Sungai Köprüçay

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Lembah Eurymedon di Selge yang dihubungkan dengan Jembatan Eurymedon

Sungai Köprüçay adalah sebuah sungai yang terletak di Provinsi Antalya, Turki. Sungai itu juga dikenal dengan nama Eurymedon (bahasa Yunani Kuno: Εὐρυμέδων). Aliran sungai ini bermuara di Laut Tengah.

Pada 460an SM, pasukan Yunani di bawah pimpinan Jenderal Kimon mengalahkan pasukan besar Persia dalam Pertempuran Eurymedon. Pertempuran yang terjadi di daratan dan lautan tersebut berlangsung selama satu hari dan pasukan Kimon berhasil menghancurkan atau mengambil alih 200 trireme kapal perang Fenisia.[1]

Pada 190 SM, kapal perang Bangsa Romawi pimpinan Lucius Aemilius Regillus dikalahkan oleh kapal perang pimpinan Hannibal milik Kekaisaran Seleukia. Pertempuran tersebut terjadi di dekat aliran sungai ini.

Strabo mencatat bahwa ada danau yang ia beri nama Caprias di dekat muara sungai ini. Namun, pada masa kini, lokasi yang dimaksud adalah rawa garam. Pada masa Kesultanan Seljuk, Jembatan Eurymedon yang dibangun di atas pondasi Kekaisaran Romawi, melintasi sungai di Aspendos. Di daerah aliran sungai sekitar Selge, terdapat pula jembatan lainnya yang melintang di atas lembah Eurymedon.

Sungai Köprüçay mengalir dari Pegunungan Taurus dan melintasi berbagai ngarai. Sungai ini bermuara di Laut Tengah. Untuk mencapai sungai ini, pengunjung dapat melalui Antalya lewat Serik, Tasagil dan Beskonak. Namun, bagi pengunjung yang berasal dari Manavgat bisa ke Beskonak lewat Tasagil.

Sarana yang tersedia di sekitar sungai ini berupa arung jeram, kemah, dan rumah makan.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ http://www.koprulucanyon.com/koprucay.html Sungai Köprüçay, Manavgat, Turki (diakses pada 2 Januari 2018 09.41 UTC)

Koordinat: 36°49′48″N 31°10′23″E / 36.83000°N 31.17306°E / 36.83000; 31.17306