Taman Danau Longtan

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Taman Danau Longtan
Taman Danau Longtan
Taman Danau Longtan di central Beijing
Taman Danau Longtan
Taman Danau Longtan
Taman Danau Longtan di Tiongkok
Taman Danau Longtan
Taman Danau Longtan
JenisTaman kota
LokasiBeijing, Republik Rakyat Tiongkok
Area120 hektare
Dibuat1952
StatusSetiap hari

Taman Danau Longtan (Hanzi: 龍潭湖公園; Pinyin: Lóngtánhú Gōngyuán; harfiah: 'taman publik danau kolam naga') merupakan taman kota rekreasi yang terletak di Distrik Dongcheng (sebelumnya termasuk kawasan Distrik Chongwen), Beijing, di sebelah timur Kuil Langit. Taman ini adalah salah satu taman modern terbesar yang ada di dalam Jalan lingkar ke-2 Beijing. Terdapat juga pasar burung yang besar di dalam taman ini.[1] Danau Longtan berada di tengah taman yang dilengkapi dengan banyak jembatan bulan, taman batu, perahu naga, rumah teh dan restoran.[2]

Bentang alam utama di taman ini adalah Danau "Longtan" yang artinya "Kolam Naga". Danau ini dulunya merupakan gua besar buatan pada masa Kaisar Jiajing dari Dinasti Ming, ketika orang-orang di Beijing menggali tanah dan lumpur untuk membuat batu bata yang akan digunakan untuk membangun tembok kota Beijing luar. Setelah itu, gua tersebut dijadikan sebagai daerah drainase kota Beijing lama sehingga menjadi danau air limbah.

Pada 1952, pemerintah Beijing memutuskan untuk menyelesaikan masalah lingkungan yang disebabkan oleh air limbah di danau ini. Air limbah dari danau kemudian disedot keluar dan dibuang, setelah itu mengundang Liang Sicheng, seorang arsitek dan perancang lanskap terkenal, untuk mendesain ulang daerah ini menjadi taman publik. Air limbah diganti dengan air tawar untuk membuat danau baru yang indah. Beberapa tempat wisata lainnya juga terletak di taman ini, seperti kuil yang didedikasikan untuk Yuan Chonghuan, koleksi batu prasasti, serangkaian bukit, air terjun dan "Taman Naga Tiongkok".

Citra satelit Taman Longtan, 20 September 1967.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ LongTan Park Diarsipkan 2008-09-05 di Wayback Machine. - Chinatravel guide
  2. ^ LongTan Dragon Park Diarsipkan 2008-07-25 di Wayback Machine. - Beijing Guide 2008