Spidercam

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Spidercam (kanan atas) dalam penggunaan sebelum dimualainya sebuah pertandingan sepak bola

Spidercam adalah sistem yang memungkinkan film dan televisi kamera untuk bergerak baik secara vertikal dan horizontal di daerah yang telah ditentukan, biasanya lapangan bermain dari acara olahraga seperti lapangan sepak bola atau lapangan tenis. Nama Spidercam merupakan merek dagang. Perangkat spidercam, digunakan untuk menghasilkan view tiga dimensi atau 3D dalam pertandingan. Spidercam merupakan perangkat kamera yang mampu bergerak tanpa dibatasi oleh kendala di atas tanah. Kamera ini dengan mudah dan dengan tenang mengikuti perintah pilot atau operator. Teknologi inilah yang membuat penonton menjadi lebih dekat dengan lapangan, sehingga bisa melihat pergerakan pemain.

Pengoperasiannya menggunakan empat motor derek yang ditempatkan di setiap sudut lapangan. Operator menggunakan remote control untuk menggerakkan kamera yang dipasang pada kawat baja yang terhubung ke kamera carrier-gyro-stabil, atau dolly, dengan menggunakan sistem robot. Pergerakan bukan hanya pada kamera, tetapi juga pada penggeraknya. Hal inilah yang memungkinkan kamera mengambil angle atau sudut pengambilan gambar dari berbagai titik. Spidercam dilatih khusus oleh operator kamera yang bertanggung jawab atas semua masalah yang terjadi pada kamera.

Pada Pelaksanaan Piala Dunia 2010 di Afrika Selatan kemarin tidak hanya menarik dari sisi kualitas para pemain maupun permainan bola yang cantik. Namun selama permainan bola berlansung, ada peran spidercam yang mengambil gambar selama jalannya pertandingan. Seringkali, kita melihat view yang bergerak cepat dari atas lapangan kemudian bergerak ke arah pemain atau ke arah gawang maupun ke arah penonton dan pelatih, sehingga penonton yang melihat dari televisi atau layar lebar seolah juga ikut bergerak. Terkadang, terlihat tayangan gerakan sangat lambat aksi lihai para pemain saat mengecoh lawan ketika mengiring bola atau aksi lihai para pemain saat menggiring bola ke gawang. Hal itu semua berkat kecangihan spidercam. Teknologi high speed camera inilah yang membuat penonton bisa menyaksikan gerakan ultra slowmotio atau sangat lambat.

Sejarah Spidercam[sunting | sunting sumber]

Jens C. Peters, yang merupakan pendiri CCSytems Inc, dia lah yang mengembangkan sistem Spidercam. Perusahaan di Austria yang mulai pada tahun 2000 khusus untuk menciptakan sebuah sistem kabel-suspensi yang berfungsi sepenuhnya untuk perangkat kamera transportasi, yang mampu bergerak tidak hanya lateral atau horizontal di tanah, tetapi juga vertikal, sehingga memberikan penuh tiga dimensi sementara gerakan meliputi area yang luas baik di dalam ruangan serta luar ruangan, menggunakan komponen standar dan dapat diandalakan sebagai modul.

Pengujian sistem pertama, yang berhasil diambil di sebuah aula besar di Carinthia, Austria pada tahun 2003. Pada tahun 2004 sistem ini digunakan untuk pertama kalinya pada produksi televisi di Austria. Pada tahun yang sama, Peters bekerja sama dengan perusahaan Jerman PMT Profesional Motion Teknologi GmbH, sebuah rumah disewa khusus untuk teknologi kamera gerak. Setelah beberapa modifikasi terinspirasi oleh PMT, maka Spidercam memasuki pasar. Pengunaan spidercam awalnya adalah untuk acara live seperti konser - Kylie Minogue di Australia, Robbie Williams di Inggris dan Polisi di Argentina - program televisi seperti Eurovision Song Contest di Yunani dan Finlandia, dan acara olahraga besar seperti Piala Eropa Renang di Hungaria, Red Bull X-Fighters di Meksiko dan Spanyol dan pertandingan sepak bola internasional. PMT juga menyediakan sistem untuk kamera film 35 mm.

