Sushun

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

Sushun (Hanzi: 肃顺; Hanzi tradisional: 肅順; Hanzi: Sùshùn); Yuting (Hanzi: 雨亭; Pinyin: Yǔtíng) (26 November 1816– 1861) lahir di klan Aisin-Gioro Manchu sebagai putra ke-6 Wurgongga (乌尔恭阿), Pangeran Zheng.

Meskipun Sushun lahir dalam kehidupan bangsawan, besarnya keluarganya berarti ia menerima sedikit perhatian selama masa kecilnya. Ia menjadi jendral pada tahun-tahun terakhir era kekuasaan Kaisar Daoguang. Dengan kematian Wenqing, salah satu penasehat terdekat Kaisar Xianfeng, Sushun menjadi lebih sering diminta konsultasi oleh kaisar dalam berbagai hal.

Dengan kematian Kaisar Xianfeng tahun 1861, Sushun, Duanhua, dan Zaiyuan, bersama dengan 5 orang penting lainnya di istana Qing, terpilih sebagai regent untuk mengurus masalah administratif selama era kekuasaan Kaisar Tongzhi. Namun, tanpa memperoleh cap dari ibusuri, Regent tidak dapat melakukan kebijakan penting, yang menyebabkan masalah politik di istana. Pada November 1861, saudara kaisar yang telah meninggal Pangeran Gong dan kedua ibusuri, Ci'an dan Cixi, melakukan kudeta. Sushun dan teman-temannya dipancung tahun 1861 dengan alasan pengkhianatan.

Referensi[sunting | sunting sumber]