Sup selada

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas


Sup selada mentega dengan potongan daging

Sup selada adalah sup yang dibuat dari selada sebagai bahan utamanya. Sup ini dapat dibuat dengan berbagai jenis selada dan bahan-bahan lainnya, dan beberapa di antaranya dapat menggunakan beberapa kultivar selada dalam bahan komposisinya. Sup ini adalah bagian dari masakan Prancis dan masakan Tionghoa. Krim sup selada merupakan jenis sup selada yang dibuat dengan menggunakan susu atau krim. Sup dapat disajikan dengan roti panggang atau roti sebagai lauk atau dengan sup di atas roti tersebut. Sup dapat disajikan sebagai hidangan pembuka, sebagai lauk atau sebagai hidangan utama, dan dapat disajikan dalam keadaan panas atau dingin.

Persiapan[sunting | sunting sumber]

Selada merupakan bahan utama sup ini. Beberapa jenis selada dapat digunakan, seperti selada mentega, selada cos, selada Boston, selada romaine, daun selada hijau dan selada gunung es. Selada dapat dicincang, dirobek, diparut atau diiris menjadi bentuk tipis seperti pita. Bahan-bahan tambahan dapat dimasukkan, tetapi tidak terbatas pada kaldu ayam, kaldu sapi, krim, susu, anggur, jus lemon, telur atau kuning telur, daging, beras, kentang, sayuran hijau, cokelat kemerah-merahan, selada air, lobak Swiss, escarole, kacang polong, peterseli kering, remah-remah roti, bawang, bawang merah, bawang putih, garam dan merica. Sup selada kadang-kadang disajikan dengan roti panggang atau roti, baik sebagai lauk atau dengan sup dituangkan di atasnya. Kadang-kadang crouton atau daging cincang digunakan dalam hidangan atau untuk hiasan. Di Prancis, sup selada biasanya disajikan dituangkan di atas irisan tipis ringan panggang roti Prancis. Beberapa jenis sup disajikan dalam keadaan dingin. Total kalori dapat bervariasi tergantung pada bahan yang digunakan. Misalnya, versi yang menggunakan susu mungkin memiliki lebih sedikit kalori daripada sup yang menggunakan krim.

Hidangan[sunting | sunting sumber]

Sup versi Tionghoa termasuk di dalamnya adalah hidangan Kanton, seperti ayam cincang dengan sup selada dan ikan dengan sup daun selada.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]