Sebuah pasangan baru, pengusaha dari Austria Herbert Neff, yang bergabung dengan Peters pada tahun 2007 dan sebuah perusahaan baru spidercam GmbH, didirikan. Karena hubungan bisnis, maka lebih lanjut telah diciptakan di sejumlah negara, seperti Inggris, Perancis, Portugal, Italia, Polandia, Tunisia, Australia dan Cina, yang menyediakan staf, dan peralatan lokal tahu bagaimana untuk produksi film dan siaran perusahaan di negara tersebut. Untuk memenuhi pertumbuhan permintaan untuk layanan spidercam, spidercam GmbH menawarkan lokakarya untuk operator prospektif, dengan tujuan menjamin kualitas tertinggi dan standar keselamatan. Spidercam Gmbh memiliki departemen teknik dalam rumah yang bekerja pada peningkatan spidercam dan mengembangkan aplikasi khusus untuk memenuhi permintaan pelanggan. Saat ini sedang dilakukan revisi pada sistem sepenuhnya dan baru, yang disebut spidercam MkII.

Fitur Spidercam[sunting | sunting sumber]

Diadaptasi untuk mengangkat kamera film 35mm yang merupakan fitur spidercam dalam memenuhi tuntutan fitur yang khas film dan produksi komersial. Selain kekhasannya, spidercam efeknya juga dilengkapi dengan fungsi "playback": Rekam gerakan Anda dan yang memiliki sistem yang dapat mengulang sesering yang Anda suka.

Spesifikasi[sunting | sunting sumber]

Winches Berat : 300 kg/660 1bs Dimensi : 1500 x 900x 800 mm / 59 x 32,2 x 53,3 pasokan daya yang diperlukan 400 V /32 A CEE (untuk masing-masing winch) Kecepatan : 8 m/s Perangkat kabel/ komposit kabel kevlar Panjang : 340 m / 1115 ft Area : 230 x 230 m / 754 x 754 ft Ketegangan kabel maksimal : 100 kg / 220 lb Break point : 1200 kg / 2640 lbs Keamanan : 12 x dolly berat : 25 kg / 66 lb (without camera) power supply: 4 li-ion batteries remotehead Pan : kecepatan 60°/s, 360° tanpa akhir Tilt : kecepatan 120°/s, +90°, -100° kamera compact 35mm kamera film, contohnya : Arri 235 kamera digital yang memiliki resolusi tinggi, contohnya : RED one model selanjutnya berdasarkan permintaan! lensa: memasang prim dan perbesaran angle pada lensa berdasarkan permintaan kontrol-desk: footprint: minimal 2 x 3 m / 6,6 x 10 ft power supply: 230V/10A

Jenis-Jenis SpiderCam[sunting | sunting sumber]

Spidercam®HD-STUDIO[sunting | sunting sumber]

Dirancang untuk instalasi indoor atau dalam ruangan, terutama untuk acara TV dan produksi studio lainnya, spidercam yang HD-STUDIO menyediakan semua keuntungan dari sistem yang lebih besar sementara memiliki emisi kebisingan yang lebih rendah dan dikurangi ukurannya. Studio Kompak dan menunjukkan dengan penonton hidup sangat memanfaatkan fitur-fitur dari spidercam yang HD-STUDIO.

Spidercam®HD-LAPANGAN[sunting | sunting sumber]

Ditujukan untuk instalasi outdoor atau luar ruangan, seperti stadion dan lapangan atau daerah peristiwa besar, tetapi juga untuk studio besar, tahap suara atau arena dalam ruangan dan tempat lainnya, yang spidercam HD-LAPANGAN mencakup sebuah daerah yang luas dan dirancang untuk memberikan gerakan panjang di atas penonton, lapangan bermain atau tahap tentu saja dengan khas spidercam wow-efek.

Keselamatan SpiderCam[sunting | sunting sumber]

Keselamatan adalah prioritas utama. Spidercam disertifikasi oleh BGV Jerman dan telah dianugerahi BGV C1 sertifikasi. Persetujuan ini menjamin tingkat tertinggi standar keselamatan Eropa. Selain segel Jerman internasional menyetujui spidercam sistem juga berwenang untuk terbang di atas penonton sesuai dengan persyaratan dari Biro VERITAS Prancis.

Dalam keadaan darurat atau kerusakan konsep sistem keamanan akan berhenti segera. Berhenti ini terdiri dari penonaktifan dari derek dan aktivasi dari semua rem, yang membawa sistem untuk menghentikan dalam milidetik. Sebuah berhenti baik dapat dimulai secara manual dengan menekan salah satu tombol "berhenti darurat", atau secara otomatis oleh salah satu protokol keamanan yang terintegrasi.

Pranala Luar[sunting | sunting sumber]