Start berdiri

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Start berdiri pada Grand Prix Malaysia 2009.

Start berdiri (Inggris: standing start) adalah jenis start dalam acara perlombaan balap mobil, di mana mobil berada dalam keadaan diam saat balapan akan dimulai (berbeda dengan start bergulir, di mana mobil dipacu). Beberapa kategori rekor kecepatan darat juga mengharuskan start berdiri, meskipun rekor kecepatan darat mutlak menggunakan start terbang, di mana kendaraan telah mencapai kecepatan maksimalnya pada titik awal penghitung waktu.[1]

Prosedur[sunting | sunting sumber]

Dalam start berdiri, mobil-mobil berada dalam keadaan diam dengan mesin-mesinnya menyala ketika sinyal diberikan untuk memulai balapan. Hal ini sering kali dimulai dengan sejumlah lampu yang telah ditentukan. Start berdiri umum dalam banyak olahraga otomotif, termasuk sebagian besar balap mobil kursi tunggal (terutama Formula Satu dan Formula 2), Mobil Turing (terutama Turing Inggris dan Dunia), balap drag, Kejuaraan Supercars, balap karting, dan banyak jenis balap off-road jarak pendek. Dalam start berdiri yang khas, putaran formasi dilakukan, memberi waktu kepada personel tim untuk menjauh dari grid awal dan kembali ke kotak-kotak pit. Setelah putaran formasi selesai, semua mobil menempatkan diri sesuai dengan urutan hasil kualifikasi, dan Mobil Medis menempatkan diri di belakang grup mobil. Begitu Mobil Medis berada dalam posisi, sistem lampu yang terdiri dari lima lampu akan ditampilkan, dan dalam proses ini, seorang marshal berjalan atau berlari melintasi grid sambil mengibarkan bendera hijau untuk menunjukkan bahwa semua mobil berada dalam posisi yang benar. Setelah jumlah detik yang telah ditentukan berlalu, lampu-lampu akan mati, dan balapan dimulai. Namun, kecelakaan pada lap pertama sering terjadi.

Untuk ajang berbasis Amerika seperti Seri IndyCar, NASCAR, dan SCCA umumnya menggunakan start bergulir. Selama musim 2013 dan 2014, Seri IndyCar mencoba menerapkan aturan start berdiri dalam beberapa acara terpilih.[2][3] Namun, IndyCar menghentikan prosedur ini setelah musim 2014, karena banyak start yang gagal dan kecelakaan di garis start pada Grand Prix Indianapolis 2014.[4]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Official List Of World Speed Records Homologated By The FIA In Category C" (PDF). FIA. Diakses tanggal 9 April 2023. 
  2. ^ Glendenning, Mark (July 9, 2013). "IndyCar updates 2013 standing start procedure". Autosport. Diakses tanggal 2013-10-01. 
  3. ^ DiZinno, Tony (October 1, 2013). "Grand Prix of Indianapolis set for May 10, 2014 on revised course". NBC Sports. Diakses tanggal 2013-10-01. 
  4. ^ Olson, Jeff (December 2, 2014). "IndyCar eliminates standing starts in 2015". USA Today. Diakses tanggal 11 October 2017.