Street Dancer 3D

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Street Dancer 3D
SutradaraRemo D'Souza
ProduserBhushan Kumar
Krishan Kumar
Lizelle D'Souza
Ditulis olehFarhad Samji
Jagdeep Sidhu (dialog)
SkenarioTushar Hiranandani
Jagdeep Sidhu
CeritaRemo D'Souza
PemeranVarun Dhawan
Shraddha Kapoor
Prabhu Deva
Nora Fatehi
Penata musikLagu:
Sachin–Jigar
Tanishk Bagchi
Badshah
Guru Randhawa
Gurinder Seagal
Harsh Upadhyay
Skor:
Sachin–Jigar
SinematograferVijay Kumar Arora
PenyuntingManan Ajay Sagar
Perusahaan
produksi
T-Series
Remo D'Souza Entertainment
DistributorAA Films
Tanggal rilis
  • 24 Januari 2020 (2020-01-24)
Durasi141 menit[1]
NegaraIndia
BahasaHindi
Anggaran70 crore[2]
Pendapatan
kotor
97 crore[3]

Street Dancer 3D adalah film drama musikal berbahasa India tahun 2020 yang disutradarai oleh Remo D'Souza. Ini diproduksi oleh Bhushan Kumar, Krishan Kumar dan Lizelle D'Souza di bawah spanduk T-Series dan Remo D'Souza Entertainment. Dibintangi oleh Varun Dhawan, Shraddha Kapoor, Prabhu Deva dan Nora Fatehi. Musiknya disusun oleh Sachin – Jigar, Tanishk Bagchi, Badshah, Guru Randhawa, Gurinder Seagal dan Harsh Upadhyay, dan dirilis di bawah bendera T-Series. Ceritanya mengeksplorasi kompetisi tari antara beberapa penari India dan Pakistan.

Awalnya direncanakan sebagai sekuel dari Disney ABCD 2 (2015), film tersebut dicabut dari judul karena Disney keluar dari produksi film India, dan sebagai gantinya diganti namanya menjadi judul saat ini setelah Bhushan Kumar mengambil alih sebagai produser. Syuting dimulai pada Februari 2019 di Punjab, kemudian dipindahkan ke London dan diselesaikan pada Juli 2019. Film tersebut dirilis secara teatrikal di India pada 24 Januari 2020.

Plot[sunting | sunting sumber]

Peristiwa film terjadi di London. Inder Singh Narula adalah seorang penari yang merupakan bagian dari tim tari bernama Penari Jalanan. Di awal film, Inder menari di Ground Zero Battle dengan saudaranya Sahej Singh Narula bersorak untuknya dan saat melakukan aksi membalik, dia mendarat dengan kaki dan melukai kakinya. Setelah dua tahun, dia sembuh, tetapi tidak bisa menari. Sahej membentuk Street Dancer lagi dan mengubahnya menjadi studio melalui uang yang sumbernya ragu-ragu untuk diungkapkan. Poddy, adalah salah satu teman dekat Sahej, bersama dengan D dan Sushi, yang semuanya merupakan bagian dari Street Dancer. Saat menunjukkan studio tari kepada tim Penari Jalanan, mereka bertemu dengan Inayat dan timnya, Pelanggar Aturan, juga menari. Sahej dan Inayat selalu bungkam melawan satu sama lain dan mereka melakukan dance battle. The Rule Breakers mengalahkan Street Dancer, mempermalukan Sahej dalam prosesnya. Sepupu Inayat, Zain, membawanya pulang. Keluarga mereka sangat ortodoks dan Inayat berbohong tentang tariannya, menyembunyikan kebenaran dari mereka.

Sahej mengunjungi Royals, grup tari pemegang rekor sepanjang masa yang selalu memenangkan Kompetisi Ground Zero. Pacarnya, Mia ada di tim, dan dia penari yang luar biasa. Mereka berdiskusi tentang betapa jengkelnya Sahej dengan Inayat, dan dia menenangkannya. Mia melatih geng Penari Jalanan, memberi mereka semangat yang mereka inginkan. Kedua geng itu bertemu di sebuah restoran untuk pertandingan kriket antara India (tim Sahej) dan Pakistan (tim Inayat). India menang dan ini mengarah ke pertarungan dansa di mana Mia menunjukkan gerakannya. Polisi dan manajer restoran, Ram Prasad alias Anna mengontrol pertarungan tersebut. Saat mereka pergi, Inayat melihat beberapa gelandangan memasuki restoran dari pintu belakang. Dia mengikuti mereka dan bertemu Rama. Dia menjelaskan kepadanya bahwa ini adalah imigran ilegal, dan dia memberi mereka makanan yang tidak digunakan. Dia membawanya ke daerah di mana banyak imigran gelap tinggal. Dia mengatakan padanya bahwa mereka tidak bisa kembali ke rumah mereka karena mereka tidak punya uang. Dia menjadi emosional dan mulai membantu mereka.

