Sungai Ular

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Sungai Ular mengalir melalui ngarai di Kawasan Konservasi Nasional Burung Pemangsa Sungai Ular Morley Nelson, di selatan Boise

Sungai Ular adalah sungai besar di wilayah pedalaman Pasifik Barat Laut Amerika Serikat. Panjangnya sekitar 1.080 mil (1.740 km), ini adalah anak sungai terbesar dari Sungai Columbia, yang merupakan sungai terbesar di Amerika Utara yang bermuara di Samudra Pasifik.

Sungai Ular dimulai di Dataran Tinggi Dua Samudera dekat perbatasan selatan Taman Nasional Yellowstone, sekitar 9.200 kaki (2.800 m) di atas permukaan laut di Pegunungan Rocky Wyoming.[1] Dari sana, ia mengalir ke barat lalu ke selatan menuju Taman Nasional Grand Teton, tempat ia mengalir ke Danau Jackson, sebuah danau glasial alami yang diperbesar oleh Bendungan Danau Jackson. Mengalir ke selatan melalui lembah pegunungan Jackson Hole, yang terletak di antara Pegunungan Teton (ke barat) dan Pegunungan Gros Ventre. Di bawah kota Jackson membentuk Ngarai Sungai Ular di Wyoming, berbelok ke barat dan menyeberang ke Idaho, di mana Bendungan Palisades membentuk Waduk Palisades. Dari sana mengalir ke barat laut melalui Swan Valley untuk bergabung dengan Henrys Fork di dataran aluvial dekat Rexburg.[2] Henrys Fork kadang-kadang disebut "Garpu Utara" dari Sungai Ular,[3] sedangkan bagian utama Sungai Ular di atas pertemuannya kadang-kadang disebut "Garpu Selatan".[4][5]

Berbelok ke barat daya, sungai memulai perjalanan panjangnya melintasi Dataran Sungai Ular, melewati Idaho Falls dan menerima Sungai Blackfoot dari kiri sebelum memasuki Waduk Air Terjun Amerika sepanjang 20 mil (32 km), yang dibentuk oleh Bendungan Air Terjun Amerika.[2] Dari Air Terjun Amerika, air terjun ini berbelok ke barat, mengalir melalui Bendungan Minidoka dan Bendungan Milner, tempat sejumlah besar air dialihkan untuk irigasi.[6] Di bawah Bendungan Milner memasuki Ngarai Sungai Ular di Idaho, di mana sungai tersebut menyempit, membentuk jeram dan air terjun. Di utara Twin Falls, air terjun ini jatuh setinggi 212 kaki (65 m) di atas Air Terjun Shoshone, yang pada musim semi mengalir dengan kekuatan sedemikian rupa sehingga para penulis abad ke-19 menyebutnya "Niagara dari Barat".[7]:89–90

Kemudian sungai ini melewati Oregon dan Washington, dan akhirnya Perbukitan Palouse di tenggara Washington. Ia bergabung dengan Sungai Columbia di hilir Tri-Cities, Washington, di selatan Dataran Tinggi Kolombia.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ U.S. Geological Survey. "U.S. Geological Survey Topographic Map: Badger Creek, Wyoming quad". TopoQuest. Diakses tanggal January 27, 2024. 
  2. ^ a b "National Hydrography Dataset high-resolution flowline data from The National Map". U.S. Geological Survey. Diakses tanggal December 15, 2023. 
  3. ^ "Henrys Fork". Geographic Names Information System. Survei Geologi Amerika Serikat, Departemen Dalam Negeri Amerika Serikat. June 21, 1979. Diakses tanggal January 15, 2024. 
  4. ^ "Snake River". Geographic Names Information System. Survei Geologi Amerika Serikat, Departemen Dalam Negeri Amerika Serikat. December 31, 1981. Diakses tanggal January 27, 2024. 
  5. ^ "South Fork of the Snake". U.S. Bureau of Land Management. Diakses tanggal January 15, 2024. 
  6. ^ Olenichak, Tony (April 14, 2023). "Concepts, practices and procedures used to distribute water within Water District #1, Upper Snake River Basin, Idaho" (PDF). Idaho Water District 1. Diakses tanggal January 27, 2024. 
  7. ^ Williamson, Darcy (1997). River Tales of Idaho. Caxton Press. ISBN 9780870045318.