Spring (film 2019)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Spring
Poster Pillar oleh Blender Studio
Poster Pillar oleh Blender Studio
SutradaraAndreas Goralczyk
ProduserTon Roosendaal
Francesco Siddi
Ditulis olehAndreas Goralczyk
Penata musikTorin Borrowdale
AnimatorHjalti Hjalmarsson
(Animation director)
Ignacio Conesa
Nathan Dillow
Pablo Fournier
Perusahaan
produksi
DistributorBlender Foundation
Tanggal rilis
4 April 2019
Durasi8 menit
NegaraBelanda

Spring adalah film animasi pendek bergenre fantasi tahun 2019 yang ditulis dan disutradarai oleh Andreas Goralczyk dan diproduksi oleh Ton Roosendaal dan Francesco Siddi. Ini adalah "film terbuka" ke-12 dari Blender Institute, dan dibuat menggunakan perangkat lunak sumber terbuka, Blender. Film ini berkisah tentang seorang gembala muda dan anjingnya yang menghadapi roh-roh kuno untuk mewujudkan pergantian musim. Film ini didanai oleh Blender Foundation, dengan sumbangan dari komunitas Blender. Film dan materi apa pun yang dibuat di studio dirilis di bawah Lisensi Creative Commons.[1]

Pada tanggal 4 April 2019, film ini pertama kali dirilis di YouTube. Pada Desember 2020, video tersebut telah ditonton lebih dari 7 juta kali.

Alur[sunting | sunting sumber]

Spring, durasi penuh

Jauh di atas awan, seorang gembala, Spring, turun ke hutan beku di bawah. Suasananya gelap dan berkabut, sangat kontras dengan cuaca musim semi yang cerah di atas; awan yang menyebabkan hal ini mengelilingi kepala roh purba yang telah membekukan hutan, yang berwujud makhluk antropomorfik berkaki empat. Dia memanggil mereka dengan memukul batu besar menggunakan sebuah tongkat kayu. Dia memberi hormat kepada Alpha, yang menundukkan kepalanya dari awan. Ia menyerang Spring menggunakan antena dan memaksa Spring untuk memainkan musik. Pada akhirnya, Spring berhasil menyelesaikan melodi musik tersebut. Makhluk roh itu melepaskan salah satu bagian antena musiknya (lonceng), yang kemudian ditancapkan oleh Spring ke mata tongkatnya untuk mengaktifkannya dengan warna merah menyala. Dengan kekuatan yang dia miliki sekarang, roh-roh lain terbangun dan mulai bergerak ke arahnya.

Namun, sebatang salah satu makhluk roh merobohkan sebatang pohon, yang mehyebabkan Spring menjatuhkan tongkatnya dan melemparkan loncengnya jauh-jauh, hal ini membuat makhluk roh yang mengejarnya menjadi marah. Saat lonceng hendak diinjak, Spring mengambilnya dan memasangkannya kembali ke tongkatnya. Spring kemudian kembali mendapat kendali atas roh-roh tersebut, dan menggunakan tongkatnya untuk mengarahkan makhluk-makhluk itu menjauh dari hutan. Makhluk-makhluk itu digiring seperti domba keluar dari lembah berawan, yang menyebabkan awan menyebar dan menyembuhkan daratan dari pembekuan. Beragam tumbuhan kembali mekar, dan es-es mencair.

Banyak sekali rangkaian rantai yang mengalir dari atas dinding batu, dengan lonceng-lonceng dari tahun-tahun yang lalu bersarang, bergantian secara tegak lurus, ke setiap celah rantai. Spring kemudiam memasukkan lonceng terakhir yang baru saja ia dapatkan ke dalam lubang rantai yang tersedia.

Produksi[sunting | sunting sumber]

Poster film asli untuk rilis Spring

Film ini ditulis dan disutradarai oleh Andreas Goralczyk. Pengarahan seni awal dan desain karakter film ini dikerjakan oleh David Revoy, yang dikenal dengan Pepper&Carrot, sebuah serial komik web sumber terbuka, dan telah mengerjakan tiga film pendek Blender Foundation lainnya sebagai seniman konsep.[2][3] Film ini diproduksi oleh Ton Roosendaal dan Francesco Siddi. Tim produksi Spring memulai produksi dengan menggunakan Blender 2.79, yang kemudian beralih ke versi 2.80, yang masih dalam versi beta.[4][5] File karakter dan aset untuk film tersebut dirilis di bawah Lisensi Creative Commons CC-By 4.0 di Blender Cloud. sutradara musik memainkan peran besar dalam film ini, karena tidak ada satu kata pun yang diucapkan dan ceritanya sepenuhnya didorong oleh musik.[1][6]

