Kain kasa

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Kasa[1] (serapan dari Arab: غزة, translitghazza, lit.'Gaza') atau kain kasa adalah kain tipis tembus pandang dengan tenunan renggang. Dalam istilah teknis, kasa adalah struktur tenun di mana benang pakan disusun berpasangan dan disilangkan sebelum dan sesudah setiap benang lusi, sehingga menjaga benang pakan tetap di tempatnya. Struktur tenunan ini digunakan untuk menambah stabilitas pada kain, yang penting bila menggunakan benang halus dengan jarak yang longgar. Namun, struktur tenunan ini dapat digunakan dengan berat benang berapa pun, dan dapat dilihat pada beberapa tekstil pedesaan yang terbuat dari benang serat tumbuhan kasar yang dipintal dengan tangan. Kasa banyak digunakan untuk pembalut medis.

Kain kasa untuk medis.
Struktur tenunan kain kasa.

Nomenklatur[sunting | sunting sumber]

"Kain kasa" dalam pengistilahan bahasa Indonesia merupakan suatu bentuk serapan hasil terjemahan langsung dari bahasa Belanda "gaas doek", yang secara etimologinya berasal dari nama suatu daerah di wilayah Timur Tengah, yakni Jalur Gaza (غزة, ghazza), sebuah pusat penenunan di wilayah tersebut.

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

  • Spons kasa – perlengkapan medis terbuat dari kain kasa

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Cari "Kasa" dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI)". Badan Pengembangan Bahasa dan Perbukuan. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.