Spiritual Kung-Fu

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Spritual Kung-Fu
SpiritualKungFu DVDcover.jpg
UK DVD cover
Sutradara Lo Wei
Produser Lo Wei
Penulis Pan Lei
Pemeran Jackie Chan
James Tien
Dean Shek
Yuen Biao
Distributor Lo Wei Motion Picture Company
Tanggal rilis 1978
Durasi 97 menit
Negara Hong Kong
Bahasa Cantonese

Spiritual Kung-Fu (Hanzi tradisional: 拳精) (Quan Jing) adalah sebuah film aksi laga dari Hong Kong buatan tahun 1978 yang disutradarai oleh Lo Wei dan menampilkan Jackie Chan. Di dalam film ini juga ditemui aksi dari Yuen Biao sebagai Master of the Five Fists. Di dalam film ini Chan juga seorang koordinator stuntman. Film ini juga dikenal dengan judul Karate Ghostbuster.

Bersama-sama dengan film Dragon Fist, Spiritual Kung-Fu, ia dibuat tahun 1978. Karena rumah produksi milik Lo Wei kehabisan biaya, maka kedua film ini hanya disimpan saja, dan Chan disewakan ke rumah produksi Seasonal Films untuk pembuatan dua buah film. Di saat yang bersamaan, ia membuat film Snake in the Eagle's Shadow dan Drunken Master dengan Yuen Woo-ping. Kesuksesan dua film ini masuk ke jajaran box office di Hong Kong, membuatnya terlambat untuk mengedarkan film Spiritual Kung-Fu (yang baru diedarkan pada akhir tahun 1978) dan Dragon Fist (1979).

Film ini adalah reaksi dari Lo Wei akan percobaan pertama dari Chan untuk menggabungkan unsur humor dengan seni bela diri kng fu dalam film Half a Loaf of Kung Fu. Unsur supranatural dalam film ini dibuat dengan mempergunakan teknik-teknik awal dari dunia efek khusus dari Hong Kong, yang malah menjadikannya kelucuan yang menarik bagi kalangan penonton Barat. Banyak naskah humor dari film ini ditekankan pada tingkah laku yang berlebihan dari Chan serta reaksinya ketika bertarung dengan gurunya.

Ringkasa alur cerita[sunting | sunting sumber]

Yi-Lang (Jackie Chan) adalah seorang murid bela diri kung fu yang cerdas, dimana keberaniannya membuatnya ditunjuk menjadi penjaga dari bagian yang paling berhantu di sekolahnya. Sehingga hantu yang paling nakal penghuni ruangan itu kagum akan keberaniannya sehingga mengajarkannya tekni pertarungan yang cukup unik yang dijuluki Five Style Fists. Yi-Lang menguasainya dengan cepat, dan membuatnya naik kelas dengan prestasi terbaik serta membantunya menyelamatkan diri dari serangan orang-orang jahat.

Gaya Kung Fu[sunting | sunting sumber]

Dalam filmFive Style Fists, gaya kung fu-nya mengacu kelima teknik dasar seni bela diri kung fu berdasarkan pada polah tingkah laku binatang. Ini adalah seni bela diri yang untuk pertama kalinya diajarkan di kuil-kuil Shaolin, sebagaimana yang diuraikan dalam buku karangan Qiu Yue Chan Shi, berjudul "The Essence Of The Five Fists" ("Intisari dari lima jenis tinju"). Gaya ini meliputi Jurus Naga, Jurus Harimau, Jurus Ular, Jurus ''Crane'' serta Jurus Macan Tutul / Jurus Harimau Kumbang.


Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]