Sorake

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Sorake adalah sebuah pantai yang bersebelahan dengan pantai Lagundri. Pantai ini terletak di Kecamatan Luahagundre Maniamolo, Kabupaten Nias Selatan, Sumatera Utara. Pantai Sorake terkenal dengan ombaknya yang besar sehingga sangat cocok untuk kegiatan berselancar. Setiap tahun banyak wisatawan terutama wisatawan manca negara yang mengunjungi pantai ini.

Di pantai ini juga sering diadakan kompetisi selancar baik yang bersifat lokal maupun kompetisi yang pesertanya dari berbagai negara. Nias Open adalah salah satu kejuaraan yang diselenggarakan di pantai ini, dengan diikuti ratusan peselancar dari berbagai negara dengan pemenangnya didominasi oleh peselancar dari Australia tiap tahun.

Pantai Sorake ini memiliki karakter ombak yang bagus, bahkan tingginya bisa mencapai 15 meter di bulan-bulan tertentu, misalnya bulan April hingga September. Lebih menantang lagi saat bulan purnama tiba.

Ombaknya bisa bergulung utuh hingga ke bibir pantai, dan punya 11 kali gelombang sebelum pecah. Ombaknya juga punya lima tingkatan berbeda, sehingga peselancar bisa beraksi dengan berbagai gaya. Selain itu, ombak di Pantai Sorake selalu muncul tanpa ada jeda waktu, sehingga sangat menyenangkan bagi para surfer.

Terdapat home stay dan penginapan kecil serta hotel di pantai ini. Hotel berbintangpun ada 1 unit yaitu Sorake Beach Hotel.