Sri Ngilang

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Sri Ngilang
Sri ngilang.jpg
ProduserGeorge Quinn
PemeranSri, Suparto (Ed Mosley), Landhung (Andrew Mitchell), Nur (Katrina Reid), Narsih (Evangeline Hall), Endang Winarni (Kirilli McKenzie), Pak Sardi (George Quinn), Polisi (Ben Djung), Wulaningsih (Karina Bonten Forward)
Durasi
27 menit 51 detik
NegaraAustralia
BahasaBahasa Jawa
Dr. George Quinn di Leiden (19-12-2006 at J's promotion)


Sri Ngilang, atau The Disappearance of Sri (Jawa: ꦱꦿꦶ ​ꦔꦶꦭꦁ; Aksara Jawa Surakarta: Sri Ngilang), adalah sebuah video berdurasi 27 menit 51 detik yang dibuat oleh para mahasiswa dan dosen mereka, George Quinn, di Australian National University (ANU), Canberra, Australia.

Latarbelakang[sunting | sunting sumber]

Pembuatan video Sri Ngilang ini dimaksudkan sebagai praktik latihan pembelajaran unggah-ungguh bahasa Jawa oleh para mahasiswa Australia. Dengan hadirnya video ini, mereka bisa memvisualisasikan latihan bahasa mereka dalam konteks bahasa sehari-hari dalam bahasa Jawa ragam krama, serta memahami budaya musik Jawa dan teater melodrama.[1]

Video ini diunggah di Youtube sejak tanggal 16 Desember 2014[2], dan sejak itu mulai terkenal di media sosial seperti Twitter. Video ini digemari oleh sebagian masyarakat karena dibuat dan diperankan oleh mahasiswa Australia dengan menggunakan bahasa Jawa ragam krama, walaupun aksen Australia mereka masih kentara. Bahasa Inggris hanya digunakan sebagai judul dan subjudul saja.[3][4]

Plot[sunting | sunting sumber]

Video ini menceritakan tentang seorang mahasiswi, Sri, yang tiba-tiba menghilang tiada kabar berita sehingga menimbulkan kepanikan bagi keluarga dan kawan-kawannya. Ternyata, Sri hanya berpura-pura mendapat kecelakaan sehingga dirawat di rumah sakit dan bisa bertemu dengan dokter yang ada di sana. Cerita ini diakhiri dengan lantunan lagu berjudul "Sri Minggat" yang diciptakan oleh Didi Kempot.

Pemeran[sunting | sunting sumber]

Sri, Suparto (Ed Mosley), Landhung (Andrew Mitchell), Nur, Narsih, Prakoso (Benjamin Djung)

Referensi[sunting | sunting sumber]