Suatu hari ketika Poddy sampai di studio tari, dia melihat Sahej diinterogasi oleh polisi. Sahej mengungkapkan bahwa ketika dia pergi ke India untuk pernikahan sepupunya, dia bertemu Amrinder Mehrotra dan tiga temannya yang lain bermain drum dalam pernikahan tersebut. Dia terkesan dengan bakat mereka. Mereka meminta Sahej untuk membawa mereka ke London yang dia bantah. Setelah mereka menawarkan sejumlah besar 4 juta dia setuju untuk membawa mereka ke London. Begitulah cara dia mendapatkan uang untuk membeli sanggar tari. Poddy berjanji untuk tidak menceritakannya kepada siapa pun.

Pertempuran Ground Zero kembali. Inder meminta Sahej untuk berpartisipasi dan memenangkannya. Inayat memutuskan untuk berpartisipasi agar mereka dapat menggunakan uang tersebut untuk membantu para imigran gelap dan Ram mendukungnya. Kedua geng bertemu dan Rama mengatakan bahwa jika mereka menjadi satu, mereka dapat dengan mudah memenangkan persaingan. Namun keduanya menolak tawaran tersebut. Sahej mengesankan keluarga kerajaan dengan tariannya di klub malam. Dia, D, Poddy dan Sushi dipilih untuk Royals. Kedua geng itu bertemu lagi di restoran. Mereka bertengkar, yang berakhir dengan tarian Rama, menunjukkan kemampuannya pada Sahej. Sahej, dibutakan oleh egonya, menolak kesempatan itu. Poddy menjalin hubungan dengan Alisha, gadis dari geng Inayat. Dia menyadari bahwa geng Inayat berpartisipasi dalam Pertempuran Ground Zero sehingga mereka dapat mengambil hadiah uang sebesar seratus ribu pound untuk membantu imigran gelap dan memberitahu Sahej tentang hal itu di studio tari Royals. Sahej tidak mempercayai Poddy dan terjadi perkelahian di antara mereka berdua. Hal ini menyebabkan Poddy meninggalkan Royals dan dia memutuskan untuk bergabung dengan Rule Breakers. Inayat menerima Poddy ke dalam tim dan anggota lain dari tim Penari Jalanan juga merasa tersisih karena Sahej menghabiskan waktunya bersama Kerajaan.

Babak pertama kompetisi dengan mudah dilampaui oleh Royals dan Rule Breaker. Saat Sahej, D dan Shushi naik ke bus, mereka bertemu dengan Amrinder. Amrinder memberitahu Sahej bahwa setelah dia menurunkan mereka, mereka pergi ke hostel. Di sana, semua imigran gelap tinggal dan mereka dikejar oleh polisi. Meninggalkan identitasnya sebagai seorang Sikh dan paspornya, dia dan ketiga penabuh Punjabi bergabung dengan para tunawisma. Geng Inayat pun menari untuk membantu mereka. Dia meminta bantuan Sahej tapi dia pergi sambil mengatakan bahwa dia tidak mengenalnya.

Kedua tim berhasil melewati babak perempat final dan masuk ke babak semi final. Kemudian, Royals dan Sahej sedang berjalan-jalan di London. Mereka bertemu dengan drumer di mana pemimpin Royals, Marc, secara tidak sengaja mematahkan drumnya. Setelah melihat mereka, Sahej merasa bersalah atas perbuatannya. Di babak semifinal, Sahej meninggalkan Royals dan membantu geng Inayat memenangkan babak tersebut. Dia kemudian keluar dari Royals, menghancurkan hati Mia, dan membentuk Street Dancer lagi.

Banyak praktek terjadi, dan kemudian keluarga Inayat mengetahui tentang tariannya. Mereka melarangnya menari, mengejutkan tim. Sahej dan Zain pergi ke rumahnya, dan meyakinkan keluarganya untuk membiarkannya menari. Hubungan berkembang antara Sahej dan Inayat saat mereka bersiap untuk putaran terakhir Pertempuran Ground Zero. The Royals tampil dan memukau penonton. Street Dancer tampil dan di tengah tarian mereka, seorang anggota Royals melepas musik. Pembawa acara memberi tahu mereka bahwa jika tidak ada musik, mereka tidak bisa menari. Amrinder kemudian menggunakan drumnya bersama teman-temannya untuk membuat musik untuk mereka menari. Marc mengetahui bahwa anggota timnya mencopot musik tersebut dan dia meminta untuk memasangnya kembali, karena dia tidak ingin menipu. Di akhir tarian mereka, Sahej melakukan aksi membalik, yang membuat saudaranya terluka, tanpa cela. Membuat bangga saudara laki-lakinya dan negaranya, Sahej mendapatkan Penari Jalanan untuk mengalahkan Royals dan memenangkan kompetisi, juga mendapatkan rasa hormat dari Royals. Akhirnya, Sahej dan Inayat memulai hubungan untuk membantu para pendatang.

