Streptococcus mutans

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jump to navigation Jump to search
Streptococcus mutans
Streptococcus mutans 01.jpg
Pewarnaan dari S. mutans dalam kultur thioglycollate broth.
Klasifikasi ilmiah
Domain: Bacteria
Filum: Firmicutes
Kelas: Coccus
Ordo: Lactobacillales
Famili: Streptococcaceae
Genus: Streptococcus
Spesies: S. mutans
Nama binomial
Streptococcus mutans
Clarke 1924

Streptococcus mutans adalah kokus (bakteri berbentuk bulat) anaerob fakultatif gram-positif yang biasa ditemukan dalam rongga mulut manusia dan merupakan kontributor yang signifikan untuk kerusakan gigi.[1][2] Bakteri ini adalah bagian dari "streptococci" (jamak, tidak miring, huruf kecil), nama umum informal untuk semua spesies dalam genus Streptococcus. Mikroba ini pertama kali dijelaskan oleh J Kilian Clarke pada tahun 1924.[3]

Bakteri ini, bersama dengan spesies yang terkait erat Streptococcus sobrinus, dapat hidup bersama di mulut: Keduanya berkontribusi terhadap penyakit mulut, dan biaya untuk membedakan mereka dalam pengujian laboratorium seringkali tidak diperlukan secara klinis. Oleh karena itu, untuk tujuan klinis mereka sering dianggap bersama-sama sebagai sebuah kelompok, yang disebut mutans streptococci (jamak, tidak miring karena itu adalah nama kelompok informal).[4] Pengelompokan dari bakteri yang sama dengan tropisme yang sama juga dapat dilihat di viridans streptococci, kelompok lain dari spesies Streptococcus.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Ryan KJ, Ray CG (editors) (2004). Sherris Medical Microbiology (edisi ke-4th). McGraw Hill. ISBN 0-8385-8529-9. [halaman dibutuhkan]
  2. ^ Loesche WJ (1996). "Ch. 99: Microbiology of Dental Decay and Periodontal Disease". Dalam Baron S; et al. Baron's Medical Microbiology (edisi ke-4th). University of Texas Medical Branch. ISBN 0-9631172-1-1. PMID 21413316. 
  3. ^ Clarke, J. Kilian (1924). "On the Bacterial Factor in the Ætiology of Dental Caries". British Journal of Experimental Pathology. 5 (3): 141–7. PMC 2047899alt=Dapat diakses gratis. 
  4. ^ Newcastle University Dental School. "Streptococcus mutans and the mutans streptococci. In: The Oral Environment, online tutorial". Diakses tanggal 2013-11-04. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]