Stadion Marrakesh

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Stadion Marrakesh
Stadion Marrakesh
Informasi stadion
Nama lengkapStadion Marrakesh
PemilikPemerintah Kota Marrakesh
Lokasi
LokasiBendera Maroko Marrakesh, Maroko
Konstruksi
Dibuka5 Januari 2011
Gregotti Associati International
Data teknik
PermukaanRumput
Kapasitas45.240[1]
Pemakai
Kawkab Marrakesh

Stadion Marrakesh (bahasa Arab: ستاد مراكش‎, bahasa Prancis: Grand Stade de Marrakesh, Berber: Annar n Merrakec) adalah sebuah stadion multi-fungsi yang terletak di Marrakesh, Maroko. Stadion ini dirancang oleh Gregotti Associati International.

Selesai pada Januari 2012, stadion ini umumnya digunakan pada pertandingan sepak bola dengan kapasitas untuk menyelenggarakan Olimpiade. Stadion ini merupakan markas tim sepak bola Kawkab Marrakesh. Stadion ini memiliki kapasitas 45.240 orang. Stadion ini menggantikan Stadion El Harti sebagai markas Kawkab Marrakesh dan stadion utama di kota Marrakesh.

Stadion Marrakesh menjadi tuan rumah penyelenggaraan Piala Kontinental IAAF 2014, dan juga empat pertandingan termasuk final Piala Dunia Antarklub FIFA 2014. Stadion ini juga menyelenggarakan Kejuaraan Afrika dalam Atletik 2014.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Pembangunan[sunting | sunting sumber]

Diluncurkan pada September 2003, pembangunan stadion memakan waktu 7 tahun 3 bulan. Inagurasi bertempat pada 5 Januari 2011 dengan pertandingan persahabatan dua tim Maroko, yakni Kawkab Marrakesh dan Wydad Casablanca menghadapi dua tim Prancis, Olympique Lyonnais dan Paris Saint Germain.

Kritik[sunting | sunting sumber]

Setelah pembangunan lebih dari tujuh tahun, masyarakat Marrakesh dan kontributor meluncurkan stadion pertama di dunia yang persegi panjang dan memiliki lintasan lari. Kritik bercabang dari keputusan-keputusan yang konstruktif adalah bahwa jarak dari lintasan lari ke bangku jauh terlalu jauh. Dianggap sebagai kesalahan pembangun, ruang kontras dikaitkan dengan kurangnya potensial penonton di stadion, yang menghindari stadion karena penglihatan yang buruk.[2]

Sarana akses[sunting | sunting sumber]

Stadion berlokasi tujuh mil utara dari Marrakesh dan dilayani oleh Bandar Udara Internasional Menara yang berjarak empat belas kilometer, dan jalur kereta api kota. Akses ke stadion ditunjang oleh enam belas pintu dan sebuah pintu masuk utama.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Stade de Marrakech. SkycraperCity. Diakses 17 Januari 2015.
  2. ^ The Stadium Guide, Grand Stade de Marrakech. 10 Juni 2014.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Koordinat: 31°42′24″N 7°58′50″W / 31.70667°N 7.98056°W / 31.70667; -7.98056