Adegan selama kredit mengungkapkan bahwa Amrinder sampai di rumahnya, sementara pemain drum lainnya mendapatkan kewarganegaraan resmi Inggris. Film tersebut mengutip S.W.A.T., sebuah LSM yang bekerja di Inggris sebagai inspirasinya.

Pemeran[sunting | sunting sumber]

  • Varun Dhawan sebagai Sahej Singh Narula, seorang calon penari yang mengikuti jejak kakaknya. Dia adalah pemimpin Street Dancer, tetapi setelah perpisahan mereka, untuk sementara menjadi anggota Royals. Dia bergabung dengan Rule Breakers setelah itu dan menamai seluruh tim, Street Dancers
  • Shraddha Kapoor sebagai Inayat Naazi, seorang penari Pakistan yang menari secara rahasia agar tidak diketahui oleh keluarga konservatifnya.
  • Prabhu Deva sebagai Anna (nama asli Ram Prasad), seorang manajer restoran yang diam-diam adalah seorang penari yang terampil dan juga memberi makan para tuna wisma.
  • Aparshakti Khurana sebagai Amrinder Mehrotra, seorang drummer berbakat dari India yang menjalani kehidupan yang menyedihkan sebagai seorang imigran ilegal tunawisma di London.
  • Nora Fatehi sebagai Mia, pacar Sahej dan satu-satunya anggota Kerajaan India sebelum Sahej, D, dan Sushi bergabung.
  • Punit Pathak sebagai Inder Singh Narula, saudara laki-laki Sahej yang merupakan anggota Penari Jalanan, namun lututnya terluka saat Pertempuran Ground Zero 2 tahun sebelumnya.
  • Salman Yusuff Khan sebagai Zain, sepupu Inayat.
  • Raghav Juyal sebagai Poddy, teman terdekat Sahej.
  • Dharmesh Yelande sebagai D, teman dekat Sahej. Setelah beberapa tahun membongkar Penari Jalanan, dia mengambil pekerjaan di toko barang antik.
  • Sushant Pujari sebagai Sushi, teman dekat Sahej.
  • Sonam Bajwa sebagai Pammi
  • Vartika Jha sebagai Samaira
  • Murli Sharma sebagai UK Cop Michael Donald, seorang polisi Pakistan-India yang memastikan bahwa Penari Jalanan dan Pelanggar Aturan tidak berkelahi di restoran Anna.
  • Upasana Singh sebagai ibu Pammi
  • Zarina Wahab sebagai ibu Amrinder
  • Umair Asanti Khalil sebagai Faris Inayat
  • Manoj Pahwa sebagai Chhabra
  • Pavan Rao sebagai Fahad, anggota geng Rule Breaker, yang dulu membenci Sahej, tapi setelah dia bergabung, mereka mulai berteman.
  • Sushant Khatri sebagai Chotu, pelayan di restoran Anna yang diam-diam adalah penari, dan asisten Anna yang memberi makan para tunawisma. Dia juga menjadi orang kedua di Perintah Breaker saat Anna mengambil alih.
  • Keshav KV Tutter sebagai KV
  • Pravin Bhosle sebagai Pravin
  • Shyraa Roy sebagai Roxen
  • Shashank Dogra sebagai Aamir
  • Nivedita Sharma sebagai Nivi
  • Bhusan sebagai Tofique Khan
  • Prashant Shinde sebagai Sam
  • Bhupendra Singh sebagai Omar
  • Pravin Shinde sebagai Naussef
  • Sheetal Perry sebagai Perry
  • Vinay Khandelwal sebagai Faiz
  • Chandani Shrivastava sebagai Chandani
  • Francis Roughly as Marc, pemimpin Royals dan pria egois yang kejam.
  • Caroline Wilde sebagai Alisha
  • Adriano Gal sebagai Alex
  • Jai Hickling sebagai Jai
  • Jesus Soria Antolin sebagai Bboy
  • Raj Gohil sebagai kakak laki-laki Inayat, laki-laki yang juga konservatif, seperti adik laki-lakinya, tapi mengizinkan Inayat menari di final Ground Zero.

