Taman Bacaan Masyarakat Lentera Pustaka

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Taman Bacaan Masyarakat Lentera Pustaka
Pendidikan, gerakan sosial
Industri
Didirikan5 November 2017; 6 tahun lalu (2017-11-05) di Desa Sukaluyu, Kecamatan Tamansari, Kabupaten Bogor
PendiriSyarifudin Yunus
Kantor
pusat
,
Wilayah operasi
Seluruh Kecamatan Tamansari
Tokoh
kunci
Karyawan
5 (2021)
Situs webTaman Baca

Taman Baca Masyarakat (TBM) Lentera ilmu adalah sebuah gerakan sosial masyarakat yang dipunggawai oleh Syarifudin Yunus di Desa Sukaluyu, Kecamatan Tamansari, Kabupaten Bogor. Kegiatan ini, bertujuan pada pengembangan minat baca (literasi) dan pemberdayaan masyarakat kampung, di samping untuk menekan anka putus sekolah anak-anak. Saat ini, TBM Lentera Pustaka menjalankan 12 program[1] yang dikerjakan secara bergantian setiap minggunya.

TBM Lentera Pustaka didirikan tanggal 5 November 2017 dan diresmikan oleh pemerintah setempat.[2] Awal perjalanan TBM Lentera Pustaka bermula dari kampung kecil di kaki Gunung Salak yang sebagian besar warganya memilih untuk tidak sekolah tinggi. Hal tersebut dipicu karena tingkat ekonomi masyarakatnya tergolong prasejahtera, 72% mata pencahariannya tidak tetap umumnya perkebunan. Akibatnya, pola pikir masyarakat tidak mempedulikan sekolah.

Setelah berkiprah di dunia taman bacaan, akhirnya TBM Lentera ilmu menjadi salah satu influence bagi taman baca yang lain.[3] Banyak orang menyebut bahwa TBM Lentera Ilmu adalah taman bacaan yang dikenal kreatif dan menjadikan taman bacaan sebagai wisata literasi,[4] kampung literasi, penggagas literasi di kawasan Kaki Gunung Salak. Tidak sedikit juga kegiatan TBM Lentera Ilmu menjadi dilirik oleh banyak media nasional[5] dan terpilih menjadi TBM Sahabat Negeri.[6] serta terpilih menjadi satu-satunya TBM di Bogor yang terpilih sebagai penyelenggara program Kampung Literasi dari Direktorat PMPK dan Forum TBM Berbekal TBM Edutainment sebagai model pengembangan taman bacaan, TBM Lentera Ilmu berkomitmen menjadikan kegiatan membaca buku sebagai kegiatan yang asyik dan menyenangkan. Hal ini bisa jadi contoh untuk orang banyak terutama yang berniat membangun Taman Baca.

Taman Bacaan Lentera Pustaka meresmikan website majalah taman baca pada tanggal 13 Oktokber 2021. Website tersebut dibuat oleh Mister Babeh Chelsea dengan tujuan untuk mendorong kegiatan literasi agar menjadi contoh perbuatan baik di masa mendatang.[7]

Program[sunting | sunting sumber]

Program TBM Lentera Pustaka terdiri dari[sunting | sunting sumber]

