Sumsum tulang

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Sel-sel yang terdapat di sumsum tulang (Gray's Anatomy)

Sumsum tulang (bahasa Inggris: bone marrow, medulla ossea) adalah jaringan lunak seperti spons yang ditemukan pada rongga interior sebagian besad tulang yang merupakan tempat produksi sebagian besar sel darah baru.[1][2] Jaringan tersebut memproduksi sel induk (hematopoietik), yang dapat memproduksi dan berkembang menjadi sel darah merah, sel darah putih dan keping darah.[3][4][5] Ada dua jenis sumsum tulang:

  • sumsum merah, dikenal juga sebagai jaringan myeloid. Sel darah merah, keping darah, dan sebagian besar sel darah putih dihasilkan dari sumsum merah.
  • sumsum kuning. Sumsum kuning menghasilkan sel darah putih dan warnanya ditimbulkan oleh sel-sel lemak yang banyak dikandungnya.

Kedua tipe sumsum tulang tersebut mengandung banyak pembuluh dan kapiler darah.

Sewaktu lahir, semua sumsum tulang adalah sumsum merah. Seiring dengan pertumbuhan, semakin banyak yang berubah menjadi sumsum kuning. Orang dewasa memiliki rata-rata 2,6 kg sumsum tulang yang sekitar setengahnya adalah sumsum merah. Sumsum merah ditemukan terutama pada tulang pipih seperti tulang pinggul, tulang dada, tengkorak, tulang rusuk, tulang punggung, tulang belikat, dan pada bagian lunak di ujung tulang panjang femur dan humerus. Sumsum kuning ditemukan pada rongga interior bagian tengah tulang panjang.

Sumsum tulang menghasilkan lebih dari 200 miliar sel darah baru setiap hari.[6] Pada keadaan sewaktu tubuh kehilangan darah yang sangat banyak, sumsum kuning dapat diubah kembali menjadi sumsum merah untuk meningkatkan produksi sel darah.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "https://www.cancer.gov/publications/dictionaries/cancer-terms/def/bone-marrow". www.cancer.gov (dalam bahasa Inggris). 2011-02-02. Diakses tanggal 2020-11-04.  Hapus pranala luar di parameter |title= (bantuan)
  2. ^ "Definition of BONE MARROW". www.merriam-webster.com (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2020-11-04. 
  3. ^ Nusantara, Solusi Sistem. "PASI Jateng, Kanker Sumsum Tulang, Jenis, Gejala & Pemicunya | Kesehatan". www.gatra.com (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2020-11-04. 
  4. ^ Indonesia, C. N. N. "Mengenal Donor Sumsum Tulang Belakang yang Dijalani Ani SBY". gaya hidup. Diakses tanggal 2020-11-04. 
  5. ^ Widyantari, dr Diryati. "Transplantasi Sumsum Tulang - Bagaimana Prosedur DIlakukan?". linksehat.com. Diakses tanggal 2020-11-04. 
  6. ^ kafekepo.com, by (2020-05-06). "Apa yang Perlu Diketahui tentang Sumsum Tulang ?". Kafe Kepo (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2020-11-04.