Symphyotrichum ericoides

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Symphyotrichum ericoides
Klasifikasi ilmiah
Kerajaan:
Divisi:
Ordo:
Famili:
Genus:
Spesies:
Symphyotrichum ericoides

Symphyotrichum ericoides (bahasa Inggris: heath aster atau white heath aster) adalah terna sejati (perennial herb) dan termasuk ke dalam keluarga Asteraceae. Tumbuhan ini memiliki bunga putih (ada yang berwarna merah muda atau biru) dengan pusat kuning, yang mulai berbunga di akhir musim panas dan bertahan hingga musim gugur.[1] Tumbuhan ini dapat tumbuh di berbagai jenis tanah, termasuk tanah kering. Dalam perkembangannya, tumbuhan ini membutuhkan pengairan yang baik di bawah sinar matahari penuh.[2] Tumbuhan ini berasal dari Amerika Timur dan menyebar ke Eropa dan Asia bagian timur, juga dapat ditemukan di Indonesia. Salah satu tempat persebarannya adalah Gunung Prau.[3]

S. ericoides digunakan untuk mengembalikan kesadaran orang yang pingsan atau dalam pemandian uap.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Symphyotrichum ericoides - Plant Finder". www.missouribotanicalgarden.org. Diakses tanggal 2021-09-26. 
  2. ^ "Lady Bird Johnson Wildflower Center - The University of Texas at Austin". www.wildflower.org. Diakses tanggal 2021-09-26. 
  3. ^ Lianah, Lianah; Kusumarini, Niken; Rochmah, Fitriana; Orsida, Fadla; Mukhlisi, Mukhlisi; Ahmad, Milya Ulfa; Nadhifah, Ainun (2021-06-01). "Bryophyte Diversity in Mount Prau, Blumah Village, Central Java". Jurnal Biodjati. 6 (1): 23–35. doi:10.15575/biodjati.v6i1.11693. ISSN 2548-1606.