Suq

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Suq di Amman

Suq atau souq atau souk (bahasa Arab: سوق‎, Ibrani: שוק shuq, bahasa Armenia: շուկա shuka, bahasa Spanyol: zoco, juga dieja shuk, shooq, soq, esouk, succ, suk, sooq, suq, soek) adalah pasar atau kawasan komersial di Asia Barat, Afrika Utara, dan beberapa kota di kawasan Tanduk Afrika (Amhar: ሱቅ sooq?).[1][2] Banyak istilah alternatif untuk suq di berbagai belahan dunia seperti di Balkan: bedesten, di Malta: monti dan di Maroko utara: socco dari bahasa Spanyol. Istilah yang setara dalam bahasa Persia adalah "bazar". Secara umum suq bersinonim dengan pasar atau bazar dan istilah suq digunakan di negara-negara berbahasa Arab.

Bukti keberadaan suq berasal dari abad ke-6 SM. Awalnya suq berada di luar tembok kota, tetapi karena kota menjadi semakin padat, suq dipindahkan ke pusat kota dan menjadi sebuah gang yang tertutup. Analisis terperinci mengenai evolusi suq masih sedikit karena kurangnya bukti arkeologis.

Pada abad ke-18 dan ke-19, karena tingginya minat Barat terhadap budaya "Oriental" menyebabkan banyak buku yang mempublikasikan tentang kehidupan sehari-hari di negara-negara Timur Tengah. Suq, bazar, dan ornamen-ornamen perdagangan yang laku keras dalam bentuk lukisan dan ukiran, karya fiksi serta karya tulis perjalanan. Berbelanja di suq atau bazar adalah bagian dari kehidupan sehari-hari di seluruh Timur Tengah.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Aleppo.us: Old souqs of Aleppo (in Arabic)". 
  2. ^ "Mahane Yehuda website". Diakses tanggal September 6, 2012.