Half a Loaf of Kung Fu

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Half a Loaf of Kung Fu
UK DVD cover
SutradaraChen Chi-Hwa
ProduserLo Wei
Hsu Li Hwa
Ditulis olehJackie Chan
Tang Ming Chi
PemeranJackie Chan
Dean Shek
James Tien
Elvis Tsui
Wu Ma
Penata musikFrankie Chan
Tomita Isao
SinematograferChen Chin Kui
PenyuntingLeong Wing Chan
Tanggal rilis
1978
Durasi98 minutes
NegaraHong Kong Hong Kong
BahasaCantonese
IMDbInformasi di IMDb
AMGProfil All Movie Guide

Half a Loaf of Kung Fu (Hanzi tradisional: 招半式闖江湖) atau Dian zhi gong fu gan chian chan adalah sebuah film aksi laga dari Hong Kong buatan tahun 1978 yang menampilkan Jackie Chan, yang juga bertindak sebagai koreografi aksi laga dan penulis naskah.

Produksi[sunting | sunting sumber]

Di awal-awal kariernya, Jackie Chan dipinang oleh produser film Lo Wei sebagai calon pengganti Bruce Lee namun, setelah gagal beberapa kali, Lo Wei memberikan kebebasan kepadanya untuk menuangkan ide-idenya sendiri dan berkreasi. Jackie banyak memasukkan ide-ide humornya yang nantinya membuatnya terkenal, walaupun humor-humornya sekarang dianggap kekanak-kanakan dan kurang dewasa. Namun walau begitu, ternyata hal itu membawa angin perubahan baru dalam dunia perfilman di Hong Kong dan membawa para penonton untuk berduyun-duyun pergi ke bioskop.

Half a Loaf of Kung Fu adalah film pertama, dimana Jackie Chan memiliki kebebasan untuk menuangkan ide-ide kreatifnya tanpa ada yang membatasi. Film ini menertawakan film-film aksi laga sebelumnya dengan menampilkan peran protagonist sebagai aksi yang janggal, dimana dia bukannya menjadi ahli seni bela diri malahan terlihat seperti orang yang baru aja belajar seni bela diri. Sayangnya Lo Wei tidak begitu terkesan dengan film ini dan menyimpannya saja tanpa diedarkan. Baru setelah Jackie Chan menjadi seorang bintang terkenal dengan film-film, Drunken Master dan Snake in Eagle's Shadow, Half a Loaf of Kung Fu baru diedarkan.

Liat juga[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  • Chan, Jackie with Jeff Lang. I am Jackie Chan: my life in action. New York: Ballantine, p. 222 and pp. 228–235.
  • Thomas, Brian. Videohound's Dragon: Asian Action and Cult Films. Detroit: Visible Ink Press, p. 294.