Produksi[sunting | sunting sumber]

Jadwal pertama film ini diambil di Punjab bersama Dhawan, Bajwa dan Khurana.[4] Kemudian, jadwal kedua berlangsung di London dengan anggota tim lainnya termasuk Kapoor dan Fatehi.[5] Katrina Kaif adalah pilihan asli untuk peran utama, tetapi dia memilih keluar, dan kemudian, Kapoor bergabung dengan para pemeran.[6] Selama jadwal syuting bulan Mei, dia mengalami kejang otot.[7] The film was wrapped up on 26 July 2019.

Pemasaran dan rilis[sunting | sunting sumber]

Poster tampilan pertama Dhawan dalam film tersebut diungkap pada 27 Mei, dengan tanggal rilis. Dalam poster tersebut diperlihatkan film yang akan dirilis pada 24 Januari 2020.[8]

Soundtrack[sunting | sunting sumber]

Street Dancer 3D
Album lagu tema karya Sachin–Jigar, Tanishk Bagchi, Badshah, Guru Randhawa, Gurinder Seagal dan Harsh Upadhyay
Dirilis13 Februari 2020[9]
Direkam2018–19
GenreFeature film soundtrack
Durasi46:35
BahasaHindi
LabelT-Series
Audio luar
Official Audio Jukebox di YouTube

Musik film ini disusun oleh Sachin – Jigar, Tanishk Bagchi, Badshah, Guru Randhawa, Gurinder Seagal dan Harsh Upadhyay sementara lirik ditulis oleh Kumaar, Priya Saraiya, Guru Randhawa, Badshah, Sachin–Jigar, Tanishk Bagchi, Vayu, IP Singh, Bhargav Purohit, Kunaal Vermaa, Garry Sandhu, Shabbir Ahmed, Rajasri, Sameer Anjaan, Millind Gaba dan Asli Gold.

Lagu "Muqabla" dari film Kadhalan , yang dalam bahasa Hindi dijuluki Humse Hai Muqabla, aslinya dibuat oleh A. R. Rahman, lirik oleh Vaali dalam bahasa Tamil dan P.K. Mishra dalam bahasa Hindi dan dinyanyikan oleh Mano dan Swarnalatha, dan kemudian diciptakan kembali oleh Tanishk Bagchi. Sebuah versi dari lagu tersebut awalnya digunakan untuk promosi ABCD: Any Body Can Dance.[10][11]

Lagu ketiga "Illegal Weapon 2.0" adalah remake dari single Punjabi "Illegal Weapon" yang menampilkan Jasmine Sandlas dan Garry Sandhu, yang dibuat ulang oleh Bagchi.[12][13]

Lagu kelima Lagdi Lahore Di adalah remake dari lagu Guru Randhawa yang paling banyak dilihat "Lahore", dibuat ulang oleh Randhawa sendiri bekerja sama dengan Sachin-Jigar.

Lagu keenam "Hindustani" adalah remake dari lagu "Suno Gaur Se Duniya Walo" yang aslinya dibuat oleh Shankar – Ehsaan – Loy, lirik oleh Sameer Anjaan dan dinyanyikan oleh Shankar Mahadevan, Udit Narayan, Mahalakshmi Iyer, Domnique, dan diciptakan kembali oleh Harsh Upadhyay.[14]

Lagu ketujuh Bezubaan Kab Se adalah rip-off dari lagu asli "Bezubaan" dari ABCD: Any Body Can Dance, yang diselenggarakan oleh UTV Music. Setelah pembelian hak cipta, lirik ke versi rip-off ditulis oleh Jigar Saraiya, satu-setengah dari duo komposer Sachin-Jigar, yang juga menggubah aslinya, yang liriknya oleh Mayur Puri.

Lagu kesebelas Sip Sip 2.0, sebuah lagu promosi, merupakan remake dari single Punjabi "Sip Sip", yang diciptakan kembali oleh Bagchi.

Lagu terakhir, Mile Sur, adalah pengulangan dari lagu populer dengan nama yang sama mempromosikan integrasi nasional di India dan disiarkan secara teratur pada Nasional Hari Pesta, dan aslinya disusun oleh Ashok Patki dengan Piyush Pandey menulis lirik asli Hindi. Disusun oleh Sachin-Jigar, versi rehash memiliki lirik yang ditulis oleh Saraiya bekerja sama dengan Vayu dan IP Singh.