Setelah mengumpulkan berbagai "bahan referensi dan inspirasi" untuk film tersebut, seniman grafis Julien Kaspar mendiskusikan idenya dengan Goralczyk sebelum memulai pengembangan film tersebut. Para pemeran membuat koreografi adegan klimaks film tersebut sebagai bahan referensi, yang diperlukan untuk menggambarkan tekanan yang dirasakan Spring. Setelah konsep film disetujui oleh sutradara, "Nacho" Conesa mulai mengatur dan membuat animasinya. Detail topologi dasar untuk mesh sangat penting untuk menambahkan detail nanti. Pembukaan UV digunakan dalam proses pengecatan tekstur dan pembuatan kue. Jaring dasar untuk karakter film harus dikirim ke departemen rigging untuk beberapa pengambilan gambar tata letak, yang menciptakan kendala untuk pengembangan lebih lanjut dari model karakter. Pada akhirnya, pengambilan gambar di mana Musim Semi telah jatuh dan harus bangkit untuk mengejar bunyi lonceng memerlukan waktu 2–3 minggu untuk dianimasikan; sambil memoles versi splined, pekerjaan dapat dimulai pada bidikan berikutnya.[7]

Penerimaan[sunting | sunting sumber]

Dalam tulisannya untuk Film Inquiry, Adam Mock membuka artikel ulasannya dengan, "Spring telah tiba dan hasilnya sungguh indah." Sebuah "ide sederhana" dengan "keanggunan yang kompleks", ia membandingkan penggunaan musik sebagai bahasa antarspesies dengan Close Encounters of the Third Kind karya Spielberg. Ia memuji film ini secara bersamaan memiliki latar yang sederhana, seorang gadis dan anjingnya, dan lingkungan misterius yang kompleks. Dia menulis bahwa film tersebut bersaing dengan film-film berdurasi panjang yang dibuat oleh studio-studio besar yang memiliki anggaran lebih besar. Menurut Mock, pengetahuan tersebut dapat diperluas dengan sekuelnya, tetapi pengetahuan tersebut juga dapat berdiri sendiri dengan baik.[8]

Film ini mendapat respon positif dari para kritikus dan publik, dan memiliki lebih dari 5,2 juta penayangan di YouTube pada September 2020.[9]

Penghargaan[sunting | sunting sumber]

Penghargaan Kategori Tanggal Hasil Referensi
Mundos Digitales International Animation Festival Best Short Film 13 Juli 2019 Menang [10][11]
Animago Award & Conference 2019 Best Short Film 2–4 November 2019 Nominasi [12][13]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b HolmFeed 60up, 15 Apr 2019 Joshua Allen. "Blender short film, new license for Chef, ethics in open source, and more news". Opensource.com (dalam bahasa Inggris). Diarsipkan dari versi asli tanggal 2020-12-28. Diakses tanggal 2019-12-13. 
  2. ^ "Interview with Sintel's art director David Revoy". libregraphicsworld.org. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2020-11-09. Diakses tanggal 2020-09-26. 
  3. ^ "Spring – it4innovations & blender" (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2019-12-13. 
  4. ^ "'Kids' Takes Best in Show Honors at SIGGRAPH Asia Computer Animation Festival". Animation World Network (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2020-09-26. 
  5. ^ Goda, Satish (2019-04-09). "Spring : Blender Open Movie". Medium (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2019-12-13. 
  6. ^ Institute, Blender. "About". Blender Cloud (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2020-05-27. 
  7. ^ "Step-By-Step: Breaking Down Blender's New 'Spring' Short". Cartoon Brew (dalam bahasa Inggris). 2019-04-04. Diakses tanggal 2019-12-12. 
  8. ^ Mock, Adam (2019-04-17). "SPRING: Animated Short Brings Warm Feelings". Film Inquiry (dalam bahasa Inggris). Diarsipkan dari versi asli tanggal 2020-12-28. Diakses tanggal 2020-09-26. 
  9. ^ "Spring - Blender Open Movie". YouTube. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2019-04-10. 
  10. ^ "MUNDOS DIGITALES | FESTIVAL". Mundos Digitales. Diarsipkan dari versi asli tanggal September 26, 2020. Diakses tanggal 2020-09-26. 
  11. ^ "Juego de Tronos' cierra Mundos Digitales". www.laopinioncoruna.es (dalam bahasa Spanyol). 14 July 2019. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2019-07-15. Diakses tanggal 2020-09-26. El premio al mejor cortometraje fue para Spring, de Blender Animation Studios 
  12. ^ "animago 2019 Announces Jury and Award Nominees". Animation World Network (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2020-09-26. 
  13. ^ "animago AWARD: Nominated Productions". animago 2019 (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2020-09-26. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]