Leicester

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

Leicester (/ˈlɛstər/ ( simak) LESS-tər)[1] adalah kota yang terletak di Britania Raya bagian tengah. Penduduknya berjumlah 288.000 jiwa (2005). Kota ini tepatnya di county Leicestershire. Kota ini memiliki luas wilayah 73,32 km². Kota ini memiliki kepadatan penduduk sebesar 3.928 jiwa/km².

Nama[sunting | sunting sumber]

Nama Leicester tercatat dalam Sejarah orang Inggris abad ke-9 sebagai Cair Lerion (dari mana Welsh Caerlŷr), dan dalam Kronik Anglo-Saxon sebagai Ligora-ceastre. Dalam Domesday Book of 1086, dicatat sebagai Ledecestre.[2] Elemen pertama dari nama itu, Ligora atau Legora, dijelaskan sebagai nama sungai Brittonic, dalam sebuah saran yang kembali kepada William Somner (1701) nama sebelumnya dari Sungai Melambung, serumpun dengan nama Loire.[3][4] Elemen kedua dari nama tersebut berasal dari castrum Latin yang tercermin dalam kedua Welsh cair dan Anglo-Saxon ceastre.

Berdasarkan nama Welsh (diberikan sebagai Kaerleir), Geoffrey dari Monmouth mengusulkan seorang raja Leir Inggris sebagai seorang pendiri eponymous dalam bukunya Historia Regum Britanniae (abad ke-12).[5]

Tempat Rekreasi[sunting | sunting sumber]

Ada sepuluh Monumen Terjadwal di Leicester dan tiga belas bangunan terdaftar Kelas I: beberapa situs, seperti Kastil Leicester dan Tembok Jewry, muncul di kedua daftar.

Arsitektur abad ke-20: Gedung Teknik Universitas Leicester (James Stirling & James Gowan: Terdaftar Grd II), Department Store Kingstone, Gerbang Belgrave (Raymond McGrath: Terdaftar Grd II), menara Pusat Antariksa Nasional.


Pusat Belanja: Permukaan Abbey Lane-grandes, Pusat Perbelanjaan Beaumont, Jalan Belvoir / Jalan Pasar, Taman Belanja Fosse, Golden Mile, Pusat Perbelanjaan Haymarket, Highcross, Leicester Lanes, Pasar Leicester, Oadby, St Martin Square, area Silver Arcade, Desa Ritel Thurmaston & Wigston.

Leicester terlihat dari barat ke utara dari lantai atas Menara Attenborough di Universitas Leicester. Di latar depan adalah Pemakaman Welford Road dan berbagai bangunan yang terkait dengan Universitas Leicester, dan landmark yang lebih jauh terlihat termasuk Stadion King Power (Leicester City FC), Jalan Welford (Leicester Tigers RFC), Leicester Royal Infirmary, / New Walk Centre ( sejak dihancurkan) (Dewan Kota Leicester) /
Abbey Pumping station

Pendidikan[sunting | sunting sumber]

Leicester adalah rumah bagi sejumlah sekolah komprehensif dan sekolah independen. Ada tiga bentuk perguruan tinggi keenam, yang semuanya merupakan sekolah tata bahasa sebelumnya.


Otoritas Pendidikan Lokal Kota Leicester awalnya memiliki sejarah yang bermasalah ketika dibentuk pada tahun 1997 sebagai bagian dari reorganisasi pemerintah daerah - sebuah inspeksi Ofsted tahun 1999 menemukan "sedikit kekuatan dan banyak kelemahan", meskipun sejak itu telah ada peningkatan yang cukup berarti.

Universitas Leicester


Tudor Grange Samworth Academy, sebuah akademi yang area tangkapannya mencakup perkebunan Saffron dan Eyres Monsell, disponsori bersama oleh Gereja Inggris dan David Samworth, ketua pembuat pasty Samworth Brothers.

Di bawah proyek "Membangun Sekolah untuk Masa Depan", Dewan Kota Leicester telah mengontrak dengan pengembang Konsorsium Miller sebesar £ 315 juta untuk membangun kembali Sekolah Beaumont Leys, Sekolah Tinggi Komunitas Judgemeadow, Sekolah Kota Leicester di Evington, dan Perguruan Tinggi Lembah Soar di Rushey Mead, dan untuk memperbarui Fullhurst Community College di Braunstone.[6]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Leicester", Merriam-Webster Dictionary. Retrieved 28 August 2015
  2. ^ Thompson, James (1849). The history of Leicester. Index (dalam bahasa Inggris). 
  3. ^ The Gentleman's Magazine (dalam bahasa Inggris). F. Jefferies. 1848. 
  4. ^ Gelling et al. (eds.), The names of towns and cities in Britain, B. T. Batsford, 1970, p. 122.
  5. ^ "Geoffrey of Monmouth". Wikipedia (dalam bahasa Inggris). 2019-02-24. 
  6. ^ Schools building deal is signed and sealed Archived13 May 2015 at the Wayback MachineLeicester Mercury, 19 December 2007

Pranala luar[sunting | sunting sumber]