Sunsweet Growers

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Sunsweet Growers, Inc.
Koperasi Pemasaran Pertanian
Didirikan1917
Kantor
pusat
ProdukPrune, jus prune, buah kering
Situs webwww.sunsweet.com Sunting ini di Wikidata

Sunsweet Growers Incorporated adalah koperasi pemasaran produk pertanian yang didirikan pada 1917 sebagai bagian dari Asosiasi Petani Plum dan Aprikot California (California Prune and Apricot Growers Association). Sunsweet memiliki kantor pusat yang terletak di Kota Yuba, California, Amerika Serikat dan perusahaan ini mengoperasikan pabrik buah kering terbesar di dunia.[1]

Produk[sunting | sunting sumber]

Sunsweet menghasilkan beragam produk buah kering dan jus, walaupun yang paling terkenal adalah produk dari buah plum. Perusahaan memproduksi dan mendistribusikan buah plum, jus buah plum,[2] cranberries, aprikot, persik, nanas, mangga, dan kurma.

Produk terbaru dari Sunsweet termasuk Ones (buah plum individu yang dibungkus), Jumbo Red Raisins (yang berasal anggur Chili berwarna merah menyala), Plum Sweets (plum belapis cokelat), jus plum PlumSmart, dan campuran spesial dari buah mangga, beri biru, ceri, dan beri.

Penguasa Pasar Plum[sunting | sunting sumber]

Perusahaan mengendalikan lebih dari dua pertiga (2/3) dari pasar buah plum dunia.[3]

Amerika Serikat[sunting | sunting sumber]

Sebanyak 40.000 keranjang buah dipasarkan dan dibungkus untuk didistribusikan setiap harinya dari pabrik di kantor pusat sementara itu produk jus dikemas di Fleetwood, Pennsylvania.[1] Lebih dari setengah petani di California merupakan mitra dari Sunsweet.

Chili dan Prancis[sunting | sunting sumber]

Di Santa Cruz, Chili, pada 2004 setelah dua tahun berturut-turut kegagalan panen di California, Sunsweet menyelesaikan fasilitas pengeringan buah plum di mana didirikan untuk menumbuhkan dan memproses buah kering dalam upaya untuk menghindari bencana dikemudian hari.[4] Amerika Serikat menguasai 48% pasokan ekspor buah plum didunia, sementara dua kompetitor utamanya yaitu Chili memproduksi sebanyak 13% pasokan (sebagian karena keberadaan aset milik Sunsweet dan Prancis yang hanya sekitar 12% pasokan.[5] Statistikan ini sangat dipengaruhi oleh produksi dari Sunsweet.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b [1]
  2. ^ Posten, Bruce (May 15, 2017). "Sunsweet celebrates a major anniversary". Reading Eagle. Diakses tanggal March 15, 2019. 
  3. ^ "Archived copy". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2011-09-30. Diakses tanggal 2011-11-13. 
  4. ^ "Loa | Encyclopedia.com". Encyclopedia.com. 
  5. ^ [2]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]