Suku Yali

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Suku yali)
Suku Yali
Yaly, Yalik
Jumlah populasi
2010: 133.812 Jiwa.[1]
Daerah dengan populasi signifikan
Indonesia:
Bahasa
bahasa Yali
Agama
Mayoritas Kristen Protestan.
Kelompok etnik terkait
Suku Dani, Suku Lani, Suku Nduga, dan Suku Ngalik

Suku Yali adalah kelompok etnis yang mendiami Provinsi Papua Pegunungan. Suku Yali membentuk kampung-kampung kecil yang tersebar di daerah pegunungan tengah, di sekitar lembah Baliem. Namun, orang Yali juga terbagi-bagi menurut bahasa, dialek, dan budayanya, di antaranya Yali Mek dan Yali Moo. Masyarakat Angguruk sendiri lebih memilih disebut Yali saja.

Kisahnya, dulu sebagian orang Yali pergi meninggalkan kampung dan turun ke lembah. Mereka membuat kampung-kampung yang baru dan menetap di sana. Rumah suku Yali sama dengan suku-suku lain di Papua Pegunungan yaitu rumah Honai tetapi oleh suku Yali disebut homea.[2]

Etmologi[sunting | sunting sumber]

Kata Yali mengacu pada asal muasal suku ini yang berarti "orang atau suku dari timur".[3]

Busana tradisional[sunting | sunting sumber]

Perempuan suku Yali dengan rok rumput.

Pakaian adat bagi suku Yali berupa lilitan rotan yang menyerupai rok. Lingkaran rotan di perut dan badan melambangkan keberanian orang tersebut. Semakin banyak lingkaran yang dimilikinya, berarti semakin tinggi pula tingkat keberanian dan status yang dimilikinya itu. Karena, rotan hanya tumbuh di luar daerah Yali. Orang Yali biasa menyebut rotan hanya tumbuh di daerah musuh, dan untuk memperolehnya harus menempuh risiko.[4]

Suku Yali dengan pakaian tradisional.

Koteka yang dipakai laki-laki berbentuk panjang dan ramping (berbeda dari suku lain), lalu diikat dengan sabuk rotan. Koteka tersebut dibuat dari buah labu panjang yang dikosongkan dan dikeringkan diatas perapian. Setelah kering kulit labu tersebut akan dipasang dan dililitkan dengan rotan di perut dan pinggang.[4]

Perkawinan-pernikahan[sunting | sunting sumber]

Dalam pernikahan, masyarakat suku Yali menggunakan wam (babi) sebagai maskawin. Namun, budaya ini lambat laun mengalami pergeseran.

Kesenian[sunting | sunting sumber]

Kesenian pada masyarakat Yali adalah Yunggul (Dansa) dengan cara 'lari kecil' sambil berkeliling. Senjata masyarakat suku Yali adalah Busur dan panah. Sistem pengetahuan dalam masyarakat Yali mereka mengenal obat - obatan tradisional seperti Yabi yaitu sejenis daun gatal yang digunakan untuk obat sakit badan dan penyakit lainnya.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Ananta, A.; Arifin, E.N.; Hasbullah, M.S.; Handayani, N.B.; Pramono, A. (2015). Demography of Indonesia's Ethnicity. Institute of Southeast Asian Studies. hlm. 120. ISBN 978-981-4519-87-8. Diakses tanggal 2023-10-23. 
  2. ^ Wismabrata, Michael Hangga (2022-09-06). "Arti Nama Honai, Rumah Adat Khas Papua dan Keunikannya". KOMPAS.com. Diakses tanggal 2024-02-05. 
  3. ^ Heckler, S. (2012). Landscape, Process and Power: Re-Evaluating Traditional Environmental Knowledge. Berghahn Series. Berghahn Books. hlm. 185–187. ISBN 978-0-85745-613-7. 
  4. ^ a b Suroto, Hari (2021-01-03). "Fakta-fakta Koteka dan Rok Rumput Khas Suku Yali di Papua". detikTravel. Diakses tanggal 2023-02-04.