Start bergulir

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Mobil dalam formasi berbaris menjelang prosedur start bergulir pada lomba Indianapolis 500 2007.

Start bergulir (Inggris: rolling start) adalah salah satu dari dua metode untuk memulai atau mengulang balapan mobil. Metode lainnya adalah start berdiri. Dalam start bergulir, mobil-mobil diurutkan di lintasan dan dipimpin dalam beberapa putaran (putaran parade atau peringatan) dengan kecepatan aman yang telah ditentukan sebelumnya oleh mobil keselamatan (safety car).

Prosedur[sunting | sunting sumber]

Ketika kondisi balapan siap, mobil keselamatan akan meninggalkan lintasan, dan marshal balapan akan mengibarkan bendera hijau, menandakan bahwa seluruh mobil diizinkan untuk mempercepat. Mobil keselamatan biasanya meninggalkan lintasan beberapa jarak sebelum garis finis, dan beberapa detik mungkin berlalu antara mobil keselamatan meninggalkan lintasan dan bendera hijau dikibarkan. Mobil harus menunggu bendera hijau untuk mempercepat ke kecepatan balapan. Di masa lampau, para pembalap harus mencari bendera tersebut, tetapi pada zaman modern ini informasi tersebut biasanya dikomunikasikan kepada para pembalap melalui radio dua arah, atau di zona percepatan yang sesuai, yang ditandai dengan garis atau tanda kerucut, yang ditentukan dalam pertemuan pengemudi dan mekanik sebelum balapan.

Dalam balap olahraga otomotif tingkat internasional, balapan dengan start bergulir biasanya dimulai dengan pengawas merubah lampu start dari merah menjadi hijau setelah sejumlah putaran pelambatan bendera hijau di belakang mobil pimpinan atau mobil keselamatan. Dalam kasus ini, lampu merah sudah dihidupkan sebagian di sepanjang putaran pelambatan terakhir dan berubah menjadi hijau begitu pengawas puas dengan komposisi lapangan. Start bergulir internasional dapat dihentikan dengan meninggalkan lampu merah menyala dan menampilkan papan "Putaran Formasi Tambahan" dan/atau lampu kuning berkedip.[1]

Start bergulir sering kali disertai dengan beberapa aturan untuk mencegah pembalap mendapatkan keuntungan yang tidak adil selama start balapan. Sebagai contoh, pembalap di jalur dalam tidak boleh mendahului mobil di jalur luar sampai mereka melewati garis start. Pembalap harus tetap di belakang mobil keselamatan dan mempertahankan posisi mereka dalam lapangan, kecuali masuk ke pit atau diberi izin untuk berputar. Selanjutnya, ketika bendera hijau semakin dekat dan mobil keselamatan meninggalkan lintasan, pembalap harus mempertahankan kecepatan dan posisi saat menuju ke garis yang tepat. Pembalap papan atas tidak boleh melambat secara berlebihan untuk membuat mobil di belakangnya berjajar, yang akan memberi pemimpin keuntungan pada restart.

Olahraga otomotif yang menggunakan start bergulir termasuk balap mobil stok, balap mobil sport, dan beberapa kejuaraan tur mobil dunia. Formula olahraga cenderung menghindari start bergulir untuk start awal balapan, terutama karena fisika dan teknologi di balik olahraga ini (misalnya, berada terlalu dekat dengan mobil di depan terlalu lama dapat menyebabkan overheat dan masalah mesin), tetapi juga karena waktu percepatan yang lebih cepat, dan bahaya yang lebih besar di balik kecelakaan dalam olahraga ini.

Start awal balapan mungkin mengatur mobil dalam baris tertentu. Misalnya, balapan NASCAR dimulai dalam formasi dua baris,[2] dan Indianapolis 500 dimulai dalam formasi tiga baris. Restart, namun, sering kali hanya satu baris, tetapi mobil-mobil yang tertinggal dapat membentuk baris kedua di dalam. Beberapa lintasan oval pendek memiliki aturan, diadopsi oleh NASCAR pada Juni 2009, dan IndyCar pada tahun 2011, di mana restart semuanya dua baris, dengan pilihan pemimpin untuk jalur dalam atau luar pada restart berikutnya.

Hampir semua restart dalam olahraga otomotif diselenggarakan sebagai start bergulir karena batasan waktu; jauh lebih cepat untuk membuat mobil bergerak dalam start bergulir daripada start berdiri (menurut Kode FIA, setelah bendera merah ditampilkan, dibutuhkan sepuluh menit untuk memulai ulang balapan melalui start berdiri)[diperlukan rujukan]. Formula Satu memiliki aturan yang menyatakan bahwa dalam kasus lintasan yang sangat basah, start bergulir dapat digunakan untuk memulai balapan dengan mobil di belakang mobil keselamatan. Dalam kasus seperti itu, lap-lap mulai dihitung segera.

Beberapa balapan Formula Satu — 2022 di Monaco, 1997, 2000, dan 2021 di Spa, Belgia, 2003 di Interlagos, Brasil, 2007 di Fuji, Jepang, 2008 di Monza, Italia, 2009 di Shanghai, Cina, 2010 di Yeongam, Korea Selatan, 2011 di Montreal, Kanada, 2014 di Suzuka, Jepang, dan 2016 di Monaco dan kemudian di Silverstone, Inggris Raya — dimulai dengan start bergulir karena masalah cuaca. Mereka bukan start bergulir yang sebenarnya karena mereka memulai balapan di belakang mobil keselamatan, sehingga ketika balapan dimulai secara resmi, mereka mengambil barisan dalam satu baris.

Selain itu, setiap kali setelah Mobil Keselamatan berada di lintasan, ketika mobil keselamatan keluar, ada start bergulir.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Start". Motorsports-Regulations.com (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2022-09-29. 
  2. ^ Parks, Dustin. "NASCAR to Begin Using Double-File Restarts at Pocono". Bleacher Report (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2022-09-29.