Song of Solomon

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Song of Solomon
PengarangToni Morrison
NegaraAmerika Serikat
GenreNovel
PenerbitAlfred A. Knopf
Tanggal terbit
1977
Jenis mediaPrint (hardcover, paperback)
Halaman337
ISBNISBN 0-394-49784-8
OCLC15366961
813/.54 19
LCCPS3563.O8749 S6 1987
Didahului olehSula (novel) 
Diikuti olehTar Baby (novel) 

Song of Solomon adalah sebuah novel karya Toni Morrison. Novel ini diterbitkan pada tahun 1977 di Amerika Serikat. Novel ini bercerita tentang Milkman Dead, yang dilahirkan tak lama setelah seorang eksentrik lingkungan melemparkan dirinya dari atap. Selama sisa hidupnya dia juga akan mencoba terbang. Dengan novel yang gambarkan dengan sangat cemerlang ini, Toni Morrison mentransformasikan kisah kedatangan zaman dengan keberanian seperti Saul Bellow atau Gabriel García Márquez. Saat ia mengikuti Milkman dari kota tempat berjemurnya ke tempat asal keluarganya, Morrison memperkenalkan seluruh pemeran pejuang dan peminat, pembohong dan pembunuh, penghuni dunia hitam.[1][2]

Tema[sunting | sunting sumber]

Wanita yang Ditinggalkan

Pengabaian wanita yang berulang-ulang terhadap pria di Song of Solomon menunjukkan bahwa karakter wanita novel ini mengalami beban ganda. Wanita tidak hanya ditindas oleh rasisme, tetapi mereka juga harus membayar harga untuk kebebasan pria. Guitar memberi tahu Milkman bahwa pria kulit hitam adalah pekerja kemanusiaan yang tidak diakui, tetapi kejadian di novel ini menyiratkan bahwa wanita kulit hitam lebih cocok dengan deskripsi ini. Adegan-adegan yang menggambarkan pengabaian wanita menunjukkan bahwa dalam novel itu, pria memikul tanggung jawab hanya untuk diri mereka sendiri, tetapi wanita bertanggung jawab atas diri mereka sendiri, keluarga mereka, dan komunitas mereka. Misalnya, setelah menderita melalui perbudakan, Salomo terbang pulang ke Afrika tanpa memperingatkan siapa pun akan kepergiannya. Tetapi istrinya, Ryna, yang juga seorang budak, terpaksa tetap di Virginia untuk membesarkan dua puluh satu anaknya sendirian. Juga, setelah ayah Guitar terbunuh dalam suatu kecelakaan pabrik, nenek Guitar harus membesarkan dia dan saudara-saudaranya. Meskipun dia sudah lanjut usia dan sakit, dia mendukung anak-anaknya secara finansial, intelektual, dan emosional.

Mengandalkan gagasan miring tentang peran gender ini, masyarakat dalam novel menilai pria dan wanita secara berbeda. Sementara pria yang terbang jauh dari komunitas dan keluarga mereka dihormati sebagai pahlawan, wanita yang melakukan hal yang sama dinilai tidak bertanggung jawab. Meskipun Solomon meninggalkan keluarganya dengan penerbangannya ke Afrika, beberapa generasi kemudian, ia dikenang sebagai patriarki pemberani dari seluruh komunitas. Pada saat yang sama, Ryna, yang ditinggalkan untuk merawat anak-anak, dikenang sebagai seorang wanita yang menjadi gila karena dia terlalu lemah. Penduduk. Masyarakat menghargai pengabaian Solomon atas anak-anaknya tetapi menghukum Ryna yang tidak mampu mengurus mereka sendirian.[3]

Alur[sunting | sunting sumber]

Robert Smith, seorang agen asuransi di kota Michigan yang tidak disebutkan namanya, melompat dari atap Rumah Sakit Mercy mengenakan sayap sutra biru dan mengklaim bahwa ia akan terbang ke pantai seberang Danau Superior. Tuan Smith merosot ke kematiannya. Keesokan harinya, Ruth Foster Dead, putri dokter kulit hitam pertama di kota itu, melahirkan anak kulit hitam pertama yang lahir di Mercy Hospital, yang kemudian diberi nama Milkman Dead.

Milkman muda kehilangan minat pada dirinya sendiri dan orang lain. Ia tumbuh dipelihara oleh kasih sayang ibu dan bibinya, Pilatus. Dia dirawat oleh saudara perempuannya, Korintus dan Magdalena (dipanggil Lena), dan dipuja oleh kekasih dan sepupunya, Hagar. Milkman tidak membalas kebaikan mereka dan tumbuh bosan dan istimewa. Dalam kurangnya belas kasihnya, Milkman menyerupai ayahnya, Macon Dead II, seorang tuan tanah yang kejam yang hanya mengejar akumulasi kekayaan.

Milkman menderita penyakit genetik, penyakit emosional yang berawal dari penindasan yang dialami oleh generasi sebelumnya dan diteruskan ke generasi mendatang. Kakek Milkman, Macon Dead, menerima nama anehnya ketika seorang prajurit Union yang mabuk keliru mengisi dokumennya (nama kakeknya tetap tidak diketahui oleh Milkman). Akhirnya, Macon terbunuh saat mempertahankan tanahnya. Kedua anaknya, Macon Jr. dan Pilatus, mengalami luka permanen karena menyaksikan pembunuhan itu dan menjadi terasing satu sama lain. Pilatus telah menjadi wanita miskin tetapi kuat dan mandiri, ibu dari sebuah keluarga yang mencakup putrinya, Reba, dan cucunya, Hagar. Sebaliknya, Macon Jr menghabiskan waktunya untuk mendapatkan kekayaan. Baik keluarganya dan penyewa mencercanya.

