Sorek

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
ValleyOfSorek.jpg

Lembah sungai Sorek (bahasa Ibrani: נחל שורק, Nahal Sorek, harafiah: "aluran Sorek", atau "Soreq") adalah salah satu cekungan drainase yang terbesar dan yang paling penting di Pegunungan Yudea.[1] Nama ini disebutkan dalam Kitab Hakim-hakim (pasal 16 ayat 4) dalam Alkitab sebagai perbatasan kuno antara wilayah orang Filistin dan Suku Dan Israel. Dikenal dalam bahasa Arab sebagai Wadi es-Sarār, kadang-kadang dieja Surar,[2] dan dengan berbagai nama di sepanjang segmen yang berbeda, seperti Wadi Qalunya dekat Motza,[3] Wadi al-Tahuna, dan Nahr Rubin di daerah hilir.

Etimologi[sunting | sunting sumber]

Dalam Midras (Numbers Rabbah 9) dinyatakan bahwa sorek adalah "pohon tak berbuah; pohon sia-sia" (kata ריק req berarti "kosong" dalam bahasa Ibrani), yang menyiratkan sebuah pelajaran moral dan metafora yang menunjukkan bahwa keterlibatan Simson dalam urusannya dengan Delila akhirnya "sia-sia". Namun, etimologi lain menunjukkan bahwa "sorek" berarti "anggur" dan mengacu pada perkebunan anggur dan pembuatan minuman anggur yang berkembang di daerah tersebut.

Catatan Alkitab Ibrani[sunting | sunting sumber]

Nahal Sorek adalah tempat di mana Delila tinggal, dan Simson datang untuk bertemu dengannya pertama kalinya. Itu juga tempat Delila membujuk Simson untuk menceritakan rahasia kekuatannya, dan di mana Simson akhirnya ditangkap oleh orang Filistin:

Sesudah itu Simson jatuh cinta kepada seorang perempuan dari lembah Sorek yang namanya Delila. Lalu datanglah raja-raja kota orang Filistin kepada perempuan itu sambil berkata: "Cobalah bujuk dia untuk mengetahui karena apakah kekuatannya demikian besar, dan dengan apakah kami dapat mengalahkan dia dan mengikat dia untuk menundukkannya. Maka kami masing-masing akan memberikan seribu seratus uang perak kepadamu." (Hakim-hakim 16:4-5[4])

Properti tanah di sepanjang sungai[sunting | sunting sumber]

Pada tahun 1921, lahan yang dibatasi Nahal Sorek (Wadi es Surar / Wad Issarar) yang melintasi bagian selatan Artuf ditetapkan sebagai "tanah Mara," artinya tanah padang rumput yang disediakan terutama untuk penggunaan oleh desa-desa yang berdampingan.[5]

Jalan dan jalur kereta api[sunting | sunting sumber]

Bekas stasiun kereta api Nahal Sorek

Pada abad ke-19, Nahal Sorek berfungsi sebagai penghubung penting antara dua kota besar di daerah itu, Jaffa dan Yerusalem. Karena kereta api pada saat itu bergantung pada sumber-sumber air, beberapa surveyor yang merencanakan kereta api pertama di Timur Tengah, jalur Jaffa–Yerusalem, memutuskan untuk menggunakan Nahal Sorek sebagai rute utama jalur tersebut. Jalur ini diresmikan pada tahun 1892. Sementara jalur kereta api berkecepatan tinggi Tel Aviv ke Yerusalem, yang diharapkan untuk dibuka bagi layanan penumpang pada kuartal keempat tahun 2018,[6] dirancang untuk menghindari rute Nahal Sorek rute dan memperpendek jalurnya, meskipun jalur kereta api sepanjang Nahal Sorek yang lebih tua juga diperbaharui dan tetap digunakan. Jalur yang menghubungkan dua kota terbesar maupun bandara-bandara internasional utama negara ini, terentang di arah barat-timur antara Tel Aviv, Bandar Udara Internasional Ben Gurion, Lod, Ramla, Beit Shemesh ("Bet-Semes") dan Yerusalem. Namun, saat ini jalur kereta tersebut terutama berfungsi sebagai rute pemandangan indah bagi para wisatawan. Beberapa penampungan air berukuran kecil terdapat di sepanjang rute, terutama di dekat Tal Shahar dan Yesodot. Sejumlah air terjun terletak pada beberapa anak-anak sungainya, termasuk Ayanot Dekalim di Beit Shemesh, Ein Sifla di Nahal HaMe'ara, dan lain-lain.

