Taman Nasional Brecon Beacons

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jump to navigation Jump to search
Brecon Beacons National Park (Parc Cenedlaethol
Bannau Brycheiniog
)
Protected Area
Brecon Beacons National Park (1226611).jpg
Sign entering Brecon Beacons National Park
Negara Wales
Council Blaenau Gwent, Carmarthenshire, Merthyr Tydfil, Powys, Rhondda Cynon Taf, Monmouthshire, Torfaen, Caerphilly
Titik tertinggi Pen y Fan
 - elevasi 886 m (2.907 ft)
Area 1.344 km2 (519 sq mi)
National Park of Wales 1957
IUCN category V - Protected Landscape/Seascape
Website: beacons-npa.gov.uk

Taman Nasional Brecon Beacons (bahasa Wales: Parc Cenedlaethol Bannau Brycheiniog) adalah satu dari tiga taman nasional di Wales, dan berada di tengah-tengah bentangan bukit dari Brecon Beacons yang berlokasi di daerah selatan Wales. yang mana mencakup Black Mountain (bahasa Wales: Y Mynydd Du) di barat, Fforest Fawr (Great Forest) dan Brecon Beacons di tengah dan Black Mountains (bahasa Wales: Y Mynyddoedd Duon) di selatan.

Deskripsi[sunting | sunting sumber]

A trig point at Twyn y Gaer, Mynydd Illtud, near the Brecon Beacons Mountain Centre
Sgwd yr Eira, on the Afon Hepste near Ystradfellte

Taman Nasional Brecon Beacons dibangun pada tahun 1957, taman nasional ke-tiga setelah Taman Nasional Snowdonia di tahun 1951 dan Taman Nasional Pembrokeshire Coast in 1952. Taman Nasional ini terbentang dari Llandeilo di sebelah barat, Hay-on-Wye di timur laut dan Pontypool di tenggara, mencakup 519 square miles (1.340 km2) 519 mil persegi (1.340 km²) dan melingkupi empat daerah utama– Black Mountain di barat, Fforest Fawr dan Brecon Beacons di tengah, dan Black Mountains yang memiliki nama yang sama di timur. Separuh daerah baratnya memperoleh Benua Eropa dan status Global pada tahun 2005[1] sebagai Taman Bumi Fforest Fawr . Hal tersebut mencakup Black Mountain, daerah bersejarah dari Fforest Fawr, dan banyak bagian dari Brecon Beacons dan dataran rendah disekelilingnya. Keseluruhan Taman Nasional ini memperoleh status sebagai sebuah International Dark Sky Reserve padan bulan Februari 2013.[2]

Kebanyakan dari bagian Taman Nasional ini berbentuk tanah tandus berumput yang dihuni oleh Poni Gunung Welsh dan Domba Gunung Welsh, dengan perkebunan hutan yang tersebar, dan padang rumput di lembah-lembah. Taman ini terkenal dengan reservoir-nya yang terletak jauh dan terpencil, air terjun yang juga termasuk Henrhyd Waterfall yang memiliki ketinggian 27 meter dan air terjun di Ystradfellte, dan juga kumpulan goa-goanya, seperti Ogof Ffynnon Ddu. Pusat Gunung Brecon Beacons dibuka untuk umum pada tahun 1966 untuk membantu pengunjung mengerti dan menikmati taman ini.

Karena letaknya yang relatif jauh dan cuaca ekstrim pada sebagian dataran tingginya, Taman ini seringkali dipakai untuk pelatihan militer. Pasukan Khusus Inggris, termasuk SAS dan SBS mengadakan latihan seleksi yang keras disini, seperti salah satunya berupa pelatihan yang disebut Fan dance. Resimen infantri dari Angkatan Bersenjata British Army berlatih di Sennybridge, dimana seleksi NCO berlangsung.

Pada tahun 2006 dan 2007, Pemerintah mengambil keputusan yang penuh kontroversi untuk membangun Jalur Pipa Gas Wales Selatan yang melewati taman tersebut, Otoritas Taman Nasional menyebut keputusan tersebut adalah sebuah “pukulan besar”.[3]

Local government[sunting | sunting sumber]

Otoritas Taman Nasional Brecon Beacons adalah sebuah otoritas lokal yang memiliki wewenang khusus yang mengimplementasikan fungsi perencanaan diseluruh area yang dicakup oleh taman nasional ini. Taman ini membentang melintasi bagian selatan dari Powys, Bagian barat laut dari Monmouthshire dan sebagian dari bagian timur Carmarthenshire. Dan juga termasuk bagian paling utara dari daerah kesatuan otoritas yang berpusat di komunitas koalisi di bagian selatan dan juga mencakup wilayah dari Neath Port Talbot, Rhondda Cynon Taf, Merthyr Tydfil dan Blaenau Gwent bersama dengan bagian kecil dari Caerphilly dan Torfaen.

Banyak dewan kota dan komunitas yang berwenang didalam area tersebut dan termasuk juga Brecon dan Hay on Wye (dewan kota) dan Cefn Coed; Llanfihangel Cwmdu bersama dengan Bwlch dan Cathedine; Llangattock; Llangors; Llanthony; Llywel; Pontsticill, Pontsarn dan Vaynor; Talybont-on-Usk; Trallong; Trecastle dan Ystradfellte (seluruh dewan komunitas).

Activities[sunting | sunting sumber]

Aktifitas outdoor didalam taman adalah trekking, bersepeda, trek sepeda gunung, berkuda, termasuk juga berlayar, selancar angin, kano dan memancing, panjat tebing, hang-gliding, caravanning, kemping dan caving. Sebuah rute bersepeda jarak jauh yang disebut Taff Trail, melintasi Taman Beacons mulai dari Brecon to Cardiff, dan pada tahun 2005 jalur pejalan kaki pertama yang dapat menembus seluruh panjangnya Taman Nasional Brecon Beacons National dibuka. Jalur yang berjarak 100-mile (161 km), yang diberi nama Beacons Way, dimulai dari Abergavenny via Ysgyryd Fawr disebelah timur dan berakhir di desa Llangadog in Carmarthenshire disebelah barat.

180° panoramic view of dinosaur park in the Brecon Beacons National Park.

Brecon Mountain Railway[sunting | sunting sumber]

Sebuah jalur kereta dengan kereta sepur sempit melintasi Jalur Kereta Brecon Mountain.

Referensi[sunting | sunting sumber]

External links[sunting | sunting sumber]