Sue Townsend

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Sue Townsend
LahirSusan Lillian Townsend
(1946-04-02)2 April 1946
Leicester, East Midlands, Inggris, Britania Raya
Meninggal10 April 2014(2014-04-10) (umur 68)
Leicester, East Midlands, Inggris, Britania Raya
PekerjaanNovelis, dramawan, penulis skenario, kolumnis
BahasaInggris
KebangsaanBritania Raya
Aliran sastraDrama, fiksi, skenario
Karya terkenalAdrian Mole (serial buku), Captain Christmas and the Evil Adults (drama)
PasanganColin Broadway
AnakSean, Daniel, Victoria, Elizabeth
Situs web
http://www.adrianmole.com/Sue/biography

Susan Lillian Townsend, FRSL, atau biasa disebut Sue Townsend (2 April 1946–10 April 2014), merupakan seorang penulis dan humoris asal Inggris, yang karyanya mencakup novel, drama, dan karya-karya jurnalistik. Ia paling dikenal atas karya serial Adrian Mole-nya.

Setelah menulis secara diam-diam sejak usia 14 tahun, Townsend awalnya dikenal melalui drama-dramanya, dengan karakter terpentingnya tampil di radio. Kemudian, karya Townsend merambah bentuk-bentuk sastra lain. Ia sangat terkenal di era 1980-an, ketika serial Adrian Mole berhasil terjual lebih banyak ketimbang karya-karya fiksi lain di Britania Raya pada dekade itu. Serial ini, yang terdiri atas sembilan buku, ditulis dalam gaya buku harian tokoh utamanya, yakni Adrian Mole sendiri. Buku-buku awal pada serial ini menceritakan kehidupan sang remaja laki-laki pada masa pemerintahan Margaret Thatcher, sedangkan di akhir serial cerita berfokus pada masa dewasa Adrian Mole. Karya lain Townsend yang terkenal, The Queen and I (1992), menunjukkan sentimen republikan yang dianutnya, walaupun keluarga Kerajaan Britania Raya tetap dikagumi. Adrian Mole dan The Queen and I kemudian diadaptasi ke dalam bentuk drama dan meraih sukses di West End, London.

Townsend mengalami kemiskinan hingga sekitar usia 30, dan menggunakan pengalamannya ini dalam karyanya. Pada masa akhir hidupnya, ia menderita sakit akibat diabetes yang mulai diidapnya pada pertengahan dekade 1980, dan pada tahun-tahun terakhirnya ia mengalami masalah penglihatan dan kemampuan gerak yang serius. Townsend wafat pada tanggal 10 April 2013, pada usia yang ke-68.