Cagar Alam[sunting | sunting sumber]

Cagar Alam Nahal Sorek (Nahal Sorek Nature Reserve) pertama kali dideklarasikan pada tahun 1965, dan sejak itu diperluas, mencakup lebih dari 11000 dunam,[7] dari Cagar Alam Gua Avshalom dekat Beit Shemesh, sampai moshav Nes Harim.

Pabrik desalinasi[sunting | sunting sumber]

Di dekat mulut Sungai Sorek ada dua pabrik besar desalinasi air laut, Palmachim dan Sorek; yang terakhir ini, bila digunakan pada kapasitas penuh, merupakan yang terbesar dari jenisnya di dunia (sampai tahun 2013).[8]

Pemandangan panorama kanal Nahal Sorek, di bagian barat pengunungan Yerusalem

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

  • Dewan Daerah Nahal Sorek, distrik administrasi di Israel Tengah yang terletak di sepanjang Lembah Sorek
  • Pusat Penelitian Nuklir Soreq, lembaga penelitian dan pengembangan
  • Timnah ("Timna"), kota kuno Filistin yang disebutkan dalam Alkitab, yang diidentifikasi dengan Tel Batash di Lembah Sorek
  • Zora, kota kuno alkitabiah di Yehuda, yang diidentifikasi dengan sebuah situs dengan pemandangan ke Lembah Sorek

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Protecting The Environment
  2. ^ Office for Subject Cataloging Plicy, Collections Services (1992). Library of Congress Subject Headings. IV Q-Z (edisi ke-15). Washington, D.C.: Library of Congress. Diakses tanggal 24 May 2018. 
  3. ^ Oded Lowenheim (2014). The Politics of the Trail: Reflexive Mountain Biking along the Frontier of Jerusalem. University of Michigan Press. ISBN 9780472052127. Diakses tanggal 24 May 2018. ....the Soreq riverbed, which on the British map I brought them is called Wadi Qalunya. 
  4. ^ Judges Chapter 16 - Mechon-mamre
  5. ^ Israel Government Archives (Land Registry Office of Jerusalem - Register of Deeds), p. 39 (Mandatory Organizations); letter written by M. Doukhan, Advocate, on 19 January, 1941. "Mara lands," same as "Arazi Metruké" in the Ottoman Land Code, of which there were two kinds: the first being "pasture land" that has been allotted to a village or number of villages, and which cannot be cultivated or turned into private property or belong to individuals (Art. 97 of the Ottoman Land Code). Such lands were used principally as pasture land for grazing; the second being "pasture land" that was privately owned, and which could be used for general cultivation, such as ploughing and sowing (Article 5 of the Law of Disposition of Immovable Property of the year 1913 (1331)), without the necessity of obtaining special authority.
  6. ^ Zagrizak, Asaf (22 February 2018). "High-speed train to Jerusalem delayed by 6 months". Ynet. Diakses tanggal 24 February 2018. 
  7. ^ "List of National Parks and Nature Reserves" (PDF) (dalam bahasa Hebrew). Israel Nature and Parks Authority. Diarsipkan dari versi asli (PDF) tanggal 2012-03-13. Diakses tanggal 2010-09-27. Pemeliharaan CS1: Bahasa yang tidak diketahui (link)
  8. ^ Sales, Ben (May 30, 2013) With desalination, a once unthinkable water surplus is possible. The Times of Israel