Somad

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Somad
Genre
PembuatMD Entertainment
Pemeran
Penata musikMD Music
Negara asalIndonesia
Bahasa asliBahasa Indonesia
Jmlh. musim1
Jmlh. episode41 (daftar episode)
Produksi
Produser
Pengaturan kameraMulti-kamera
Durasi60 menit
Rumah produksiMD Entertainment
DistributorMedia Nusantara Citra
Rilis asli
JaringanMNCTV
Rilis7 Januari (2013-01-07) –
10 Februari 2013 (2013-2-10)

Somad adalah serial televisi Indonesia produksi MD Entertainment yang ditayangkan perdana 7 Januari 2013 di MNCTV. Serial ini dibintangi oleh Richard Ivander, Rofi Septian, Amanda Rawles dan Indra Bruggman.

Sinopsis[sunting | sunting sumber]

Perguruan Ubur-Ubur Emas adalah perguruan silat terhebat di Indonesia. Perguruan itu dipimpin oleh guru Chandra Kirana yang misterius dan eksentrik. Chandrakirana punya tiga orang murid andalan yaitu Wibowo, Arifin dan Afra. Wibowo paling menonjol dari ketiga muridnya. Dia paling hebat dan juga berasal dari keluarga kaya. Wibowo memiliki perkebunan teh terbesar di sukabumi. Akibat kaya dan hebat, Wibowo juga sangat arogan. Wibowo sudah menikah dengan Retno dan dikaruniai Seorang putra, yaitu Somad. Sementara itu, murid kedua, yaitu Arifin adalah sahabat dekat Wibowo. Arifin adalah penasihat Wibowo dan seorang kontraktor cukup ternama. Arifin juga sudah menikah dengan Halimah dan dikaruniai seorang putri yang dia beri nama Sasmita. Murid ketiga, yaitu Afra, adalah yang paling buruk sifatnya dari ketiganya. Serakah, beringasan, egois, dan jahat. Rusda juga sudah memiliki seorang anak laki-laki bernama Ricky dari istrinya yang tertindas bernama Nias. Tak ada yang tahu, Rusda sebenarnya adalah putra kandung Chandra Kirana.

Chandrakirana sendiri sebenarnya mengalami kesulitan dalam menjalankan perguruannya. Dia juga sebenarnya berharap Afralah yang menjadi penerusnya. Namun Afra tidak pernah bisa mengalahkan ARifin dan Wibowo. Akhirnya chandrakirana dan Afra diam-diam membuat rencana jahat untuk mengadu domba Arifin dan Wibowo. Akibat hasutan mereka, Arifin dan Wibowo merasa kalau mereka saling terancam. Arifin makin terancam saat Wibowo mengajaknya bertemu untuk menjodohkan putrinya, Sasmita, dengan putra Wibowo, Somad. Arifin merasa kalau Wibowo akan membunuhnya di pertemuan itu. Sebaliknya, wibowo juga merasa demikian.

Pertemuan itu dilangsungkan di pendopo perkebunan the milik Wibowo. Arifin bersiap untuk membunuh Wibowo. Sementara Wibowo juga berniat membunuh Arifin. Alangkah kagetnya mereka karena ternyata mereka diracuni dan dibuat lemah. Di saat mereka saling tuduh, tiba-tiba ada orang lain yang mendahului niatan mereka untuk saling membunuh.. orng itu bertopeng. Dan dia tak lain adalah Afra. Afra berhasil membunuh Halimah. ARifin sangat syok dan segera membawa lari Sasmita.

Afra yang dari awal mengincar Wibowo, memutuskan melepaskan Arifin dan mengejar Wibowo. Wibowo melarikan diri bersama dengna Somad dan Retno. Namun kondisi yang makin menghimpit membut Wibowo memutuskn menyuruh Retno dan somad lari hanya berdua naik ke dalam sebuah angkot. sedangkan dia memutuskan menghadapi Rusda. Rusda kemudian berhasil menangkap Wibowo yang sudah lemah karena pengaruh obat. Dari kejauhan, Retno melihat Wibowo ditusuk dan dicelakai, hingga Retno yakin Wibowo sudah meninggal. Sementara itu, sebelum pingsan, Wibowo meliht angkot yang ditumpangi Reto dan somad meledak. Wibowo pun mengira retno dan somad meninggal.

Retno kemudian membawa somad melarikan diri dari tempat satu ke tempat yang lain. Retno juga tidak pernah mau mengatakan pada somad siapa nama ayahnya karena takut Somad dicelakai karena diketahui sebagai putra Wibowo. Tidak ada yang tahu, wibowo sebenarnya tidak meninggal. Rusda tidak membunuhnya karena hanya wibowo yang tahu penyimpanan ilmu terakhir dan tertinggi. Rusda menyiksa Wibowo untuk memberikan ilmu itu tetapi Wibowo tidak mau. Rusda akhirnya membutakan mata wibowo dan membuat Wibowo cacat. Rusda juga menjadikan Wibowo kuli di pabrik pengolahan tehnya di pinggiran Jakarta. Wibowo sendiri yang masih berharap bisa membalas dendam berpura-pura kehilangan kewarasnnya hingga dianggap Rusda tidak mengancam lagi. wibowo sendiri jadi bertobat dan menjadi sangat baik karena merasa semua yang terjadi adalah hukuman untuk keangkuhannya selama ini.

