Sundoprono

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Sundoprono
Klasifikasi ilmiah
Domain:
Kerajaan:
Filum:
Kelas:
Ordo:
Famili:
Genus:
Spesies:
Hemiramphus far

Forsskål, 1775
Sinonim[1]
  • Esox far Forsskål, 1775
  • Esox gladius Lacepède, 1803
  • Hemiramphus commersonii Cuvier, 1829
  • Hemirhamphus obesus Castelnau, 1861
  • Hemiramphus mocquardianus Thominot, 1886

Hemiramphus far, atau umum dikenal sebagai Sindik; Sundoprono; Sunduk; Roa; Tracas; Kacang-Kacang; Banai; Misulum; Balolo Kuning; Balua; Seramu; Durun atau Larudak adalah ikan laut berkelompok di keluarga Hemiramphidae. Ini memiliki distribusi Indo-Pasifik dan telah menginvasi Mediterania timur melalui Terusan Suez .

Keterangan[sunting | sunting sumber]

Hemiramphus far memiliki tubuh yang dikompresi secara lateral yang berbentuk oval memanjang pada penampang dan memiliki rahang bawah yang sangat panjang seperti paruh dengan rahang atas pendek yang berbentuk segitiga dan tidak bersisik; tidak ada punggungan preorbital. Jumlah penyapu insang pada lengkung insang pertama adalah 25-36 dengan 21-27 pada lengkung insang kedua. Ia memiliki sirip dada pendek yang tidak melewati fossa hidung saat dilipat ke depan. Ada 3-9, biasanya 4-6, batang vertikal gelap di bagian samping dan bagian belakang berwarna kebiruan dengan sisi keperakan. Sirip ekor tidak simetris dengan lobus bawah lebih panjang dari lobus atas. Sirip punggung dan sirip dubur terletak di arah ekor. Sirip ini berwarna gelap. Rumus meristiknya adalah D,12-15, A,10-12, P,11-13. Panjang maksimum adalah 33 cm. [2] [3]

Biologi[sunting | sunting sumber]

Hemiramphus far bersifat batipelagis dan ditemukan di perairan pesisir pulau pegunungan dan garis pantai benua; paling sering di daerah laut yang kaya akan vegetasi dan di atas dataran pasir. Ini adalah spesies yang mudah bergaul yang membentuk sekolah. Serangga dewasa sebagian besar adalah fitovora yang memakan rumput laut dan, pada tingkat lebih rendah, ganggang hijau dan diatom . Ini berkembang biak di muara, dan di bagian yang lebih beriklim distribusinya di musim semi dan musim panas. Telur menempel pada tumbuh-tumbuhan dengan benang lengket dan begitu larva menetas, mereka bersifat planktonik . [2] [3]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Synonyms of Hemiramphus far (Forsskål, 1775)". Fishbase.org. Diakses tanggal 10 February 2017. 
  2. ^ a b Estelita Emily Capuli; Roxanne Rei Valdestamon (2016). D. Pauly, ed. "Hemiramphus far (Forsskål, 1775) Black-barred halfbeak". Fishbase.org. Diakses tanggal 10 February 2017.  Tidak memiliki parameter |last1= di Editors list (bantuan)
  3. ^ a b J.C. Hureau (ed.). "Hemiramphus far". Marine Species Identification Paortal Fishes of the NE Atlantic and Mediterranean. ETI Bioinformatics. Diakses tanggal 10 February 2017.