Pada saat Milkman mencapai usia tiga puluh dua, ia merasa terkurung tinggal bersama orang tuanya dan ingin melarikan diri ke tempat lain. Macon Jr memberi tahu Milkman bahwa Pilatus mungkin memiliki jutaan dolar emas yang dibungkus terpal hijau yang ditangguhkan dari langit-langit pondoknya yang kumuh. Dengan bantuan sahabatnya, Guitar Bains, yang ia janjikan membagi bagian dari jarahan, Milkman merampas Pilatus. Di dalam terpal hijau, Milkman dan Gitar hanya menemukan beberapa batu dan kerangka manusia. Kita kemudian mengetahui bahwa kerangka itu adalah milik kakek Milkman, Macon Dead I. Guitar sangat kecewa karena tidak menemukan emas karena dia membutuhkan dana untuk menjalankan misinya selama Tujuh Hari, sebuah masyarakat rahasia yang membalas ketidakadilan yang dilakukan terhadap orang Afrika- Amerika dengan membunuh orang kulit putih yang tidak bersalah.

Berpikir bahwa emas itu mungkin ada di gua dekat pertanian tua di Pennsylvania, Milkman meninggalkan kampung halamannya di Michigan dan menuju ke selatan, menjanjikan Guitar bagian dari emas apa pun yang ia temukan. Sebelum dia pergi, Milkman memutuskan hubungan asmara dengan Hagar, yang sangat marah dengan penolakannya dan mencoba membunuh Milkman pada beberapa kesempatan. Setelah tiba di Montour County, Pennsylvania, Milkman menemukan bahwa tidak ada emas yang ditemukan. Dia mencari sejarah keluarga yang sudah lama hilang daripada untuk emas. Milkman bertemu Circe, seorang bidan tua yang membantu melahirkan Macon Jr dan Pilate. Circe memberi tahu Milkman bahwa nama asli Macon adalah Jake dan bahwa ia menikah dengan seorang gadis India yang bernama Sing.[4][5]

Karakter[sunting | sunting sumber]

Milkman Dead - Protagonis novel, juga dikenal sebagai Macon Dead III. Terlahir dalam kehidupan yang terlindung dan istimewa, Milkman tumbuh menjadi pemuda yang egois. Dia tidak memiliki belas kasihan, berkubang dalam rasa mengasihani diri sendiri, dan mengasingkan diri dari komunitas Afrika-Amerika. Seperti julukannya, Milkman benar-benar memberi makan dari apa yang diproduksi orang lain. Tetapi akhirnya penemuan sejarah keluarganya memberikan tujuan hidupnya. Meskipun ia tetap cacat, tujuan yang baru ditemukan ini membuatnya berbelas kasih dan perhatian.

Pilate Dead - adik perempuan Macon Jr. Terlahir tanpa pusar, Pilatus secara fisik dan psikologis tidak seperti karakter-karakter novel lainnya. Dia adalah ibu yang tak kenal takut yang tanpa pamrih mengabdi kepada orang lain. Pilatus bertanggung jawab atas kelahiran Milkman yang aman dan terus melindunginya selama bertahun-tahun sesudahnya. Dia juga merawat putrinya, Reba, dan cucu perempuannya, Hagar.

Macon Jr. - Ayah Milkman dan suami Ruth, juga dikenal sebagai Macon Dead II. Trauma dengan melihat ayahnya dibunuh selama pertempuran di pertanian keluarga, Macon Jr telah mengembangkan obsesi untuk menjadi kaya. Dalam prosesnya, ia telah menjadi seorang tuan tanah yang mati secara emosional. Jantung berbatunya melembut hanya ketika dia mengenang masa kecilnya. Kisah-kisah Macon Jr tentang bantuan masa kecilnya memicu penyelidikan Milkman tentang sejarah keluarga Mati.

Guitar Bains - Sahabat Milkman. Tumbuh dalam kemiskinan setelah ayahnya terbunuh dalam sebuah kecelakaan pabrik, Guitar menyimpan kebencian seumur hidup bagi orang kulit putih, yang ia anggap bertanggung jawab atas semua kejahatan di dunia. Morrison menunjukkan bahwa meskipun kemarahan Guitar dapat dibenarkan, pembunuhan terhadap orang kulit putih tidak memerangi rasisme atau membantu komunitas Afrika-Amerika.

Hagar - cucu Pilatus dan kekasih Milkman. Hagar mengabdikan dirinya untuk Milkman, meskipun ia kehilangan minat dan sering menolaknya. Seperti namanya dalam alkitab — seorang hamba yang, setelah melahirkan putra Abraham, diusir dari rumah oleh istrinya yang mandul, Sarah — Hagar digunakan dan ditinggalkan. Nasibnya menunjukkan tema sentral dalam Kidung Agung: pengabaian wanita yang sangat mencintai pria.[6]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Song of Solomon by Toni Morrison: 9781400033423 | PenguinRandomHouse.com: Books". PenguinRandomhouse.com (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2020-04-30. 
  2. ^ "Analysis of Toni Morrison's Song Of Solomon Essay | Bartleby". www.bartleby.com. Diakses tanggal 2020-04-30. 
  3. ^ "Song of Solomon Themes - eNotes.com". eNotes (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2020-04-30. 
  4. ^ Morrison, Toni, (1977). Song of Solomon. New York: Knopf. ISBN 0-394-49784-8. OCLC 2798656. 
  5. ^ "Song Of Solomon By Toni Morrison English Literature Essay". UKEssays.com (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2020-04-30. 
  6. ^ "Song of Solomon by Toni Morrison: Summary & Characters". Study.com (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2020-04-30.