Spons kasa

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Spons kasa (serapan dari Belanda: gaas spons) adalah perlengkapan medis sekali pakai yang biasa digunakan dalam pengobatan dan pembedahan. Biasanya terbuat dari kain kasa dan digunakan untuk menyerap darah dan cairan lain serta membersihkan luka. Bila digunakan dalam pembedahan, disebut spons bedah.

Spons kasa untuk medis.

Bahan yang digunakan dalam pembuatan kain kasa untuk keperluan medis antara lain bahan katun dan bahan bukan tenunan. Selain ukuran, lapisan, dan bahannya yang beragam, spons kasa juga bisa steril dan tidak steril. Desain tenunan terbuka dari spons kasa membantu menghilangkan jaringan mati dari permukaan kulit serta mengalirkan cairan dari luka secara vertikal ke balutan sekunder untuk membantu mencegah maserasi jaringan kulit.

Spons kasa dalam proses pembedahan.

Spons bedah yang tertinggal di rongga tubuh setelah operasi dapat menyebabkan komplikasi, dan merupakan kesalahan bedah yang umum. Karena alasan ini, menghitungnya saat digunakan dan dihapus adalah item daftar periksa yang umum. Ketika spons non-radiopak terlupakan selama operasi, tekstiloma atau gosipiboma akan terbentuk.[1] Beberapa spons dilengkapi strip radiopak sehingga dapat ditemukan lokasinya dengan sinar-X.

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Khoshbaten, Manouchehr; Tahsini-Tekantapeh, Sepideh (January 2017). "Endoscopic removal of retained large surgical gauze: a case report". Revista Española de Enfermedades Digestivas. 109 (1): 73–75. doi:10.17235/reed.2016.4225/2016alt=Dapat diakses gratis. ISSN 1130-0108. PMID 28081611.