Susur ngarai

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Susur ngarai adalah jenis pendakian gunung yang melibatkan perjalanan di ngarai menggunakan berbagai teknik yang dapat mencakup kegiatan mancakrida lainnya seperti berjalan , panjat cengkeram, pendakian , melompat , turun tebing dan berenang .

Susur ngarai di Gitgit, Bali, Indonesia

Susur ngarai biasanya dilakukan dalam pengendalian kecil dan kasar dan seringnya membutuhkan navigasi, pencarian rute, dan keterampilan perjalanan alam liar lainnya.

Ngarai yang ideal untuk kegiaran susur ngarai seringnya adalah ngarai yang rutenya terbuat dari batu batuan dasar, ngarai sempit dengan banyak batuan tetes, dinding yang terpahat alami indah, dan terkadang air terjun yang menakjubkan. Sebagian besar ngarai terbentuk dari gamping , batu pasir, granit, atau basal meskipun jenis batuan lain juga dapat ditemui. Susur ngarai bisa sangat mudah atau sangat sulit, meskipun penekanan dalam olahraga biasanya pada estetika dan kesenangan daripada kesulitan murni. Berbagai macam rute susur ngarai ditemukan di seluruh dunia, dan susur ngarai dinikmati oleh orang-orang dari segala usia dan tingkat keahlian.

Perlengkapan susur ngarai termasuk perangkat keras panjat, tali statis atau semi-statis, helm, pakaian air, dan sepatu, ransel, dan tas tali yang dirancang khusus. Sementara susur ngarai telah menggunakan dan mengadaptasi peralatan panjat, kelana alam, dan arung jeram selama bertahun-tahun, semakin banyak peralatan khusus yang ditemukan dan diproduksi seiring dengan meningkatnya popularitas susur ngarai.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Templat:Climbing navbox Templat:Extreme sports