  1. TABA atau singkatan dari TAman BAcaan, Merupakan Program dengan aktivitas kegiatan tersebut adalah membaca seminggu 3 kali. Untuk Program TaBa, TBM Lentera Pustaka memiliki anggota 170 anak sebagai pembaca aktif untuk usia masih sekolah yang berasal dari 3 Desa. Desa yang termasuk adalah Desa Sukaluyu, Desa Tamansari, dan Desa Sukajaya. Program ini sangat terkenal dengan gaya membaca di Alam.[8]
  2. GEBERBURA atau singkatan dari GErakan BERantas BUta aksaRA, Merupakan Program dengan aktivitas kegiatan tersebut adalah Memberantas buta huruf yang pada era digital ternyata masih ada. Untuk Peserta GeBerBura ada 9 warga belajar buta huruf [9] yang terdiri dari ibu-ibu. Peserta GeBerBura selalu belajar dengan rutin Seminggu 2 kali.
  3. YABI atau singkatan dari YAtim BInaan, Merupakan Program dengan aktivitas kegiatan tersebut adalah menyantuni 16 anak yatim binaan sebulan sekali. Mereka juga diajarkan mengaji untuk memastikan mereka tetap sekolah. TBM Lentera Pustaka juga memberikan santunan bulanan atau beasiswa.
  4. JOMBI atau singkatan dari JOMpo BInaan, Merupakan Program dengan aktivitas kegiatan tersebut adalah menyantuni 7 jompo atau lansia sebulan sekali di sekitar area TBM Lentera Pustaka.
  5. KOPERASI LENTERA, kegiatan koeprasi simpan pinjam yang diikuti oleh 33 ibu-ibu sebagai upaya untuk menghindari mereka dari rentenir dan menjauhkan warga dari beban hutan berbunga tinggi.
  6. DONBUK atau singkatan dari DONasi BUKu, Merupakan Program dengan aktivitas kegiatan tersebut adalah menerima dan menyalurkan buku dari orang-orang baik yang berdonasi dan peduli tentang taman bacaan.
  7. KEPRA atau singkatan dari Kelas Prasekolah, Merupakan Program dengan aktivitas kegiatan tersebut adalah kegiatan belajar CALISTUNG (Membaca,Menulis dan Berhitung) anak usia balita/PAUD yang diikuti sebanyak 11 anak seminggu 2 kali.
  8. TBM Ramah Difabel, yang saat ini ada 3 anak difabel (ABK, Hidrosefalus) untuk sosialisasi dan diterima oleh teman-teman sebaya.
  9. RABU atau singkatan dari RAjin menaBUng, Merupakan Program dengan aktivitas kegiatan tersebut adalah Literasi Finansial. Hal tersebut mengajarkan anak-anak untuk menabung setiap minggu dalam bentuk celengan. Agar mereka bisa menggapai bangku pendidikan yang lebih tinggi di masa depan.
  10. LitDig atau singkatan dari LITerasi DIGital, Merupakan Program dengan aktivitas kegiatan tersebut adalah kegiatan belajar Komputer dan Memperkenalkan dengan Internet sehat. Hal ini berlangsung selama seminggu sekali untuk anak-anak pembaca aktif.
  11. LITFIN atau singkatan LITerasi FINansial sebagai sarana edukasi pengelolaan keuangan anak-anak dan bijak memperlakukan uang sejak dini.
  12. LIDAB atau singkatan LIterasi ADAb untuk mengajarkan adab ke anak-anak seperti memberi salam, mencium tangan, berkata-kata santun, dan budaya antre.

Catatan kaki[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Jalankan 9 Program, TBM Lentera Pustaka di Kaki Gunung Salak Menuju Kampung Literasi". Bogor-Kita. 22 Juni 2021. Diakses tanggal 22 Juni 2021. 
  2. ^ Kelana, Irwan (6 November 2017). "Dorong Budaya Literasi, TBM Lentera Pustaka Diresmikan". Republika. Diakses tanggal 6 November 2017. 
  3. ^ "TBM Lentera Pustaka Gagas Zona Baca Hijau 1.000 Tanaman Polybag". Forum Taman Baca Masyarakat. 4 Agustus 2018. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2021-05-14. Diakses tanggal 4 Agustus 2018. 
  4. ^ "TBM Lentera Pustaka Gagas Wisata Literasi di Kaki Gunung Salak", Blog Seger, diakses tanggal 24 Mei 2023 
  5. ^ "VIDEO: Taman Baca Memotivasi Masyarakat untuk Membaca". CNN Indonesia. 8 Agustus 2020. Diakses tanggal 8 Agustus 2020. 
  6. ^ "TBM Lentera Pustaka Bogor Terpilih Program "TBM Sahabat Negeri"". Bogor Kita. 24 Februari 2021. Diakses tanggal 24 Februari 2021. 
  7. ^ Kelana, Irwan (14 Oktober 2021). "TBM Lentera Pustaka Bogor Luncurkan Website". Republika. Diakses tanggal 14 Oktober 2021. 
  8. ^ "TBM Lentera Pustaka di Bogor Ajarkan Praktik Baik Membaca di Alam". Pakuan Pos. 31 Agustus 2020. Diakses tanggal 31 Agustus 2020. 
  9. ^ "Kisah Bu Eui; Tolong ajari saya baca". Kabarin. Diakses tanggal 24 Mei 2023. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Tonight Show Net TV - Semangat Berantas Buta Aksara Ibu-ibu Kurang Beruntung

CNN TV - Taman Baca Memotivasi Masyarakat untuk Membaca

DAAI TV - Taman Baca Mulai Aktif : Upaca Menjaga Minat Baca Anak

TV Parlemen - GERAKAN LITERASI NASIONAL

DAAI TV - Semangat Entaskan Buta Aksara GEBERBURA

DAAI TV - Talkshow Halo Indonesia | Kegiatan Literasi Yang Menyenangkan (1)

DAAI TV - Cara Ampuh Berantas Buta Huruf

DAAI TV - Talk Show Halo Indonesia - Semangat Entaskan Buta Aksara