Yuen Biao

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Yuen Biao

Yuen Biao in Dragons Forever (1988)
Nama Tionghoa 元彪 (Tradisional)
Nama Tionghoa 元彪 (Sederhana)
Pinyin Yuán Biāo (Mandarin)
Jyutping Jyun4 Biu1 (Kanton)
Nama Lahir 夏令正 (Traditional)
Xià Lìngzhèng (Mandarin)
Haa6 Ling6zeng3 (Cantonese)
Nama Lain Bill Yuen
Jimmy Yuen
Pekerjaan aktor, produser, koreografi aksi laga
Tahun aktif 1962 – sekarang
Pasangan DiDi Phang Sau-Ha (1984 – sekarang)
Anak 2

Yuen Biao (lahir 26 Juli 1957; umur 56 tahun) adalah seorang aktor dari Hong Kong. Ia memiliki keahlian khusus dalam seni bela diri kungfu dan telah bekerja dalam lebih dari 80 film sebagai aktor, stuntman dan koreografi aksi laga. Bersama-sama dengan "saudaranya" lulusan dari Sekolah Opera Peking, Sammo Hung dan Jackie Chan, ia adalah salah satu dari anggota Seven Little Fortunes .

Tahun-tahun awal[sunting | sunting sumber]

Terlahir sebagai 夏令正 Xià Lìng-Zhèng (Hsia Ling-Jun) di Hong Kong, Yuen anak kelima dari enam bersaudara. Ia menimba ilmu di China Drama Academy antara umur lima sampai enam belas tahun, dan setelahnya ia mengembangkan kariernya di dunia perfilman Hong Kong.

Karier Film[sunting | sunting sumber]

Awal 1970-an[sunting | sunting sumber]

Di awal-awal tahun 1970an, Yuen mulai bekerja sebagai seorang stuntman dan peran pembantu. Setelah berperan dalam film berjudulFist of Fury, Way of the Dragon, Yuen menjadi seorang stunt untuk Bruce Lee di film Enter the Dragon, tahun 1973. Dia juga adalah salah satu "tiruan" dari Bruce Lee dalam film Game of Death (1978), melakukan berbagai macam gerakan akrobatik dan stunt dimana Bruce Lee "body double" (Taekwondo expert, Tai Chung Kim) tidak dapat melakukannya. Yuen tetap bekerja sebagai seorang stuntman, dan juga sebagai aktor di dunia industri perfilman Hong Kong.

Di awal-awal perannya, ia memakai nama panggung Bill Yuen untuk film-film Hong Kong yang diedarkan untuk kalangan internasional. Seiring dengan kesuksesan yang menyertai Jackie Chan dengan Golden Harvest, yang memiliki nama sama, maka dalam credit title namanya dituliskan sebagai "Jimmy Yuen".[1]

Akhir 1970an dan 1980an[sunting | sunting sumber]

Akhir tahun 1970an dan awal-awal tahun 1980an, berkat hubungan baiknya dengan teman-temannya dan teman sekelasnya, Sammo Hung dan Jackie Chan, ia mulai bekerja secara rutin sebagai aktor. Setelah bermain sebagai pemeran pembantu di film The Dragon, the Odds (1977) dan perannya sebagai peran utama dalam Knockabout (1978), ia mulai terkenal melalui beberapa film sukses diawal-awal tahun 1980an, salah satunya yang sering disebut adalah The Prodigal Son (disutradarai oleh Sammo Hung) dan Dreadnaught (disutradarai oleh Yuen Woo-ping). Kemudian ia juga bermain bersama-sama dengan "saudaranya" dari Sekolah Opera Peking, Chan dan Hung, dalam film Project A, Wheels on Meals dan Dragons Forever. Selain itu ia juga muncul dalam beberapa peran kecil dalam beberapa film seperti Hung trilogi Lucky Stars.

Catatan kaki[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Bey Logan. (2006). Wheels on Meals commentary track DVD. Hong Kong Legends.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]