipe telah diperbesar menjadi replika yang tepat dari halfpipe yang digunakan untuk Olimpiade Musim Dingin 2010 di Vancouver. Fitur lain dari taman medan termasuk duri, pegangan, dan meja.

Saat ini ada enam lift yang digunakan secara reguler, dua chairlift kecepatan tinggi empat penumpang yang dapat dilepas, satu quad grip tetap empat orang, dan empat Magic Carpets . Ada juga kursi tunggal yang menyediakan akses ke salah satu lompatan ski yang lebih kecil, dan kursi ganda (yang telah dilepas), yang membawa orang dari area pangkalan ke dekat pangkalan 90  m menara lompat ski.

Membuat salju[sunting | sunting sumber]

Taman Olimpiade Kanada hampir secara eksklusif mengandalkan salju buatan untuk menciptakan medan yang dapat dilalui ski. Salju biasanya dimulai pada awal Desember dan tergantung pada kondisi cuaca biasanya berakhir pada awal Februari. Bukit ini memiliki gudang peralatan pembuat salju termasuk senjata kipas SMI PoleCat otomatis, senjata tongkat 'Mckinney', dan beberapa senjata kipas SMI Highland yang sudah tua. Stasiun pompa onsight menyediakan air dan udara bertekanan tinggi ke hidran yang terletak di sekitar bukit. Saat memompa pada kapasitas taman mengkonsumsi sekitar 850.000 L/jam air.

Fasilitas lompat ski[sunting | sunting sumber]

Fasilitas loncat ski Taman Olimpiade Kanada pada Februari

Winsport juga mengoperasikan fasilitas lompat ski di sisi timur kampus Canada Olympic Park. Fasilitas ini memiliki enam lompatan dengan ukuran mulai dari K4 hingga K95. Dari enam lompatan di taman Olimpiade Kanada, tiga digunakan sepanjang tahun (K18, K38, dan K63). Lompatan K4 dan K89 digunakan secara eksklusif di bulan-bulan musim panas. Lompatan terbesar, K95 tidak lagi digunakan untuk lompat ski dan hanya berfungsi sebagai tempat pesta. Secara kolektif fasilitas ini melihat rata-rata 28.000 lompatan setiap tahun. Sebagian besar adalah di bulan-bulan musim panas. Tempat Ski Jump adalah rumah dari klub Altius Nordic SC.

Sepeda Gunung[sunting | sunting sumber]

Di musim panas Taman Olimpiade Kanada terbuka untuk olahraga bersepeda gunung. Kursi gantung berkecepatan tinggi digunakan dengan rak sepeda di kursi. Ada banyak jalur di sisi barat bukit, lengkap dengan aksi tangga di pantai utara dan jalur tunggal. Pohon-pohon timur hanya berisi jalur biasa, dengan sedikit aksi dan lompatan. COP juga dilengkapi dengan kursus menuruni bukit yang mengadakan kompetisi sepanjang musim panas. Lintasan dirancang untuk semua kemampuan berkendara. Taman Olimpiade Kanada juga memiliki taman lompat tanah yang besar dan taman percobaan. Kamp olahraga musim panas berlangsung sepanjang musim panas dengan kegiatan mulai dari luge hingga lompat ski.

WinSport Arena[sunting | sunting sumber]

Pada tahun 2011, WinSport membuka fasilitas esnya yang menampung empat gelanggang es (international ice size arena tempat duduk 3.000, tiga gelanggang ukuran NHL (arena Joan Snyder, Arena C & arena visitcalgary.com). Arena ini telah digunakan untuk curling, figure skating, power skating (untuk speed skating trek panjang dan pendek), ringette, dan hoki. Selain itu, arena tersebut telah menyelenggarakan konser, pertunjukan, dan olahraga lainnya acara.

Selama musim panas 2013, Hoki Kanada mengadakan kamp orientasi Olimpiade untuk calon atlet NHL Kanada yang menuju Olimpiade Musim Dingin XXII di Sochi. Karena masalah cedera dan sengketa asuransi, sesi latihan dan latihan sepak bola diadakan di luar es dalam format "hoki jalanan/hoki bola".[2]

Markin-MacPhail Center[sunting | sunting sumber]

Pada tahun 2014, WinSport menyelesaikan Markin-MacPhail Centre. Pusat ini dinamai setelah dermawannya Allan Markin dan Keith MacPhail. Pusat kinerja tinggi dirancang sebagai pusat pelatihan bagi atlet Kanada yang telah mencapai tingkat keunggulan provinsi. Pusatnya meliputi arena es, gimnasium, pusat medis untuk perawatan dan pemulihan, dan menara perkantoran yang tempat tinggalnya termasuk Sekolah Olahraga Nasional serta beberapa federasi olahraga nasional.

Aula Ketenaran Olahraga Kanada[sunting | sunting sumber]

Pada 28 Oktober 2008, Calgary terpilih, di antara sembilan kota di Kanada, untuk menjadi tuan rumah permanen Canada's Sports Hall of Fame (CSHOF).[3] Fondasi dan konstruksi fasilitas baru ini diletakkan di atas tanah yang disumbangkan oleh Calgary Olympic Development Association (CODA), sekarang disebut Canadian Winter Sport Institute atau WinSport Kanada. Biaya proyek ini adalah C$50 juta (sekitar C$30 juta digunakan untuk membangun tempat tersebut; C$20 juta lainnya untuk biaya operasional, melalui endowment fund). Dibuka untuk umum pada tanggal 1 Juli 2011, bertepatan dengan perayaan Hari Kanada.[4] Lokasi bekas Museum Olimpiade dan Hall of Fame diubah menjadi tempat pelatihan bagi para atlet, sehingga (OMHoF) menjadi mubazir dan CSHOF satu-satunya olahraga- museum terkait di sana.

Rencana ekspansi[sunting | sunting sumber]

Pada tanggal 11 Juni 2012, anggota dewan Balai Kota memberikan suara menentang proposal jutaan dolar WinSport Canada untuk memiliki beberapa tanah di basis COP yang dibuat menjadi "pusat ritel yang luas" dengan suara 9–5. Namun, WinSport memiliki opsi untuk mengembangkan kembali lahan tersebut menjadi proyek yang lebih kecil, dari waktu ke waktu, yang dapat "berkelanjutan."[5]

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ laporan resmi Olimpiade Musim Dingin 1988. Bagian 1. hlm. 110-27.
  2. ^ /26/canadas-olympic-hockey-hopefuls-play-ball-hockey "Pemohon hoki Olimpiade Kanada bermain hoki bola" Periksa nilai |url= (bantuan). North Bay Nugget. 27 Agustus 2013. 
  3. ^ "CALGARY MENJADI RUMAH BARU BAGI HALL OF FAME OLAHRAGA KANADA". Pers Kanada. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2012-03-30. Diakses tanggal 2012-01-28. 
  4. ^ "Sejarah Kami (Aula Ketenaran Olahraga Kanada)". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2011-12-04. Diakses tanggal 2012-01-28. 
  5. ^ "Dewan membatalkan rencana kotak besar bernilai jutaan dolar di Canada Olympic Park dalam keputusan yang mengejutkan (Penjualan tanah akan mendanai program atletik)". Diakses tanggal 2012-06-11. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]