Tahun-tahun berlalu. Somad akhirnya tumbuh besar. Dia tumbuh jadi anak yang baik, soleh, rendah hati dan sangat baik hati. Retno mengajak somad pindah kembali ke Jakarta karena dia mendapatkan pekerjaan yang cukup menjanjikan di Jakarta. Retno selalu melarang Somad untuk belajar bela diri. Somad kemudian masuk ke sekolah baru. Di sana dia kemudian bertemu dengn Ricky, sasmita, dan juga teman-teman Ricky yang merupakan murid dari perguruan Ubur-Ubur Emas. Sebagai anak baru, Somad selalu ditekan oleh Samson, ketua gank Ubur-Ubur Emas. Apalgai Somad tampak dekat dengan Sasmita yang merupakan idola di sekolah itu. Somad kesal sekali. Dia berusaha melawan. Tapi malah bonyok dikeroyok. Satu-satunya anggota Ubur Ubur emas yang masih baik padanya hanyalah Ricky. Diam-diam Ricky dan somad pun jadi bersahabat. Retno sendiri selalu marah setiap kali Somad melawan. Retno selalu melarang Somad untuk berkelahi. Somad tidak pernah mengerti alasannya. Suatu hari, Retno malah bertemu dengan Rusda. Rusda kaget sekali melihat Retno masih hidup. Retno melarikan diri dari kejaran Rusda. Somad yang melihat kejadian itu jadi sangat menguatirkan Retno. Dia takut retno dicelakai dan berniat belajar bela diri secara diam-diam meskipun Retno melarang karena dia merasa dia harus melindungi Retno. Somad mencoba mencari perguruan untuk belajar. Dia bertemu dengn Chandra kirana yang mengajar di perguruan ubur-ubur emas. Namun alangkah kagetnya, karena semua anggota perguruan itu adalh orng-orng yang menghajarnya. Somad memutuskan tidak kembali ke tempat itu. namun kehadirannya sebenarnya mengusik Chandrakirana karen Somad memiliki bakat dan gerakan yang sangat mirip dengn Wibowo, ayahnya.

Chandrakirana melaporkan hal ini pada Rusda. Rusda berang minta ampun dan mencari Somad. Somad melarikan diri. Di saat sangat genting, Somad malah ditolong oleh Wibowo yang telah buta dan bekerja di pabrik dekat pelabuhan. Somad kaget sekali karena kakek buta yang keliatan seperti orang nggak waras itu ternyata hebat dan jago silat. Somad pun akhirnya mengintil Wibowo ke mana-mana. Berusaha memaksa Wibowo untuk mengjarinya silat. Wibowo tidak mau. Tapi Somad pantang menyerah. Wibowo akhirnya mulai luluh. Apalagi dia merasakan ikatan batin dengan Somad. Wibowo pun mengjari Somad silat. Wibowo mengajari Somad gerakan gerakan kecil yang keliatannya tidak ada gunanya. Somad awalnya sabar. Hingga akhirnya dia merasa wibowo hanya mengerjainya. Somad kesal. Namun Wibowo membuktikan kalo ajarannya benar dan somad mulai bisa bela diri. Somad jadi semakin bersemangat belajar. Wibowo melihat kegigihan Somad dan jadi makin menyayangi somad. Apalagi somad mengingatkan dia pada putranya sendiri yang dia kira sudah meninggal. Wibowo pun memutuskan mengjari Somad satu gerakan dari ilmu pamungkas yang dia simpan selama ini. Retno curiga karena Somad sering menghilang. Namun Somad selalu menyembunyikan hal ini dari ibunya. Somad beraalasan dia mengikuti kegiatan ekstra kulikuler di sekolah. Sementara itu, somad yang mulai jadi tidak bisa lgi jadi bulan-bulanan kelompok ubur-ubur emas. Somad pun nekat membela Sasmita. Sasmita jadi makin kagum pada somad dan mereka jadi bersahabat dekat.

Kedekatan Somad dan sasmita ini kemudian diketahui oleh Arifin. Arifin yang terpuruk hidupnya karena trus menerus meratapi kematian halimah, kaget melihat Somad. Arifin tidak menyukai Somad. Karena dia melihat bayangan Wibowo dalm diri Somad. Sasmita sendiri heran kenapa ayahnya sangat membenci Somad. Sementara itu, perkembangan kemampuang Somad ini juga diketahui oleh Ricky. Tpai ternyata Ricky tidak iri pada Somad. Ricky justru banyk membantu Somad berlatih silat. Ricky dan Somad jadi bersahabat sangat dekat. Hingga akhirnya, Retno mengetahui bahwa Somad berbohong. Somad ternyata berlatih silat.Retno marah besar pada Somad. Somad kesal karena ibunya tidak menghargai niat baiknya. Retno dan somad bertengkar. Somad marah dan meninggalkan Retno. Retno panik dan mencari Somad. Namun dia malah bertemu dengan Rusda. Rusda pun menangkap Retno. Retno panik.

Somad sangat syok saat tahu Retno diculik. Somad berusaha membebaskan Retno, tepat sata Rusda mau membunuh Retno. Somad tanpa sengaja mengeluarkan jurus ilmu pamungkas yang dicari Rusda. Rusda kaget setngah mati. Rusda pun mengganti rencananya. Rusda tidak akan membunuh Retno. Tapi Rusda memberi syarat pada somad, kalau Somad mau bertemu lagi dengan ibunya, Somad harus mendaptkan ilmu pamungkas yang selama ini dia cari. Somad pun bertekad mencari ilmu itu demi ibunya.

Pemeran[sunting | sunting sumber]

Pemeran Peran
Richard Ivander Somad/Bagus
Rofi Septian Ricky
Amanda Rawles Sasmita
Indra Bruggman Wibowo
Thomas Joseft Rusda
Rico Karindra Arifin
Erly Ashy Nenek Chandra Kirana
Zora Vidyanata Halimah
Jill Carissa Nias
Desi Florita Retno
Frans Maekel Tarjo
Roy Sungkono Andre

Pranala luar[sunting | sunting sumber]