Sungai Aek Silang

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Binanga Aek Silang
Gambar sungai Aek Silang
Lokasi
NegaraIndonesia
Ciri-ciri fisik
Hulu sungaiHuta Raja, Pollung
 - elevasim
Muara sungaiDanau Toba
Panjang8.94km / 8.944m
Debit air 
 - rata-rata8000 m³/s
Luas DASDAS: ±223000 m²

Sungai Aek Silang adalah sebuah sungai yang berada di Kecamatan Baktiraja, Kabupaten Humbang Hasundutan, Sumatera Utara. Sungai aek silang mengalir sejauh -9 Km mulai dari desa Hutaraja dan bermuara di Danau Toba, Bakkara.[1] Sungai Aek Silang menjadi salah satu tempat arung jeram bagi wisatawan yang berkunjung ke sungai ini.[2]

Ciri-ciri[sunting | sunting sumber]

Sungai Aek Silang memiliki beberapa keunikan, termasuk warna airnya yang coklat dan sangat dingin. Jika hujan lebat datang, sungai silang dapat meluap 1 hingga 3 meter lebih tinggi serta bisa 4x lebih deras dari kecepatan stabilnya, yakni; 25cm/S - 30cm/S menjadi 1m/S hingga 1.5m/S. Air nya yang coklat bukan berarti sungai tersebut kotor. Sungai Aek Silang bisa digunakan untuk mandi dan aman untuk kulit.

Kehidupan[sunting | sunting sumber]

Banyak jenis makhluk hidup yang mendiami sungai Aek Silang, diantaranya; lele, Ikan jumbo, Pora-pora, Mujair, Ikan mas. Dan ada juga beberapa reptil atau bintang buas contohnya Ular

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Nikmati Liburan Sembari Rafting di Sungai Aek Silang Baktiraja Humbahas". Tribun-medan.com. Diakses tanggal 2022-03-09. 
  2. ^ MEDIA, PT AKURAT SENTRA (2018-11-11). "Kemenpar Gali Lagi Potensi Sungai Aek Silang Tuk Atraksi Wisata di Danau Toba". akurat.co. Diakses tanggal 2022-03-09.