Tabung pneumatik

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Sistem tabung pneumatik di Washington, D.C. 1943

Tabung pneumatik adalah sistem yang mendorong wadah silinder melalui jaringan tabung dengan kompresor atau dengan vakum parsial.[1] Mereka digunakan untuk mengangkut benda padat, tidak seperti pipa konvensional, yang mengangkut cairan. Jaringan tabung pneumatik mendapat penerimaan di akhir abad ke-19 dan awal ke-20 untuk kantor-kantor yang perlu mengangkut paket-paket kecil yang mendesak (seperti surat, dokumen, atau uang) dalam jarak yang relatif pendek (di dalam gedung atau, paling banyak, di dalam kota). Beberapa instalasi tumbuh menjadi sangat rumit, tetapi sebagian besar digantikan. Dalam beberapa pengaturan, seperti rumah sakit, mereka tetap tersebar luas dan telah diperluas dan dikembangkan lebih lanjut pada abad ke-21.[2]

Sejumlah kecil sistem transportasi pneumatik juga dibangun untuk kargo yang lebih besar, untuk bersaing dengan sistem kereta api dan kereta bawah tanah yang lebih standar. Namun, ini tidak pernah mendapatkan popularitas.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Animation of Pneumatic tube". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2019-01-20. Diakses tanggal 2020-05-09. 
  2. ^ "Gone with the wind: Tubes are whisking samples across hospital". Stanford School of Medicine. 2010-01-11. Diakses tanggal 12 Februari 2010. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]