Pertandingan persahabatan

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari

Pertandingan persahabatan (bahasa Inggris:Friendly Match) juga dikenal sebagai pertandingan eksibisi, pertandingan pemanasan, atau pertandingan persiapan adalah ajang olahraga yang mempertandingkan dua tim yang tidak terikat kompetisi atau turnamen tertentu sehingga pertandingan jenis ini bersifat tidak resmi. Selain itu, cara ini juga sering digunakan sebagai metode pelatih untuk menyeleksi pemain-pemain utama yang layak tampil pada turnamen resmi.

Umumnya pertandingan persahabatan lebih sering dilakukan antar tim nasional oleh karena sering terdapat pemain-pemain yang berkarier di liga negara lain, sehingga menjadi kesempatan bagi para pemain ini untuk belajar bekerja sama dan beradaptasi dengan para pemain yang memperkuat klub lokal. Pertandingan persahabatan dapat diadakan antara dua tim yang berbeda atau antara skuat utama dan skuat pelapis dari pelatih yang sama.

Selain untuk pemilihan tim utama, pertandingan persahabatan juga digunakan ajang hiburan bagi para penggemar di wilayah tertentu atau bertujuan sebagai pengumpulan dana untuk amal.