Susan Bones

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Susan Bones adalah tokoh fiksi dalam novel seri Harry Potter karya J.K. Rowling. Ia kerap kali digambarkan berambut cokelat jahe yang dikepang panjang. Ia merupakan murid kedua dari seluruh murid yang diseleksi melalui Topi Seleksi, setelah Hannah Abbott. Tetapi dalam film, ia merupakan orang ketiga yang diseleksi melalui Topi Seleksi setelah Hermione Granger dan Draco Malfoy. Dalam buku, ia jarang dimunculkan oleh J.K. Rowling. Tetapi dalam film Harry Potter and the Sorcerer's Stone, Harry Potter and the Chamber of Secrets, Harry Potter and the Order of the Phoenix, dan Harry Potter and the Deathly Hallows - Bagian 2, penonton dapat melihat Susan Bones secara sekilas.

Susan Bones
Penampilan
perdana
Harry Potter and the Sorcerer's Stone
Penampilan
terakhir
Harry Potter and the Deathly Hallows - Bagian 2
PemeranEleanor Columbus

Saskia Vaigncourt-Strallen

Emma Jayne-Corboz
Informasi
JulukanSusan
SpesiesHuman
Jenis kelaminPerempuan
AfiliasiHufflepuff
KeluargaBones

Susan berada pada tahun yang sama dengan Harry, tetapi ditempatkan di Asrama Hufflepuff. Bisa diperkirakan ia berteman dengan Hannah Abbott, Ernie Macmillan, Justin Finch-Fletchley, Zacharias Smith, dan Leanne, mengingat mereka adalah teman satu angkatan yang berada di asrama Hufflepuff. Ia tidak banyak berperan dari buku pertama hingga buku keempat. Tidak diketahui apakah Susan Bones juga ikut mempercayai Hannah dan Ernie bahwa Harry Potter adalah keturunan Slytherin pada buku dan film kedua. Tidak diketahui pula apakah Susan Bones juga mengenakan lencana "Dukunglah Cedric Diggory" dan "Potter bau" yang pada mulanya anak-anak Hufflepuff percaya Harry sengaja ingin berbuat curang dengan menjadi juara Hogwarts di Turnamen Triwizard (bersama Cedric Diggory) pada buku dan film keempat. Kemungkinan besar Susan awalnya menuduh Harry berbuat curang bersama anak-anak Hufflepuff lainnya, seperti Hannah, Ernie, dan Justin.

Pada tahun kelima, Susan dan teman-teman Hufflepuff yang satu angkatan dengannya, bergabung dalam organisasi yang dibentuk Harry Potter, Ron Weasley, dan Hermione Granger, yaitu Laskar Dumbledore. Susan adalah salah satu di antara seluruh anggota Laskar Dumbledore yang bertanya pada Harry apakah ia bisa menghasilkan sihir patronus pada pertemuan pertamanya di Hog's Head Inn. Dari situ, Susan juga berkata di depan seluruh anggota Laskar Dumbledore bahwa ia adalah keponakan Amelia Bones, Ketua Departemen Penyelenggaraan Sihir Hukum yang setia dan bijaksana. Tetapi, hal itu hanya bisa ditemukan dalam buku. Di film, Susan tidak muncul sampai Harry membantu Susan ketika latihan Pertahanan Terhadap Ilmu Hitam. Pada tahun kelimanya, Susan berkata kepada Harry bahwa Harry sangat kuat bisa bertahan hidup dengan banyaknya masalah yang menimpanya dan kehilangan kedua orangtuanya, James dan Lily Potter. Sedangkan Susan terkadang masih sangat sedih dan menyesal, bahkan tidak kuat melihat kepedihan hidupnya, mengingat seluruh keluarga Bones terbunuh oleh Lord Voldemort pada Perang Pertama Sihir yang kini hanya menyisakan bibinya, Amelia Bones dan dirinya sendiri. Adegan ini hanya dapat ditemukan dalam buku kelima, tidak pada film kelima.

Pada tahun keenamnya, bibi Susan Bones, Amelia Bones, terbunuh oleh Lord Voldemort pada tahun 1996. Susan benar-benar kehilangan bibinya. Pada tahun keenamnya pula, ia secara tak sengaja mengalami Splinching, yaitu kondisi ketika beberapa bagian tubuh terlepas karena kesalahan Apparition. Selanjutnya, pada tahun ketujuh, tak dijelaskan oleh J.K. Rowling apakah Susan selamat pada Pertempuran Hogwarts, tetapi yang jelas ia ikut bertempur melawan Lord Voldemort dan Pelahap Maut sebagai tanda setianya pada Harry Potter dan Laskar Dumbledore.

Di film Harry Potter and the Sorcerer's Stone dan Harry Potter and the Chamber of Secrets, Susan Bones diperankan oleh Eleanor Columbus, anak dari sutradara film pertama dan kedua Harry Potter, Chris Columbus. Di kedua film itu, Susan Bones terlihat duduk di sebelah Hermione Granger pada kelas Pertahanan Terhadap Ilmu Hitam yang diajar oleh Gilderoy Lockhart, klub duel, dan juga terlihat dalam kelas Herbologi yang diajar oleh Pomona Sprout. Di film Harry Potter and the Order of the Phoenix, Susan Bones diperankan oleh Saskia Vaigncourt-Strallen yang memiliki peran kecil, yaitu ketika ia dibantu Harry Potter dalam latihan sihir di Ruang Kebutuhan. Di film terakhir, Harry Potter and the Deathly Hallows - Bagian 2, karakter Susan Bones diperankan oleh Emma Jayne-Corboz yang juga memiliki peran kecil, yaitu berdiri di belakang Cho Chang dan Luna Lovegood ketika Harry, Ron, dan Hermione kembali ke Hogwarts. Kehidupan Susan Bones setelah Battle of Hogwarts tidak diketahui.