Departemen Dalam Negeri Amerika Serikat

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Departemen Dalam Negeri
Amerika Serikat
Lambang
Informasi lembaga
Dibentuk3 Maret 1849; 175 tahun lalu (1849-03-03)
JenisDepartemen
Kantor pusat
Main Interior Building
1849 C Street NW
Washington, D.C.
Pegawai71.436 (2004)
Anggaran tahunan$20 miliar (2010)
Pejabat eksekutif
Situs webSitus web resmi

Departemen Dalam Negeri Amerika Serikat (Inggris: United States Department of Interior; disingkat DOI) adalah departemen eksekutif federal pemerintah A.S. yang bertugas mengelola dan melindungi sebagian besar tanah dan sumber daya alam federal dan mengurus program-program yang berkaitan dengan Pribumi Amerika, Pribumi Alaska, Pribumi Hawaii, teritori, dan wilayah kepulauan Amerika Serikat.

Departemen ini dipimpin oleh Menteri Dalam Negeri Amerika Serikat yang merupakan anggota Kabinet Presiden. Menteri Dalam Negeri A.S. saat ini adalah Ken Salazar dari negara bagian Colorado.

Meski diberi nama "dalam negeri", Departemen Dalam Negeri memiliki tugas yang berbeda dibandingkan dengan kementerian dalam negeri di negara lain. Kemendagri negara lain biasanya menjalankan fungsi patroli rutin, tetapi di Amerika Serikat dijalankan oleh pemerintah negara bagian dan daerah. Fungsi keamanan nasional dan imigrasi di Amerika Serikat dijalanakn oleh Departemen Keamanan Dalam Negeri dan Departemen Kehakiman.

Departemen ini sering dijuluki "Departemen Segala-galanya" (The Department of Everything Else) karena cakupan tugasnya yang begitu luas.[1]

Organisasi[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "History", National Park Service webpage. Retrieved 2010-05-20.

Bacaan lanjutan[sunting | sunting sumber]

  • Crimes Against Nature by Robert F. Kennedy, Jr. (2004)
  • Utley, Robert M. and Barry Mackintosh; The Department of Everything Else, Highlights of Interior History; Dept of the Interior, Washington, D.C.; 1989

Pranala luar[sunting | sunting sumber]