Daftar lagu
No.JudulLirikMusikPenyanyiDurasi
1."Muqabla"Shabbir Ahmed, Tanishk BagchiTanishk BagchiYash Narvekar, Parampara Thakur2:56
2."Garmi"BadshahBadshahBadshah, Neha Kakkar3:02
3."Illegal Weapon 2.0"Priya SaraiyaTanishk BagchiJasmine Sandlas, Garry Sandhu3:08
4."Dua Karo"Priya SaraiyaSachin-JigarArijit Singh, Bohemia, Sachin-Jigar4:29
5."Lagdi Lahore Di"Guru RandhawaSachin-Jigar, Guru RandhawaGuru Randhawa, Tulsi Kumar3:35
6."Hindustani"Sameer AnjaanHarsh UpadhyayShankar Mahadevan, Udit Narayan2:26
7."Bezubaan Kab Se"Jigar SaraiyaSachin-JigarSiddharth Basrur, Jubin Nautiyal, Sachin-Jigar4:31
8."Pind"Kunaal VermaaGurinder SeagalGurinder Seagal5:36
9."Nachi Nachi"Millind Gaba, Asli GoldSachin-JigarNeeti Mohan, Dhvani Bhanushali, Millind Gaba3:19
10."Gann Deva"Bhargav PurohitSachin-JigarDivya Kumar, Sachin-Jigar4:01
11."Sip Sip 2.0"Garry Sandhu, KumaarTanishk BagchiGarry Sandhu, Jasmine Sandlas3:39
12."Mile Sur"Jigar Saraiya, Vayu, IP SinghSachin-JigarNavraj Hans, Shalmali Kholgade, Divya Kumar, Vayu, Shashwat Singh, IP Singh, Rakesh Maini5:53
Durasi total:46:35

Box office[sunting | sunting sumber]

Street Dancer 3D diterima 9.50 crore di box office domestik pada hari pembukaannya. Di hari kedua, film dikumpulkan 12.50 crore. Di hari ketiga, film dikumpulkan 17.00 crore, mengambil total koleksi pembukaan akhir pekan ke 39 crore.[3]

Hingga 28 Februari 2020, dengan kotor 81.29 crore di India dan 15.71 crore di luar negeri, film ini memiliki koleksi kotor di seluruh dunia 97 crore.[3]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Street Dancer 3D (2020)". British Board of Film Classification. Diakses tanggal 18 January 2020. 
  2. ^ "Street Dancer 3D Box Office Prediction: Varun Dhawan-Shraddha Kapoor's dance flick may see grand opening". Business Today. Diakses tanggal 23 January 2020. 
  3. ^ a b c "Street Dancer 3D Box Office". Bollywood Hungama. Diakses tanggal 29 February 2020. 
  4. ^ "Varun Dhawan first look as street dancer from Remo D'Souza's dance film revealed". Zee News (dalam bahasa Inggris). 30 January 2019. 
  5. ^ "Street Dancer: Varun Dhawan kicks off second schedule of the film in snowy London". In.com. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2019-02-13. Diakses tanggal 2020-11-09. 
  6. ^ "Varun Dhawan reveals Katrina Kaif called him before exiting Street Dancer: It shows her maturity". India Today. 19 April 2019. Diakses tanggal 29 May 2019. 
  7. ^ "Shraddha Kapoor suffers muscle spasm on the sets of 'Street Dancer 3D'". Times of India. 28 May 2019. Diakses tanggal 29 May 2019. 
  8. ^ "'Street Dancer 3D' first look poster: The Varun Dhawan and Shraddha Kapoor starrer to release on January 24, 2020". Times of India. 27 May 2019. Diakses tanggal 27 May 2019. 
  9. ^ "Street Dancer 3D – Original Motion Picture Soundtrack". Jio Saavn. 
  10. ^ "Muqabla: Prabhudeva, Varun Dhawan bring back AR Rahman's iconic song after 25 years". Hindustan Times. 21 December 2019. Diakses tanggal 21 December 2019. 
  11. ^ "Prabhudeva, Varun and Shraddha take us on nostalgic ride". India Today. 21 December 2019. Diakses tanggal 21 December 2019. 
  12. ^ "'Street Dancer 3D' Song 'Illegal Weapon 2.0': Varun Dhawan, Shraddha Kapoor gear up for the ultimate dance-off". DNA. 4 January 2020. Diakses tanggal 5 January 2020. 
  13. ^ "Street dancers Varun Dhawan and Shraddha Kapoor reach Delhi for 'Illegal Weapon 2.0' song launch". The Times of India. 5 January 2020. Diakses tanggal 5 January 2020. 
  14. ^ "Harsh Upadhyay recreates song 'Suno Gaur Se Duniya Walo' in Varun Dhawan's film". Asian Age. 21 January 2020. Diakses tanggal 25 January 2020. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]