Sungai Gomti

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Sunga Gomti di Jaunpur

Sungai Gomti (Hindi: गोमती Gomti) adalah nama sebuah anak sungai dari Sungai Gangga. Menurut mitologi Hindu gomti adalah putri dari dewa Wasista, dan mandi di perairan Gomati di Ekadashi (hari kesebelas dari Sanatana Dharma - kalender Hindu).

Deskripsi[sunting | sunting sumber]

Sungai Gomti berasal dari Fulhaar Jheel, dekat Madho Tanda, Pilibhit, India. DAS Gomti seluas 900 kilometer (560 mil) melalui negara bagian Uttar Pradesh dan memenuhi Sungai Gangga dekat Saidpur, kaithi di daerah Varanasi.

Setelah 20 kilometer (12 mil) dari asalnya, sebuah sungai yang sangat kecil, Gaihaaee menyatu. Sungai ini adalah aliran tipis hingga mencapai Mohammadi Kheri (sekitar 100 km dari asalnya), sebuah Tehsil dari Lakhimpur Kheri, di mana ia bergabung dengan beberapa anak sungai seperti Sukheta, Choha dan Andhra Choha. Dari sini sungai didefinisikan dengan baik. Kemudian anak sungai lainnya bergabung sungai ini. Ini adalah Kathina di Mailani dan Sarayan di sebuah desa di distrik Sitapur. Sungai utama lainnya adalah Sungai Sai, yang bergabung dekat Jaunpur.

Setelah 240 kilometer (150 mil), yang Gomti masuk Lucknow, melalui kelokan sepanjang 12 kilometer (7 mil). Pada titik pintu masuk air yang diangkat dari sungai untuk pasokan air kota. Di daerah Lucknow, 25 saluran air kota tuangkan limbah yang tidak diobati ke Gomti.

Kota-kota Lucknow, Lakhimpur Kheri, Sultanpur dan Jaunpur terletak di DAS Gomti. Sungai memotong kota Jaunpur menjadi dua bagian yang sama dan menjadi lebih luas di Jaunpur.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]