Takur bultok

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Burung Takur Bultok
Takur-bultok IT.jpg
Klasifikasi ilmiah
Kerajaan: Animalia
Filum: Chordata
Kelas: Aves
Ordo: Piciformes
Famili: Megalaimidae
Genus: Megalaimidae
Spesies: O. americanus
Subspesies: M. lineata
Nama binomial
Megalaima lineata

Burung Takur Bultok (megalaima lineata) dalam bahasa Inggris disebut Lineated Barbet dan dalam bahasa Melayu Takor Kukup.

Deskripsi[sunting | sunting sumber]

Tubuh Berukuran Burung Takur Bultok agak besar (29 cm), kepala pucat, bercoret, burung ini berbulu utama umumnya hijau, kecuali kepala dan leher cokiat kekuningan pucat serta cretan putih khas pada kepala dan tubuh bagian bawah putih. Dengan iris kuning tua, burung berparuh merah jambu pucat ini memiliki kaki warna kuning.

Suara burung takur bultok bernada rendah, deringan tidak tetap: “bul-tok … bul-tok”, dalam interval sekitar satu detik. Juga suara keras “kuerr, kuerr” dan “suara menghitung” yang jarang berupa getaran panjang yang diikuti serangkaian empat getaran nada.

Persebaran[sunting | sunting sumber]

Penyebaran global di Himalaya barat, Asia tenggara,Jawa, dan Bali, burung takur bultok umumnya terdapat di hutan terbuka, pinggir hutan, dan hutan sekunder di daerah yang terpencil.

Meski secara umum mirip takur lain, burung ini lebih umum terlihat di habitat hutan yang relatif lebat kering dan terbuka serta di hutan-hutan di pesisir.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  • BirdLife International (2004). Megalaima lineata. 2006. IUCN Red List of Threatened Species. IUCN 2006. www.iucnredlist.org

Galeri[sunting | sunting sumber]