Surodadi, Sayung, Demak

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Surodadi
Negara Indonesia
ProvinsiJawa Tengah
KabupatenDemak
KecamatanSayung
Kodepos
59563
Kode Kemendagri33.21.04.2017 Edit the value on Wikidata
Luas30000 HA
Jumlah penduduk1500 jiwa
Kepadatan25%

Surodadi adalah desa di kecamatan Sayung, Demak, Jawa Tengah, Indonesia.

Desa ini merupakan daerah percontohan penghijauan pantai terbaik di indonesia, sebagaian besar wilayahnya berupa tambak, sawah dan pemukiman penduduk yang sangat asri. Namun kurangnya perhatian pemerintah dalam menangani daerah pantai mengancam tambak yang ada habis terkena erosi air laut

Tokoh Desa surodadi dan disiplin ilmunya

Pendidikan merupakan program utama desa ini untuk dapat berkiprah di era globalaisasi dewasa ini.

Organisasi pemuda di desa ini berupa karang taruna remaja AKAR'S merupakan bentuk kegotongroyongan dan kebersamaan warga.

Wilayah Desa surodadi terbagi menjadi 5 dusun yaitu Gandong, Deling, Baru, Surodadi, Tegal Rejo

Sepuluh tahun terakhir ini,Desa Surodadi mengalami perubahan fisik secara signifikan yang dikarenakan abrasi air laut yang menyebabkan banyak pemukiman warga,masjid,madrasah dan sekolah dasar yg terendam air pasang.

Penanganan banjir rob di kelurahan surodadi belum mendapat tindakan dari pemerintah kabupaten, propinsi ataupun pusat.selama ini hanya mengandalkan dana desa yang tentu saja sangat kurang memadai.

Kesengsaraan karna air pasang laut yang tidak dikategorikan sebagai bencana ini juga dirasakan hampir di seluruh kelurahan kawasan pantai utara kabupaten Demak.

Upaya pemerintah desa untuk memajukan pendapatan dan kemajuan desa juga telah banyak dilakukan, termasuk membuka kawasan wisata pantai Desa Surodadi.